Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Mentoring dan Coaching

Mentoring dan Coaching


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
 
Anggapan sebagian besar orang selama ini, bahwa menjadi mentor maupun coach berarti membantu orang lain, ternyata tidak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya, dalam proses pengembangan karyawan, coach dan mentor pun mendapatkan banyak keuntungan dari proses coaching dan mentoring, bukan hanya coachee dan mentee-nya saja.
 
Ketika Anda mengambil tanggungjawab untuk membantu orang lain (baik itu rekan kerja maupun anak buah) sebagai mentor maupun sebagai coach, Anda pun berproses di dalamnya. Berelasi, berkomunikasi, dan berinteraksi membuat Anda bertumbuh. Berikut beberapa hal yang menjadi keuntungan Anda saat mengambil peran sebagai mentor maupun coach:

1. Kesempatan untuk pengembangan diri lebih lanjut
Ketika melakukan pengembangan bagi rekan maupun anak buah, Anda dituntut memenuhi tanggung jawab Anda terhadap mereka, Anda membutuhkan banyak keterampilan. Ada kemungkinan beberapa keterampilan yang Anda butuhkan ini adalah keterampilan yang masih baru. Menggunakan keterampilan yang baru bisa jadi kesempatan pengembangan diri yang bagus bagi Anda.
 
Membimbing anak muda adalah hal yang menyenangkan. Mereka selalu belajar hal-hal baru dan berbagi hal-hal baru itu dengan Anda. Mereka tidak hanya belajar dari Anda, tetapi Anda bisa belajar dari mereka. Anda mendapatkan manfaat dari perspektif unik mereka tentang kehidupan. Adalah sebuah kesalahan dengan menganggap bahwa karena Anda adalah mentor dan coach, Anda adalah satu-satunya yang memberi. Anda akan banyak belajar dari mentee dan coachee Anda.
 
Sebagai tambahan, menjadi seorang mentor dapat membantu karir Anda. Anda akan ditantang untuk tetap berada dalam posisi terbaik Anda supaya dapat memberikan saran terbaru. Ini akan membuat Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan menjadi karyawan yang berharga bagi atasan dan perusahaan Anda.

2. Kesempatan untuk senantiasa memperbarui teknik yang Anda miliki
Sabagai mentor/coach, Anda akan bertemu dengan mentee dan coachee dengan berbagai tipe karakteristik yang berbeda-beda. Membutuhkan variasi pendekatan yang berbeda untuk masing-masing tipe supaya pengembangan karyawan berjalan dengan efektif. Semakin banyak mentee dan coachee yang Anda temui, semakin besar peluang untuk mempelajari dan menerapkan teknik pendekatan ke mereka, maka semakin lihai Anda dalam melakukan mentoring dan coaching. 
 
Seperti layaknya keterampilan-keterampilan lainnya, semakin sering dipakai akan semakin terlatih. Seiring dengan bertambahnya jam terbang, asalkan mau terus belajar, Anda akan semakin kaya dengan berbagai teknik yang Anda terapkan dalam menghadapi berbagai tipe coachee/mentee.
 
3. Sebuah peluang untuk berpartisipasi dalam strategi pelatihan dan pengembangan perusahaan
Ketika mentoring dan coaching telah ditentukan secara resmi sebagai bagian dari strategi pelatihan dan pengembangan perusahaan, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk berpartisipasi di dalamnya. 
 
4. Membangun networking dan reputasi
Jika Anda bertindak sebagai mentor bagi rekan yang programnya mengharuskan Anda memfasilitasi akses bagi mereka ke tingkat manajemen yang lebih tinggi dari Anda, maka pekerjaan yang Anda atur dan hubungan yang dibangun di dalamnya dapat meningkatkan reputasi Anda ke tingkat yang lebih tinggi. 
 
Selain itu, atasan Anda akan melihat bahwa Anda dapat bekerjasama dengan baik dengan generasi penerus berikutnya karena Anda memahami cara mereka berpikir dan bertindak.
 
Bahkan, hanya terlibat sebagai mentor/coach saja sebenarnya sudah membawa keuntungan tersendiri. Kenyataan bahwa Anda telah dianggap sebagai orang yang tepat untuk dipilih sebagai mentor/coach dapat meningkatkan reputasi pribadi Anda.

Tugas untuk terlibat dalam membantu rekan atau orang lain mencapai karir atau tujuan pribadi mereka ternyata membuat Anda lebih berenergi dan dapat meningkatkan kesadaran akan tujuan yang ingin dicapai.
 
6. Kepuasan ketika melihat saran Anda berdampak positif. 
Mentoring dapat menjadi penggerak semangat yang baik bagi para mentor. Adalah sebuah kepuasan tersendiri ketika melihat pemikiran dan saran Anda berdampak bagi kemajuan dan pengembangan mentee/coachee untuk mencapai hasil yang diharapkan.
 
7. Menambah CV Anda. 
Personal development (pengembangan pribadi) bisa menjadi faktor penting ketika melamar pekerjaan. Kenyataan bahwa Anda telah menjadi seorang mentor/coach adalah sebuah nilai tambah dalam CV Anda.
 
8. Mentoring dan Coaching meningkatkan kebijaksanaan
Orang yang Anda bimbing bisa jadi mengajukan pertanyaan yang tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Melalui percakapan yang dilakukan, mentor dan coach ditantang untuk menerjemahkan perspektif mentee/coachee dan bijaksana dalam memberikan jawaban. Proses ini menajamkan pikiran dan membuat mentor/coach semakin bijak.
 
9. Mentoring dan Coaching membantu Anda menjadi pemimpin yang lebih baik
Mentoring dan coaching yang baik salah satunya mampu memahami perspektif orang yang lebih muda atau anak buah Anda. Hanya ketika Anda memahami dengan baik, Anda mampu merespon dengan saran atau masukan yang membantu. Mentoring dan coaching adalah tempat pelatihan bagi Anda untuk menjadi pemimpin yang lebih baik dan untuk mengembangkan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang sukses.
 
10. Mentoring dan Coaching mempersiapkan Anda untuk menjadi orang tua yang lebih baik
Ketika anak-anak Anda masih muda, Anda memerintah mereka seperti diktator karena Anda lebih tahu dari mereka. Ketika mereka mulai pergi ke sekolah, Anda beralih peran menjadi seorang guru. Dan ketika anak-anak Anda menjadi dewasa, Anda beralih menjadi seorang mentor/coach. Karena Anda sudah mulai belajar untuk menjadi mentor yang baik mulai dari sekarang, Anda akan menjadi mentor yang lebih baik lagi untuk anak-anak Anda ketika mereka menjadi dewasa nantinya, dan dengan demikian, Anda menjadi orang tua yang lebih baik.
 
Secara khusus, jika Anda menjadi coach/mentor di saat Anda sudah pensiun atau mendekati tahap pension, manfaat berikut akan Anda dapatkan. Pensiunan seringkali merasa terisolasi, mereka mendambakan lebih banyak interaksi sosial dan membutuhkan cara untuk tetap tertantang secara intelektual, untuk melatih kemampuan otak dan skillnya. Pensiunan juga ingin melakukan hal-hal yang berarti dan menyadari arti hidupnya. Mentoring dan coaching membantu Anda mengatasi semua masalah tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa semakin Anda aktif, Anda semakin sehat, jadi mentoring dan coaching di masa pensiun bermanfaat secara fisik dan mental.
 
Bukan hanya bagi mentor atau coach saja, proses pengembangan karyawan bermanfaat bagi perusahaan. Para mentee membawa pandangan baru terhadap prosedur dan nilai-nilai yang sudah ada dalam organisasi/perusahaan. Mentee dan coachee yang antusias dan imajinatif sering kali dapat membawa pendekatan baru terhadap nilai, proses, dan pemikiran yang ada. Dalam pengalaman kami, kami telah melihat sejumlah kasus dimana seluruh organisasi memperoleh manfaat dari penerapan kebijakan atau pemikiran baru yang direkomendasikan oleh para siswa atau peserta pelatihan dari project yang mereka lakukan. Project yang merupakan bagian dari program pengembangan mereka dimana para mentor telah merekomendasikan hasilnya untuk diterapkan. 
 
Berbagi dengan rekan atau anak buah yang lebih muda tentang apa yang telah Anda pelajari dan kesalahan yang telah Anda perbuat juga memungkinkan perusahaan berkembang lebih cepat, dengan produktivitas yang lebih besar.
 
Secara lebih luas lagi, mentoring dan coaching Memberikan kesempatan untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mentoring dan coaching memungkinkan Anda berinvestasi pada pemimpin masa sekarang dan pemimpin masa depan. Waktu yang Anda habiskan bersama dengan mentee dan coachee Anda membantu mereka menjadi pemimpin yang lebih baik, dan pada gilirannya, mereka mampu memengaruhi orang-orang berinteraksi dengan mereka 
 
Anda tidak perlu menjadi super cerdas atau super bijaksana untuk mendapatkan sederet benefit sebagai coach dan mentor tadi. Anda hanya perlu bertanya, mendengarkan dengan baik, dan berbagi pengalaman, keahlian, perspektif, dan hal-hal yang telah Anda pelajari.  
 
Dunia membutuhkan lebih banyak mentor dan coach.
Pertimbangkan untuk menjadi salah satunya.
 
Jika ingin menyelenggarakan training Coaching, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com
 
Featured Career Advice
6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Happiness

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

Self Improvement

7 Cara Menjadi Lebih Percaya Diri Ketika Bertemu Klien

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

Self Improvement

12 Pengembangan Diri Menjadi Pemimpin dan Individu yang Lebih Baik

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

Self Improvement

15 Cara yang Perlu Dikuasai untuk Membangun Kredibilitas di Kantor

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human Resource Menjadi Sukses

Self Improvement

10 Kebiasaan yang Membantu Staf Human