Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Siapakah Orang Terdekat Anda?

Siapakah Orang Terdekat Anda?


STUDILMU Users
by Berny Gomulya

Salah satu buah kesukaan saya ketika masih kecil adalah mangga. Saking senangnya dengan mangga, suatu hari saya berinisiatif untuk menanam mangga. Tetapi namanya juga anak kecil, saya menanam biji mangga itu dalam sebuah pot mungil dengan tanah yang seadanya, tanpa memberinya pupuk dan jarang menyiraminya. Alhasil, walau saya menunggu berbulan-bulan, pohon mangga itu tidak akan bertumbuh sebagaimana mestinya, apalagi berbuah. Lingkungan sekitar biji mangga itu tidak mendukung proses pertumbuhannya. Pertumbuhannya menjadi sangat terbatas. Masalahnya bukan pada biji mangga, melainkan pada lingkungannya. Lingkungan tersebut mencekik pertumbuhannya.
 
Demikian pula dengan hidup Anda. Kunci utama untuk kepemimpinan Anda bisa bertumbuh dan mencapai potensi penuh dengan menentukan suatu lingkungan yang kondusif untuk benih kepemimpinan Anda bisa bertumbuh sepenuhnya. Saya banyak mengenal para kandidat pemimpin pintar dan berbakat, tetapi mereka berada dalam lingkungan yang salah. Mereka bergaul dengan orang yang salah. Akibatnya, mereka tidak bisa bertumbuh dengan baik. Itulah sebabnya Napoleon Hill berkata, ”Berpikirlah dua kali sebelum Anda berbicara, karena kata-kata dan pengaruh Anda akan tertanam seperti benih, baik itu benih kesuksesan atau benih kegagalan dalam pikiran orang lain.”
 
Jika Anda bersahabat dengan orang-orang negatif, orang-orang yang tidak memiliki impian yang besar, orang-orang yang suka memberikan kritik yang destruktif, orang-orang pemalas, orang-orang yang tidak disiplin, maka berhati-hatilah, mereka lambat laun bisa menulari Anda. Lingkungan seperti itu akan mencegah Anda bertumbuh dan mencapai potensi penuh Anda. Pertumbuhan potensi kepemimpinan Anda dipengaruhi oleh lingkungan sekitar Anda. Perhatikan! Anda tidak bisa bersahabat dengan orang-orang negatif, dan berharap Anda bisa menjalani kehidupan positif. Anda tidak bisa bergaul dengan orang-orang pemalas dan berharap Anda bisa menjadi orang yang rajin.
 
”Kunci utama untuk kepemimpinan Anda bisa bertumbuh dan mencapai potensi penuh dengan menentukan suatu lingkungan yang kondusif untuk benih kepemimpinan Anda bisa bertumbuh sepenuhnya.”
 
Ketika membaca ini, mungkin beberapa di antara Anda berkata, ”Tetapi saya bersahabat dengan orang-orang negatif itu karena saya ingin menolong kehidupan mereka?” Jika memang panggilan hidup Anda untuk menolong mereka, silakan teruskan. Tetapi pastikan itu benar-benar sesuai kemampuan Anda dan panggilan hidup Anda! Namun, marilah kita bersikap jujur. Kebanyakan di antara kita tidak bisa menarik mereka ke atas, bahkan yang paling mungkin terjadi, jika Anda menghabiskan waktu lama bersama mereka, merekalah yang akan menarik kehidupan Anda ke bawah.
 
Menurut saya, salah satu pelajaran kepemimpinan tersulit dalam hidup ini adalah belajar berkata ”tidak” untuk hal-hal yang tidak penting. Setiap kali saya berkata ”ya” terhadap sesuatu yang tidak penting, maka saya sedang berkata ”tidak” terhadap sesuatu yang penting. Pemimpin yang selalu mengatakan ”ya” terhadap sesuatu yang tidak penting, tidak akan pernah berbuat sesuatu yang besar. Ada nilai yang sangat berharga dalam kata ”tidak.”
 
Katakan ”tidak” kepada teman yang ingin bertemu hanya untuk sekadar bergosip. Katakan ”tidak” kepada rekan sekerja Anda yang hanya ingin menularkan pikiran negatifnya. Katakan ”tidak” kepada orang yang menertawakan mimpi-mimpi besar Anda. Katakan ”tidak” kepada kawan yang meragukan kemampuan kepemimpinan Anda.
 
Pemimpin tidak mungkin bisa menyenangkan semua orang. Pemimpin tidak dapat menjadi segala sesuatu kepada semua orang. Para pemimpin sukses memahami hal ini. Ketahuilah tujuan hidup Anda. Ketahui prioritas Anda. Ketahui apa yang harus Anda lakukan besok, minggu depan, bulan depan, bahkan tahun depan untuk hidup Anda. Dengan demikian, Anda bisa berkata ”tidak” kepada hal-hal yang sia-sia. Sudah pasti ada orang-orang yang jadi tidak menyukai Anda. Tetapi, apakah Anda ingin hidup mengikuti apa yang dikatakan orang atau berdasarkan pada kebenaran dan mimpi-mimpi besar hidup Anda? Penulis buku laris The Success System That Never Fails, W. Clement Stone berkata, ”Punyailah keberanian berkata ”tidak.” Milikilah keberanian mengemukakan kebenaran. Lakukanlah yang benar, karena hal itu benar. Ini adalah kunci menghidupi kepemimpinan Anda dengan integritas.”
 
Tentu saja, Anda tetap sayang dengan teman-teman Anda itu. Anda tetap menghormati mereka. Anda bisa terus mendorong semangat mereka, agar mereka mau berubah ke arah yang positif. Namun, terkadang yang terbaik yang Anda harus lakukan adalah Anda menjauh dari orang-orang yang negatif, dan menempatkan diri Anda dalam lingkungan yang positif, yang memungkin pertumbuhan Anda menjadi maksimal. Anda bisa tetap menolong mereka dari jauh. Ada satu kalimat bijak yang berkata:\
 
”Tunjukkanlah kepada saya sahabat-sahabat Anda, dan saya akan tunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.” Lingkungan berpengaruh sangat besar dalam perjalanan kepemimpinan Anda.
 
Sama seperti biji mangga itu, maka tidak peduli seberapa pun besarnya potensi dalam biji mangga itu, jika saya tidak menanamnya dalam tanah yang baik, biji itu tidak akan berakar, bertumbuh, berbuah, dan mencapai potensi penuhnya. Bergaullah dengan orang-orang yang akan menolong Anda mencapai potensi penuh kehidupan Anda. Dan temukan bahwa impian Anda itu memang nyata! Sehingga Anda bisa berkata seperti yang diucapkan oleh pelukis terkenal Jerman, Kathe Kollwitz, ”I do not want to die... until I have faithfully made the most of my talent and cultivated the seed that was placed in me until the last small twig has grown.”