×
STUDILMU Career Advice - Apa Saja Manfaat Senyum di Dunia Kerja?
Happiness

Apa Saja Manfaat Senyum di Dunia Kerja?

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apakah rekan pembaca adalah seorang yang suka tersenyum kepada orang-orang di sekitar Anda? Misalnya, tersenyum kepada keluarga, kerabat, atau rekan-rekan kerja di kantor. Ada beberapa orang negatif yang menyimpulkan bahwa memberikan senyuman hanya terlihat seperti ‘sok ramah’, padahal aslinya tidak. Apabila rekan pembaca bertemu dengan seseorang yang beranggapan seperti ini, hiraukan saja ya. Karena pada kenyataannya, memberikan senyum kepada orang lain dapat memberikan banyak manfaat untuk diri kita loh! 
 
Nah pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan 7 manfaat senyum yang akan kita dapatkan ketika kita menerapkan ini di dunia kerja. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Tersenyum dapat Menurunkan Rasa Stres dan Cemas. 

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari tersenyum adalah dapat menurunkan rasa stres dan cemas. Melalui senyum yang kita berikan kepada orang lain, ini dapat meningkatkan aura positif yang ada di dalam diri dan membuat kita merasa lebih bahagia. 
 
Di dalam dunia kerja, kita akan menemukan banyak tantangan dan rintangan, baik rintangan kecil maupun besar. Apabila kita tidak pandai untuk tersenyum, kita akan menjadi mudah stres loh! Pikiran yang jernih dan positif sangatlah diperlukan untuk menghadapi masalah-masalah di kantor. Misalnya, dokumen penting untuk rapat nanti siang basah terkena tumpahan kopi di meja kita. Itu mungkin hal yang dapat membuat kita sangat frustasi. Namun jika kita menghadapinya dengan pikiran yang tenang dan mencoba untuk tersenyum atas kejadian tersebut, maka otak kita akan berjalan dengan lancar untuk menemukan jalan keluarnya. 
 
Contoh lainnya, ketika kita merasa tegang untuk presentasi di depan klien, tersenyum akan membuat kita menjadi lebih rileks dan lancar dalam berbicara di depan umum, tidak ada stres dan rasa cemas pun menjauh!
 

2. Tersenyum dapat Membantu Melepaskan Endorfin. 

Selain membantu menjauhkan rasa stres dan cemas, tersenyum akan membuat kita lebih bahagia. Walaupun sebenarnya kita dalam kondisi yang cukup buruk atau tidak menyenangkan. Seseorang yang murah tersenyum, otaknya akan merasa bahagia seperti seseorang yang habis makan coklat atau berolahraga. 
 
Endorfin adalah hormon yang sama dengan yang biasanya dilepaskan ketika kita berolahraga, dan hormon ini dapat membuat kita merasa jauh lebih baik, lebih termotivasi dan terhindar dari rasa stres atau khawatir. Hormon-hormon endorphin di dalam tubuhnya semua dikeluarkan, sehingga tidak peduli seberapa banyak pun tugas kerja yang menumpuk di atas meja, kita akan tetap merasa bahagia. 
 
Siapa sih yang tidak ingin bekerja dengan perasaan yang bahagia? Kita semua pasti menginginkannya, bukan?!
 

3. Tersenyum Membuat Orang Lain Suka Berinteraksi dengan Kita. 

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang murah senyum akan lebih banyak didekati oleh orang lain. Orang-orang akan merasa lebih nyaman untuk berinteraksi dengan para individu yang seperti ini. Bayangin deh jika kita adalah seorang karyawan baru di suatu perusahaan, lalu kita bertemu dengan rekan kerja baru yang tidak tersenyum sama sekali kepada kita. Saat melihat wajah kita, dia merenggut seperti orang yang malas untuk bertemu dengan orang baru. 
 
Pasti kita akan merasa canggung untuk menyapanya, bukan? Berbeda dengan seseorang yang tersenyum hangat kepada kita, orang tersebut menunjukkan sikap ramah yang mendorong kita untuk mau berinteraksi tanpa rasa canggung. Itulah mengapa memberikan senyum kepada orang-orang, baik yang kita kenal maupun yang belum dikenal adalah sikap positif yang perlu diterapkan di lingkungan kerja.
 

4. Senyum Itu Menular Loh!

Pernah ga sih ketika rekan pembaca bertemu dengan seseorang yang tersenyum kepada Anda, secara otomatis rekan pembaca tersenyum balik kepada dia? Jika jawabannya “pernah”, ini semakin mendukung pernyataan bahwa “senyum itu menular”. Meskipun ketika kita tersenyum tidak mendapatkan senyuman balik, namun sebenarnya di dalam pikiran orang tersebut, mereka sangat bahagia mendapat senyuman yang ramah dari kita. Saya mengatakan ini karena ini pernah terjadi dengan saya. 
 
Awalnya saya akan merasa aneh dan canggung mengapa orang tersebut tersenyum kepada saya, namun saya sangat senang mendapat senyuman yang hangat, dan itu sangat membuat hari saya lebih positif. Senyum dapat menular di lingkungan kerja kita. Misalnya, rekan pembaca adalah seorang yang suka memberikan senyum sambil mengucapkan kata “terima kasih” atas pertolongan yang diberikan rekan kerja kepada Anda. Lama-kelamaan, ini akan tertular dan menjadi kebiasaan rekan-rekan kerja Anda lainnya. Semua orang akan sangat suka tersenyum ramah. 
 

5. Tersenyum dapat Membantu Meningkatkan Produktivitas. 

Dikarenakan tersenyum dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia dan positif, maka tersenyum dapat membuat hari-hari kita menjadi lebih ceria dan menyenangkan. Ketika kita bahagia, berpikir positif dan ceria, maka motivasi di dalam diri akan semakin meningkat. 
 
Hasilnya, kita akan semakin bersemangat dalam mengerjakan tugas kerja apapun. Rasa semangat ini akan membantu meningkatkan produktivitas kerja kita, dan kinerja kita pastinya akan semakin membaik juga. Dari sini, kita bisa melihat dengan jelas bagaimana hanya dengan “senyuman” kehidupan pekerjaan kita menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. 
 
Jadi, apabila rekan pembaca ingin menjadi lebih produktif di kantor, jangan lupa untuk tersenyum ya!
 

6. Tersenyum Dapat Menciptakan Rasa Syukur. 

Tersenyum akan menyadarkan kita bahwa kehidupan yang kita miliki sekarang adalah kehidupan yang jauh lebih baik daripada yang dimiliki oleh orang lain. Ada banyak orang yang mungkin tidak bisa menikmati kehidupan, seperti yang kita rasakan sekarang. Mereka mungkin tidak memiliki rumah, sedang merasa sakit di Rumah Sakit, dan lain sebagainya. 
 
Dengan begitu, tersenyum akan membantu kita untuk menumbuhkan rasa syukur di dalam diri. Ketika kita mensyukuri segala sesuatu yang ada, hidup akan terasa lebih tentram dan bekerja pun akan terasa menyenangkan. 
 

7. Tersenyum Membuat Kita Terlihat Lebih Muda. 

Penelitian menunjukkan bahwa tersenyum dapat membuat kita terlihat lebih muda dari umur aslinya loh! Rata-rata dari hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa ketika kita tersenyum, secara alami senyuman yang kita lakukan akan “mengangkat” wajah kita dan dapat menangkis garis kerutan yang mungkin kita miliki di wajah. Hasilnya, wajah kita akan terlihat lebih muda dan menarik! Siapa tahu dengan sering tersenyum, rekan pembaca akan terlihat paling muda di kantor! Hehe. 
 
Nah itu dia 7 manfaat yang akan kita dapatkan di dunia kerja, ketika menebar senyuman kepada orang-orang di sekitar kita. Yuk, kita mulai tersenyum dengan ramah mulai dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice