Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Sebelum Waktu Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri

Sebelum Waktu Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Aktivitas Sebelum Waktu Tidur

Waktu tidur adalah suatu periode dalam satu hari untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita agar bisa mendapatkan energi yang kuat kembali. Nah sebelum rekan-rekan membaca artikel ini lebih jauh, kami ingin bertanya satu hal nih kepada rekan-rekan, “Kira-kira, apa aktivitas sebelum tidur yang sering Anda lakukan sehari-hari?” Sebelum waktu tidur atau bedtime menjadi salah satu momen yang sangat tepat bagi kita untuk melakukan beberapa aktivitas. 
 
Sebagian orang akan tetap melakukan aktivitas yang produktif sebelum mereka beranjak tidur. Salah satunya adalah dengan menuliskan rencana atau daftar tugas apa saja yang akan mereka lakukan pada esok hari. Selain itu, salah satu aktivitas sehat sebelum tidur adalah melakukan meditasi untuk menenangkan diri dan memikirkan kebahagiaan apa saja yang telah didapatkan pada hari itu. 
 

Sebelum Tidur, Tanyakan 5 Pertanyaan Ini pada Diri Sendiri

Pada artikel kali ini, kita akan membahas aktivitas lain yang tidak biasa dan bisa kita terapkan sebelum menjelang waktu tidur. Tentu saja, ini merupakan aktivitas yang baik sebelum tidur untuk diterapkan oleh kita semua. Aktivitas ini adalah menanyakan beberapa pertanyaan yang dapat berpengaruh positif pada pengembangan diri kita. Beberapa pertanyaan ini bukanlah pertanyaan absurd, pertanyaan menjebak atau sekedar pertanyaan konyol. Namun, beberapa pertanyaan yang akan kita ajukan pada diri sendiri ini adalah pertanyaan-pertanyaan bijak tentang kehidupan. 
 
Menurut website everyday power dot com, ada 5 pertanyaan penting yang dapat kita tanyakan sebelum memejamkan mata dengan lelap. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Apa yang telah Saya Pelajari tentang Diri Saya atau Kehidupan pada Hari Ini?

Menjalani aktivitas selama seharian pastinya akan membuat tubuh dan pikiran kita menjadi sangat lelah. Terlebih lagi, semakin kita beranjak dewasa, ada semakin banyak hal yang perlu kita selesaikan di dalam hidup. Akan tetapi, pertanyaan ini akan membawa pikiran kita menjadi lebih tenang dan tentram, karena kita akan mengingat-ingat kembali tentang hal apa saja yang telah kita pelajari tentang diri sendiri atau kehidupan pada hari tersebut. 
 
Dengan menjawab pertanyaan ini, kita akan tersadar bahwa waktu yang telah kita jalani pada hari itu tidak berlalu dengan sia-sia atau tanpa pembelajaran apapun. Hari-hari yang dijalani akan membawa peluang baru bagi kita untuk mendapatkan wawasan dan pengalaman baru dalam hidup. Pengalaman yang baru akan menciptakan feedback atau umpan balik yang berguna bagi pengembangan diri kita.
 
Tentu saja, kita tidak ingin memikirkan tentang hal ini di dalam mimpi kita, karena kita perlu ketenangan yang dalam saat tidur. Namun, meninjau kembali pelajaran dan pengalaman apa saja yang kita dapatkan pada hari itu akan membuat kita semakin bersemangat dalam mencari wawasan dan pengalaman baru keesokan harinya. Kita akan semakin tersadar bahwa kehidupan yang telah kita jalani pada hari itu tidaklah sia-sia. 
 
Sebagai contoh, siang tadi saya belajar sesuatu hal dari seorang kasir di supermarket bahwa bersikap sabar ketika menghadapi pelanggan yang pemarah adalah hal yang sangat mengagumkan. Kasir itu bersikap sangat sabar dalam melayani pelanggannya, meskipun pelanggan tadi sudah berkata kasar. Saat pelanggan itu ingin beranjak pergi, hal yang luar biasa diucapkan dari bibirnya “Terima kasih karena telah sabar dalam melayani saya”. Wah! Itu hal yang luar biasa sekali. 
 

2. Apakah Saya Sudah Membantu Orang Lain Hari Ini?

Pertanyaan kedua yang perlu kita ajukan sebelum tidur adalah “Apakah saya sudah membantu orang lain hari ini?” Percaya deh, ini benar-benar pertanyaan yang sangat luar biasa. Logikanya, daripada kita bertanya “Apa yang orang lain berikan untuk saya pada hari ini?” lebih baik kita menanyakan sebaliknya.  
 
Semakin sering kita membantu orang lain, maka semakin baik lingkungan hidup kita, karena orang-orang di sekitar kita akan menjadi semakin kooperatif dan suportif. Ada begitu banyak contoh bantuan yang bisa kita berikan kepada orang lain. Misalnya, membukakan pintu untuk orang lain, tersenyum dengan tulus, menjadi pendengar yang baik, bersabar ketika mobil lain memotong jalan kita, dan lain sebagainya. 
 
Satu hal yang perlu kita ingat dalam membantu orang lain, kita perlu melakukannya seakan-akan tindakan tersebut adalah untuk diri kita sendiri. Dengan menanyakan pertanyaan ini sebelum tidur dan mengingat kembali tentang bantuan apa yang sudah kita berikan kepada orang lain, kita akan semakin tersadar bahwa kehidupan kita sangatlah berarti. Ada banyak orang di luar sana yang masih memerlukan bantuan kita. Dengan begitu, kita dapat tidur nyenyak dan bersiap untuk menyambut hari esok yang lebih bermanfaat. 
 

3. Apa Saja Hal Positif yang terjadi pada Saya Hari Ini? (Pikirkan Minimal 3 Hal). 

Pertanyaan ini juga tidak kalah penting untuk kita ajukan sebelum tidur. Terlebih lagi jika kita selalu mencari-cari hal negatif yang terjadi di dalam hidup kita. Jadi, mulai dari sekarang kita perlu menanyakan pertanyaan ini sebelum beranjak tidur ya, rekan-rekan. Kami yakin, ada begitu banyak hal positif yang terjadi pada diri kita dalam satu hari. Hanya saja, kita jarang menyadarinya. Kita terlalu sering menghabiskan waktu dan energi untuk memikirkan hal-hal yang mengganggu pikiran kita yaitu, hal-hal negatif.
 
Beberapa contoh hal positif yang mungkin kita dapatkan bisa seperti, mendapat parkir dengan sangat mudah, seseorang meletakkan hadiah kecil di atas meja kerja kita, tiba-tiba pasangan kita membuatkan kita secangkir teh hangat, kita terhindar dari kecelakaan beruntun, rekan kerja mentraktir makan siang kita, klien Anda yang sangat judes tiba-tiba menelpon untuk mengajak kerjasama, atau mungkin seorang anak kecil melemparkan senyuman yang super manis untuk kita. Ada banyak kan? Nah, rekan pembaca hanya perlu memikirkan minimal tiga hal positif saja. Tapi, jika rekan pembaca bisa memikirkan lebih dari itu, malah akan semakin baik. Tujuan dari menanyakan pertanyaan ini sebelum tidur adalah agar kita semakin tersadar dan yakin bahwa kehidupan yang kita jalani ini tidaklah buruk, karena ada banyak hal positif yang kita rasakan dalam satu hari. 
 

4. Apakah Aktivitas yang Saya Lakukan Hari Ini Semakin Mendekatkan Saya dengan Tujuan yang Diharapkan? 

Kami tidak mengharapkan rekan pembaca akan merasa galau atau bimbang setelah mengajukan pertanyaan ini pada diri Anda sebelum tidur. Bukan, bukan itu yang kami mau. Tujuan dari pertanyaan ini adalah mengingatkan kita kembali, apakah aktivitas atau kegiatan yang kita lakukan selama ini telah berada di jalur yang tepat untuk meraih tujuan hidup kita? 
 
Momen-momen sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk memikirkan hal ini. Melalui pertanyaan ini, kita akan tersadar kembali untuk terus maju meraih tujuan yang diharapkan. Ketika kita merasa terjebak dengan kehidupan sekarang, ini menjadi pertanyaan yang ampuh untuk menyadarkan diri kita terhadap tanggung jawab yang kita miliki. Selain itu, pertanyaan ini akan membuat kita semakin termotivasi untuk menggunakan waktu secara lebih bijak keesokan harinya. 
 
Sebagai contoh, tujuan saya adalah menurunkan berat badan sekitar 5 kg selama sebulan. Namun, tadi siang saya sengaja makan makanan cepat saji (fast food), bahkan saya menambah sampai dua kali. Nah setelah menjawab pertanyaan ini, saya menjadi semakin bersemangat untuk lebih bertanggung jawab pada tujuan saya keesokan harinya.

5. Apa Saja Hal yang akan Menjadi Fokus Utama Saya Esok Hari?

Setelah menanyakan empat pertanyaan di atas, sekarang saatnya untuk mengajukan pertanyaan terakhir kepada diri kita. Sebelum menyambut hangatnya hari esok, kita perlu tahu tentang “Apa saja hal yang akan menjadi fokus utama saya esok hari?”. Pertanyaan ini akan melepas segala ketegangan yang kita rasakan setelah menjalani hari yang melelahkan pada hari itu. 
 
Dengan mengajukan pertanyaan ini, kita akan tersadar bahwa besok adalah hari yang baru, harapan baru dan kesempatan baru. Jika besok kita menghadapi tantangan dan rintangan yang rumit, ingatlah bagaimana kita merasa sangat bersemangat untuk menyelesaikan semua permasalahan saat menjawab pertanyaan ini di malam sebelumnya.  
 
Beberapa contoh yang dapat kita jadikan fokus utama seperti, menyelesaikan laporan keuangan yang sudah tertunda selama tiga hari, menghadiri rapat kerja dengan klien untuk membantu mereka menyelesaikan permasalahan yang ada, membantu manajer kita untuk menyelesaikan suatu proyek penting, dan lain sebagainya. 
 
Setelah mengajukan lima pertanyaan di atas, kita akan semakin bersemangat untuk menerapkan beberapa proses pengembangan diri yang lainnya. Kita akan semakin tersadar bahwa kehidupan yang kita jalani adalah kehidupan yang sangat luar biasa. Jika rekan pembaca merasa bahwa lima pertanyaan sangat banyak untuk diajukan sebelum tidur, tidak mengapa. Rekan pembaca bisa memilih 2-3 pertanyaan yang menurut Anda paling penting untuk diajukan kepada diri sendiri. Bagaimana jika kita ingin menambah pertanyaan lain? Boleh saja dong. 
 
Beberapa pertanyaan yang bisa kita tambahkan adalah “Apa yang saya syukuri hari ini? Siapa saja orang baik yang sudah menolong saya hari ini? Apa situasi paling menantang yang saya hadapi hari ini? Siapa saja orang yang menjadi inspirasi bagi saya untuk meraih tujuan hidup di hari ini? Dan lain sebagainya. 
 
Yuk, mulai hari ini kita ajukan 5 pertanyaan di atas sebelum tidur. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

Leadership

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

Happiness

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

Motivation

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

Self Improvement

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

Self Improvement

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

4 Cara Tetap Bahagia Meskipun Menghadapi Banyak Hambatan

Happiness