×
STUDILMU Career Advice - Bagaimana Pelanggan Dapat Membantu Merampingkan Bisnis Anda
Marketing & Sales

Bagaimana Pelanggan Dapat Membantu Merampingkan Bisnis Anda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pelanggan menghargai kesederhanaan. Mencari tahu bagaimana cara menyederhakan sesuatu bisa menjadi tantangan bagi banyak perusahaan. Penelitian menemukan bahwa faktor terpenting dalam menciptakan "kelengketan" pelanggan  Anda adalah "kesederhanaan keputusan," yaitu, kemudahan mendapatkan informasi yang kredibel di tengah-tengah kebisingan pemasaran. Libatkan pelanggan Anda dalam menyederhanakan bisnis Anda, dan buat mereka lebih mudah untuk bekerja dengan Anda, dengan kiat-kiat ini:
 

• Cari tahu apa yang dilakukan pelanggan Anda sepanjang hari.

Apa yang mereka pikirkan pertama di pagi hari? Apa bagian terberat dari hari mereka? Cobalah memberi pelanggan Anda buku harian untuk mencatat aktivitas mereka, dan habiskan satu hari untuk “membayangi” pelanggan, untuk memahami kebutuhan yang tidak terpenuhi.
 

• Dengarkan kritik.

Pertimbangkan untuk bertanya kepada non-pelanggan: mengapa mereka tidak berbisnis dengan Anda. Lakukan “focus group discussion” dengan orang yang tidak menyukai produk atau layanan Anda. Lebih baik lagi, jika Anda mengundang orang-orang yang tidak setuju ke dalam rapat perencanaan untuk mendiskusikan hal-hal tambahan apa yang dapat mengubah persepsi mereka terhadap organisasi Anda.
 
Disadur dari “Let Your Customers Streamline Your Business” by Ron Ashkenas and Lisa Bodell.

Featured Career Advice