Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Menjadi Selangkah Lebih Maju

Menjadi Selangkah Lebih Maju


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Ketika Anda mengikuti sebuah proses perekrutan magang di sebuah tempat, inilah waktunya untuk Anda mengikuti permainan, jadi pastikan saja Anda ada di dalamnya. Bagaimana Anda dapat bersaing dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda adalah seseorang yang akan memenangkan permainan tersebut? Siapkan diri Anda untuk pertarungan yang datang.
 
Saya tahu Anda bukan pembaca pikiran atau pesulap, tetapi Anda harus memastikan bahwa Anda selalu selangkah lebih maju, Anda harus dapat memprediksi hal yang dicari oleh seorang perekrut, manajer perekrutan atau calon pemberi kerja yang ingin dilihat dari seorang kandidat. Ia tidak menggunakan ilmu roket atau rumus matematika yang rumit, tetapi ia membutuhkan pemikiran mendalam dan pemetaan ide. 
 

Pertama, mengapa Anda harus selangkah lebih maju?

Ini akan membuat Anda siap untuk setiap kemungkinan apa pun. Untuk menjadi pemimpin yang baik, saat sedang magang, menjadi seorang karyawan, atau pada dasarnya peran apa pun dalam kehidupan, Anda harus siap dalam setiap situasi. Persiapkanlah kaki Anda, ini adalah aset Anda. Percayalah bahwa kesiapsiagaan akan membawa Anda ke setiap tempat dalam hidup Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda fokus ke depan, terencana dan teratur.
 
Menjadi selangkah lebih maju sebenarnya sangat sederhana. Anda harus mencari tahu tujuan akhir Anda dan cara menuju ke sana. Berusahalah untuk mendapatkan kesempatan magang di lembaga. Cari tahulah keterampilan yang Anda butuhkan untuk departemen tertentu. Tunjukkan bahwa Anda adalah yang melatarbelakangi terjadinya sebuah acara, dan Anda bergairah dengan hal tersebut, misalnya dengan menjadi sukarelawan di berbagai acara atau bergabung dengan organisasi serupa di kampus kampus Anda. Kondisi ini mungkin tidak membantu Anda mendapatkan pekerjaan magang, tetapi hal ini akan menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda memiliki kepedulian yang tinggi.
 

Keterampilan apa yang akan membuat Anda bersinar di mata mereka? Keterampilan apa yang Anda miliki namun tidak dimiliki pelamar lain? 

Mari baca kembali uraian tugas dan daftar persyaratan pekerjaan yang Anda lamar. Apakah Anda memiliki semua persyaratan itu? 
 
Bagaimana dengan yang kriteria kandidat lebih disukai atau “plus”? Apa saja keterampilan tambahan yang akan menjadi nilai plus? Saat Anda melamar sebagai seorang IT, Apakah Anda tahu program Adobe Creative Suite? Final Cut Pro? Back-end coding? Jika ya, beritahulah kepada mereka tentang semua keterampilan yang Anda miliki. Itu adalah keterampilan berharga yang tidak dimiliki setiap orang. Contoh lain adalah, apakah Anda sedang melamar untuk magang sebagai desain grafis? Sudahkah Anda memenangkan penghargaan untuk desain Anda? Jika ya, katakan jugalah pada mereka. Pikirkan tentang informasi atau keterampilan yang Anda miliki yang akan membuat perekrut terkesan
 

Tidak memiliki keterampilan ini? Berusahalah untuk memiliki keterampilan tersebut. 

Di sinilah tempat agar Anda dapat merenungkan tentang keterampilan Anda yang akan menyempurnakan peluang Anda untuk sebuah posisi pekerjaan dan juga cara yang harus Anda lakukan untuk memiliki keterampilan itu. Menjadi selangkah di depan membutuhkan refleksi dari pihak Anda dan pemikiran kritis tentang keterampilan yang kurang Anda miliki. Tidak semua orang memiliki kemampuan yang diminta oleh sebuah posisi di pekerjaan magang, tetapi sudah merupakan tugas Anda untuk menjadikan diri Anda seorang kandidat yang sempurna untuk pekerjaan magang yang Anda lamar. 
 
Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda merupakan kandidat yang tepat untuk posisi magang di perusahaan mereka. Tunjukkanlah keterampilan yang Anda miliki yang mereka butuhkan. Tunjukkan pada mereka bahwa pengalaman yang Anda miliki telah mempersiapkan Anda untuk posisi berikutnya. Dengan mempersenjatai diri dengan keterampilan yang diperlukan, akan membuat Anda berbeda dari yang lain.
 
Ambil selangkah mundur dan pikirkan secara kritis tentang pengalaman, keterampilan, dan tujuan Anda. Bagaimana Anda dapat mencapai tujuan-tujuan ini? Jika Anda tidak memiliki keterampilan atau pengalaman yang dibutuhkan, berusahalah untuk memiliki mereka. Pikirkan dulu tentang hal yang Anda butuhkan untuk mendapatkan tempat yang Anda inginkan dalam hidup. Seolah itu, majulah dan melompatlah. 
Featured Career Advice