×
STUDILMU Career Advice - Mau Menjadi Karyawan Sukses? Ini Kuncinya
Self Improvement

Mau Menjadi Karyawan Sukses? Ini Kuncinya

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 

Apa yang menjadi standar kesuksesan bagi Anda? Apapun kriteria yang Anda tetapkan mengenai sukses itu sendiri, sukses adalah hal yang dapat diraih oleh semua orang. Kesuksesan bukan hanya milik pebisnis, pedagang ataupun pengusaha saja, karyawan atau pekerja kantoran juga berpeluang besar meraih kesuksesan melalui pekerjaannya. Ada banyak cara dalam membangun perjalanan menuju kesuksesan yang Anda inginkan dalam hidup ini. Namun, untuk mencapai itu semuanya, dibutuhkan upaya kerja keras dan usaha yang maksimal. Pastikan Anda memiliki beberapa kriteria di bawah ini yang akan mengantarkan pribadi Anda menjadi seorang karyawan yang sukses:

1. Memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi

Karena bekerja dikantor tidak hanya satu arah pada diri anda sendiri, yakni juga mengarah pada klien, atasan dan rekan kerja, maka komunikasi juga menjadi bagian penting dalam pekerjaan anda. untuk  itu, jika anda memang ingin menjadi karyawan berprestasi maka pastikan bahwa anda sudah bisa berkomunikasi dengan baik.

2. Peningkatan produktivitas

Karyawan harus menemukan cara baru untuk meningkatkan produktivitasnya. Karena pengusaha selalu menginginkan terjadi 20 persen peningkatan dari tahun sebelumnya. Demikian hasil survei yang dilakukan Corporate Executive Board, yang berkedudukan di Arlington, Virginia.
"Karyawan harus proaktif, dan lebih kreatif dalam meningkatkan kinerja perusahaan," kata Paul McDonald, eksekutif senior di Robert Half International.

3. Dukung adanya umpan balik yang jujur 

Saat seorang pekerja perlu meningkatkan performa, maka atasan akan langsung mengingatkannya tentang hal tersebut. Budaya umpan balik seperti ini akan membuat karyawan saling percaya satu sama lain.

4. Tunjukkan budaya kerja pelayanan dalam tim

Budaya kerja pelayanan akan memungkinkan setiap orang untuk bekerja secara individu dengan tetap fokus pada keberhasilan sebagai sebuah tim. Lingkungan semacam ini biasanya akan menentukan tujuan tim dan memungkinkan setiap orang bekerja sama dalam kelompok yang lebih kecil untuk menyelesaikan tugas kelompok. Fokus untuk meningkatkan kualitas kerja individu demi mendukung yang lainnya, untuk keberhasilan bersama.
 

5. Menjiwai ketika bekerja dan menyelesaikan masalah

Untuk bisa menjadi karyawan berprestasi, anda juga harus bisa menggunakan hati ketika melakukan segala pekerjaan. Hal ini akan membuat anda merasa lebih nyaman dan tidak akan merasa terpaksa ketika menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut. Begitu pun ketika sedang ada masalah di kantor, misalnya terjadi konflik dengan rekan kerja di kantor, belum menyelesaikan tugas-tugas kantor. Ada baiknya tetap menggunakan hati nurani anda ketika menyelesaikannya.
 

6. Jangan pernah bekerja setengah-setengah

Ketika anda bertanya kepada seorang atlit yang baru saja menang sebuah kejuaraan tentang kunci mereka dalam meraih kesuksesan tersebut, maka tidak bekerja dan berlatih setengah-setangah akan selalu ada dalam jawaban mereka. Begitu pun yang harus anda lakukan ketika menjadi seorang karyawan, melakukan pekerjaan anda dengan sepenuh hati dan sepenuh tenaga.
 
Ya, ingin menjadi karyawan berprestasi berarti anda sudah harus siap dengan pekerjaan menggunung yang harus diselesaikan. Terasa melelahkan memang, namun demi menyelesaikan kewajiban anda sebagai seorang karyawan, bahkan demi mendapatkan prestasi yang anda inginkan, maka seharusnya tumpukan pekerjaan tidak menjadi masalah yang besar bagi anda. Jika dari awal saja anda sudah menunjukkan tanda-tanda mudah putus asa ketika sedang mengerjakan sebuah pekerjaan,  jangan berharap jika anda bisa menjadi karyawan berprestasi nantinya. Ya, prestasi seorang karyawan hanya bisa didapatkan melalui kerja keras dan tidak kenal waktu.

Featured Career Advice