×
STUDILMU Career Advice - Pertumbuhan dan Perkembangan
Self Improvement

Pertumbuhan dan Perkembangan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice. Pertumbuhan dan perkembangan diri merupakan kebutuhan setiap individu. Dalam bidang apapun, kita selalu menginginkan pertumbuhan dan perkembangan. Apakah setiap harinya rekan pembaca membuat diri Anda bertumbuh dan berkembang, terutama dalam karier yang Anda tekuni? 
 
Pertumbuhan dan perkembangan diri merupakan suatu hal yang dilakukan secara konsisten dalam kurun waktu yang panjang. Ini merupakan faktor yang dapat menuntun pada kesuksesan yang diimpikan. Bagaimanakah pertumbuhan dan perkembangan diri dapat dilakukan setiap hari? Mari kita cek beberapa langkah di bawah ini.
 

1. Menghidupi waktu saat ini.

Pertumbuhan dan perkembangan diri menuntut Anda untuk menghidupi waktu saat ini. Cobalah untuk mengamati pikiran dan perasaan Anda tanpa menghakimi diri. Anda harus menghidupi kehidupan saat ini dan menikmati setiap hal yang ada saat ini. Ini jauh lebih penting daripada terus mengingat masa lalu ataupun membayangkan masa depan.
 
Hidupi setiap kesempatan dengan rasa keingintahuan yang tinggi. Jalani semuanya nikmati setiap hal, bahkan hal-hal spesifik yang Anda temui setiap hari. sediakan beberapa menit untuk memfokuskan diri dengan memusatkan perhatian pada pernapasan Anda. Dan ambilah waktu untuk beristirahat dari permasalahan yang Anda coba selesaikan. 

2. Menemukan kejelasan dan fokus.

Selanjutnya, untuk menunjang perkembangan dan perkembangan diri Anda harus menemukan kejelasan dan fokus. Tentukan tujuan yang ingin Anda capai dengan jelas. Karena, Anda tidak akan mengetahui langkah apa yang perlu Anda lakukan jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas.
 
Temukan hal yang paling Anda hargai dalam hidup Anda. Temukan hal yang penting untuk dilakukan dalam mencapai tujuan Anda. inilah cara untuk mendapatkan kejelasan tentang aa yang benar-benar Anda mau. Dan ini akan membuat Anda memfokuskan diri pada hal-hal yang membantu Anda mendapatkan tujuan.
 
Jangan lupa untuk memiliki komitmen dan konsistensi setiap harinya sampai Anda benar-benar mencapai tujuan. Setiap hari memberikan Anda peluang untuk bergerak mendekati tujuan itu. Jadi, ketika Anda menjalani kehidupan dengan kejelasan dan fokus, Anda akan mampu mengatakan bahwa setiap hari merupakan hari yang baik.
 
Jika Anda merupakan seorang pemimpin, sangatlah penting untuk memfokuskan diri dalam pertumbuhan dan perkembangan tim Anda. Bimbinglah anggota tim Anda dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka, ini merupakan bagian dari tanggung jawab Anda. Bantu pertumbuhan dan perkembangannya. Jadi, setiap kali Anda hendak bekerja, tanyakan pada diri Anda apa yang harus Anda fokuskan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anggota tim. 

3. Melakukan perbaikan setiap hari.

Pertumbuhan dan perkembangan diri menuntut Anda melakukan perbaikan setiap hari.  Setiap hari menawarkan kesempatan bagi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Gunakan kesempatan ini ini untuk menghasilkan pertumbuhan yang semakin kuat dan perkembangan pada area yang merupakan gairah Anda. 
 
Mulailah hari dengan menetapkan tujuan di pagi hari dan satu area yang ingin Anda tingkatkan. Ketika Anda mengakhiri hari, renungkan bagaimana Anda menjalani sepanjang hari. Jika Anda mengubah pola pikir Anda menjadi positif, Anda akan mendapatkan kenyamanan untuk melakukan perbaikan di esok hari. Nantinya, ini akan menjadi bagian dari kehidupan Anda.
 

4. Menikmati hidup.

Apakah Anda lebih memerhatikan aspek negatif atau aspek positif dalam hidup Anda?mari kita coba latihan sederhana berikut ini. ketika Anda memiliki rapat di kantor, cobalah menanyakan anggota tim dengan pengalaman positif ataupun pengalaman negatif yang mereka alami dalam pekerjaan mereka selama 7 hari terakhir. Berikan setiap orang kesempatan untuk mempresentasikannya.
 
Lalu, kaitkan dengan Anda. apakah Anda mampu menikmati hidup Anda saat ini? Menikmati hidup merupakan hal yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan diri Anda. dengan begitu, Anda akan mampu melihat hal-hal positif yang menjadi bagian kehidupan Anda dan hal-hal negatif yang perlu untuk dihilangkan. Jadi, nikmati kehidupan yang Anda miliki saat ini. Bersyukurlah, karena Anda tidak akan pernah mengulang hal yang sama di masa depan nanti. Dan jangan sampai Anda melewatkan masa-masa penting yang dapat menjadi bekal Anda di masa depan. 
 

5. Menenangkan diri.

Saya tahu bahwa banyak yang harus diselesaikan dengan segera. Tetapi, ini tidak selalu benar. Tahukah, bahwa ide terbaik dapat datang disaat Anda sedang tidak berada dalam produktivitas. Beri diri Anda waktu untuk beristirahat. Sediakan 15 menit untuk jeda, berfokus pada diri sendiri. Ini dapat diisi dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai, menonton video atau membaca novel misalnya. Atau gunakan 15 menit itu untuk merefleksikan tujuan Anda. Jadi, tentukanlah saat ini bagaimana Anda akan memanfaatkan 15 menit Anda setiap harinya untuk memprioritaskan diri Anda.  Inilah cara yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembang diri Anda.
 

6. Meninggalkan warisan.

Warisan Anda muncul dari gairah yang Anda miliki. Ini merupakan puncak tertinggi dari tujuan dan refleksi diri yang Anda miliki. Ini adalah kenyataan hidup yang benar-benar nyata. Anda tidak akan pernah tahu warisan apa apa yang akan Anda dapatkan dari setiap interaksi, percakapan atau pertemuan yang Anda hadiri dengan orang lain. 
 
Anda akan selalu memiliki kesempatan untuk melakukan lebih, mencintai lebih, mengajarkan lebih banyak dan mempelajari lebih banyak. Buatlah setiap interaksi yang Anda lakukan seolah-olah itu merupakan hal yang paling penting bagi Anda. Inilah cara yang tepat mewarisi diri Anda dengan hal-hal yang luar biasa. Dan tentunya, ini merupakan cara untuk melakukan pertumbuhan dan perkembangan diri.
 
Bagi para pemimpin, warisan yang dapat Anda berikan bukanlah keberhasilan organisasi, tetapi pengaruh dan dampak yang Anda tinggalkan. Bisakah Anda bayangkan bagaimana perasaan Anda bertahun-tahun dari sekarang, ketika Anda telah pensiun dan menikmati kopi di pagi hari, warisan Anda terlihat dalam pencapaian orang-orang yang Anda bimbing, bukan hanya penghargaan yang tergantung di dinding.
 
Itulah 6 cara yang dapat membantu Anda melakukan pertumbuhan dan perkembangan diri setiap hari. Satu-satunya sumber daya yang Anda miliki untuk mencapai kesuksesan adalah diri Anda sendiri. Dengan memaksimalkan segala kemampuan yang ada di dalam diri kita, proses pertumbuhan dan perkembangan akan berjalan lebih mudah. Maka dari itu, jadilah aktif dan hiduplah dengan bahagia.

Featured Career Advice