STUDILMU Career Advice - Kepedulian Pemimpin

Kepedulian Pemimpin


by Berny Gomulya
Posted on Aug 16, 2018

”Kehidupan seorang pemimpin menjadi tidak berarti kecuali jika hidupnya memiliki pengaruh besar bagi kehidupan orang lain.”
~Jackie Robinson~
 
PARA PEMIMPIN EFEKTIF sangat memahami pentingnya membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Semakin kuat hubungan yang dibangun antara seorang pemimpin dengan para pengikutnya, semakin besar pengaruh yang dihasilkannya. Dan itu artinya, semakin besar motivasi para pengikut untuk membantu pemimpinnya dengan suka rela. Interaksi antara pemimpin dan pengikut adalah suatu hubungan. 
 
Kemampuan Anda sebagai pemimpin tidak hanya diukur dari pencapaian-pencapaian fisik dan materi yang Anda miliki, perusahaan-perusahaan yang Anda dirikan, atau gedung-gedung yang Anda bangun. Efektivitas kepemimpinan Anda yang paling utama akan dinilai dari seberapa jauh Anda menyentuh hidup orang lain. Atlet baseball terkenal, Jackie Robinson mengamati, ”Kehidupan seorang pemimpin menjadi tidak berarti kecuali jika hidupnya memiliki pengaruh besar bagi kehidupan orang lain.” Keberhasilan materi akan cepat dilupakan. Satu hal yang bertahan adalah investasi yang Anda tanamkan dalam kehidupan orang lain, karena aset kepemimpinan yang paling berharga adalah orang-orang yang Anda pimpin, para pengikut Anda atau sejumlah orang yang ingin Anda sentuh hidupnya.
 
Kepedulian Anda terhadap orang-orang yang Anda pimpin akan menentukan efektivitas Anda sebagai pemimpin. Orang-orang tidak begitu peduli dengan apa yang Anda ketahui sampai mereka mengetahui seberapa besar Anda peduli terhadap mereka. 
 
Beberapa pemimpin menghadapi masalah dalam membina hubungan karena mereka percaya bahwa menjalin hubungan adalah tanggung jawab para pengikut. Ini benar, khususnya bagi pemimpin yang memimpin karena jabatan, posisi, atau kedudukan. Para pemimpin itu berpikir, ”Aku adalah bos. Aku punya kedudukan. Mereka adalah bawahanku. Harusnya mereka yang datang kepadaku.” Tetapi para pemimpin sejati selalu berinisiatif untuk mengambil langkah pertama dan kemudian berusaha membangun hubungan baik dengan orang lain. Usaha ini tidak selalu gampang, tetapi itu sangat penting bagi kesuksesan organisasi. Tidak peduli seberapa besar tantangannya, seorang pemimpin harus terus berusaha melakukannya.
 
Lee Iacocca berkata, ”Keberhasilan tidak berasal dari apa yang Anda ketahui tetapi dari siapa yang Anda kenal dan bagaimana Anda menampilkan diri Anda kepada setiap orang itu.” Jangan pernah menganggap enteng kepentingan untuk membangun jembatan-jembatan hubungan antara Anda dan orang-orang yang Anda pimpin. Ada kata-kata klasik yang berkata, ”Untuk memimpin diri Anda sendiri, gunakanlah kepala. Tetapi untuk memimpin orang lain, gunakan hati Anda.” Senantiasalah menyentuh hati orang dalam meluaskan pengaruh kepemimpinan Anda.
 
”Untuk memimpin diri Anda sendiri, gunakanlah kepala. Tetapi untuk memimpin orang lain, gunakan hati Anda.” Senantiasalah menyentuh hati orang dalam meluaskan pengaruh kepemimpinan Anda.”

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

Menciptakan Stres Dari Hasil Tes DISC

Cara Berkomunikasi Efektif dengan Seseorang Dari Hasil Tes DISC

6 Tips Mengubah Suasana Rapat Kerja Lebih Interaktif

Pengolahan Data dengan Desain Dashboard

Seni Memfasilitasi Rapat Kerja dengan Post-it Kecil

Memahami Perilaku Manusia dari Model DISC

20 Kriteria Pemimpin Yang Baik

10 Contoh Pemberian Umpan Balik yang Efektif

7 Tips Memberikan Coaching Yang Efektif

8 Cara Membuat Rapat Kerja Lebih Menyenangkan

5 Cara Mencintai Diri Sendiri

Pantang Menyerah Dengan Cara Cerdas

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

2 Hal Penting Sebelum Mengundurkan Diri

Memahami Pola Pikir

Hindari 4 Strategi Pemasaran Digital yang Rumit Ini

Perbedaan Motto Hidup dan Kutipan Hidup

5 Kebahagiaan Meraih Keseimbangan Hidup

7 Halangan Diri Untuk Meraih Keseimbangan Hidup

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja