×
STUDILMU Career Advice - Pentingnya Mindset untuk Membangun Sukses
E-learning

Pentingnya Mindset untuk Membangun Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Dari beberapa definisi dari para ahli di atas, maka bisa kita simpulkan, mindset atau pola pikir yaitu sebagai kepercayaan (belief), cara berfikir yang memengaruhi perilaku (behavior), dan sikap (attitude) seseorang yang kemudian akan menentukan level keberhasilan hidupnya.

Menurut Carol Dweck (2006), Terdapat 2 jenis mindset yang paling popular saat ini, yaitu:

1. Fixed Mindset (Pola Pikir Tetap)

Fixed Mindset merupakan mindset yang percaya bahwa kualitas seseorang telah ditetapkan. Ciri-ciri orang yang memiliki mindset tetap yaitu memiliki keyakinan bahwa kepandaian, bakat atau sifat merupakan fungsi keturunan. Orang dengan fixed mindset relatif menghindari suatu tantangan, lebih mudah menyerah, mengesampingkan kritik dan juga merasa terancam dengan kesuksesan orang lain. Sederhananya, orang yang memiliki fixed mindset tidak ingin terbuka dan berkembang, karena terlalu nyaman dengan pikirannya.

2. Growth Mindset (Pola Pikir Bertumbuh)

Growth mindset adalah pola pikir yang berkeyakinan bahwa kualitas seseorang merupakan hal yang bisa diolah dan dikembangkan dengan beberapa usaha. Orang yang memiliki pola pikir bertumbuh ciri-cirinya yaitu memiliki pemikiran positif dan dapat belajar dari kritik yang ia terima. Pemilik growth mindset berbanding terbalik dengan orang yang memiliki fixed mindset.

 

Cara Membangun Mindset menuju Kesuksesan

Untuk menuju kesuksesan di masa mendatang, Anda harus memperbaiki cara Anda berpikir. Cara berpikir dapat memengaruhi perspektif Anda ketika melihat dunia dan merespons segala hal yang sedang terjadi. Maka dari itu marilah perbaiki mindset Anda sebagai langkah pertama Anda untuk mencapai kesuksesan.

1. Tanam Growth Mindset

Growth mindset didefinisikan sebagai sebuah pemikiran yang berkaitan dengan gagasan bahwa kuaitas diri akan semakin membaik sebanding dengan usaha yang Anda lakukan. Dengan menanamkan growth mindset dalam diri Anda, akan banyak hal baik yang akan terjadi. Anda akan terus berkembang dengan terus berlatih dan belajar dari pengalaman di masa lalu. Meskipun Anda gagal pada saat ingin mencapai tujuan Anda, growth mindset yang Anda miliki akan membantu Anda untuk tetap semangat dan terus mencoba. Mindset orang sukses untuk terus berkembang patut Anda coba terapkan mulai dari sekarang.

2. Berani Ambil Risiko

Bill Gates pernah berkata “To win big, you sometimes have to take big risks.”. Orang sukses biasanya tidak takut untuk menjadi risk taker atau mengambil risiko atas keputusan yang mereka pilih. Orang sukses berprinsip untuk selalu berani memulai selagi ada kesempatan. Banyak kesempatan yang tidak datang dua kali sehingga jangan buat diri Anda menyesal karena melewati kesempatan tersebut.

3. Tidak Hanya Mementingkan Diri Sendiri

Kebanyakan dari pola pikir orang sukses yaitu tidak mementingkan diri sendiri dan membuka diri dengan membantu orang lain yang membutuhkan. Orang sukses tidak takut tersaingi hanya dengan membantu orang lain untuk sukses. Pemikiran ini perlu ditanam dalam pola pikir Anda.

4. Kenali Diri Sendiri

Bagaimana Anda bisa sukses jika Anda tidak memahami siapa diri Anda, apa tujuan, dan impian apa yang akan Anda capai? Ketika seseorang sudah bisa memahami dirinya, tentu dia akan mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam bekerja. Sehingga ia akan puas saat bekerja tanpa merasa ada paksaan. Dengan kepuasan tersendiri tersebut, Anda otomatis lebih percaya diri dengan pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki.

5. Utamakan Kualitas Dibanding Kuantitas

Menghasilkan sesuatu yang berkualitas akan lebih baik dibandingkan hanya mementingkan seberapa banyak kuantitas yang dihasilkan. Ketika menghasilkan sesuatu yang berkualitas tentu membutuhkan fokus dan keseriusan yang lebih ketika mengerjakannya. Berpacu pada orang-orang sukses, kebanyakan dari mereka biasanya fokus pada bidang usaha dan pekerjaan yang mereka tekuni sehingga mereka siap untuk menjemput kesuksesannya di masa mendatang.

 

Itulah pentingnya memiliki mindset yang benar untuk membangun sukses serta bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan tersebut. Dengan memiliki mindset yang baik, Anda dapat membuat hidup Anda lebih baik. Jangan hanya berdiam diri di zona nyaman, karena hal ini menghambat kesuksesan Anda. Maka, yuk mulai ubah mindset Anda untuk menjadi lebih baik ya! Semangat.

 

 

Sumber:

1. Adi W. Gunawan, The Secret of Mindset, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007) hlm. 14

2. Fani Kartikasari, Mindset Revolution for Smart Teen, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2009) hlm. 11

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice