×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Menjadi Orang Sukses
Self Improvement

6 Cara Menjadi Orang Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo, rekan pembaca Career Advice, bagaimana perjalanan Anda dalam mencapai tujuan yang Anda miliki? Apakah rekan pembaca pernah merasa bahwa Anda telah bekerja keras sepanjang hari, sepanjang minggu, hingga sepanjang tahun, namun Anda tidak melihat adanya kemajuan? Anda merasa terperangkap dalam satu keadaan tertentu dan Anda merasa sulit untuk maju atau membuat peningkatan. Lalu Anda melihat teman-teman Anda, mereka bergerak maju dan mendapatkan promosi. Anda menanyakan diri Anda, hal apa yang sesungguhnya terjadi pada Anda.
 
Jika rekan pembaca pernah mengalaminya, maka Anda perlu melakukan aturan 5 jam dibawah ini. Aturan ini telah diikuti oleh berbagai orang sukses dari seluruh penjuru dunia, termasuk Bill Gates, Oprah Winfrey dan Mark Zuckerberg. Aturan ini sebenarnya merupakan hal yang sederhana. Jika Anda melakukan aturan ini dengan konsisten, Anda akan mampu mengubah diri Anda. Yang mana Anda adalah seorang yang biasa menjadi seorang yang sukses. Apa sajakah aturan tersebut? Mari kita simak penjelasan berikut tentang aturan dan cara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Habiskan 5 jam dalam seminggu dengan belajar

Aturan 5 jam ini merupakan aturan yang dilakukan selama 5 jam dalam seminggu, atau satu jam dalam setiap harinya. Berfokuslah pada sebuah pembelajaran yang Anda sengaja. Maksudnya adalah Anda harus mengatur waktu tertentu dimana Anda dapat memberikan perhatian penuh pada sebuah pembelajaran dan pengembangan diri, tanpa adanya gangguan dari pekerjaan lain. Pembelajaran ini dapat menggunakan berbagai bentuk pembelajaran yang berbeda dan campuran. Ini akan memberikan Anda pengalaman yang menyeluruh.
 
Jadi luangkan waktu dengan sengaja untuk mempelajari suatu hal dan temukan cara belajar yang tepat untuk Anda.  
 

2. Membaca

Apakah rekan pembaca suka membaca? Saya yakin ya. Membaca adalah sebuah kebiasaan baik yang dilakukan oleh banyak orang sukses. Dan lagi, membaca adalah sebuah cara yang mudah dan nyaman untuk belajar. Cobalah untuk menaruh sebuah buku dalam tas Anda sepanjang waktu dan tentukan banyaknya bacaan yang ingin Anda selesaikan per minggu. Anda dapat menargetkan satu bab untuk satu hari atau jumlah buku tertentu dalam satu bulan. Di era digital sekarang ini, Anda juga memiliki kemudahan untuk mengakses buku digital, maka Anda dapat dengan mudah membaca apapun melalui ponsel Anda. Bill Gate adalah salah satu orang sukses yang membaca 50 buku setiap tahun.
 
Jadi, buatlah target bacaan yang ingin rekan pembaca habiskan dalam satu minggu. Semakin Anda terbiasa untuk membaca buku, semakin luas pengetahuan yang Anda miliki, dan semakin luas juga ruang pertumbuhan yang membawa Anda pada kesuksesan.
 

3. Melakukan Refleksi 

Refleksi diri adalah salah satu kunci dari pembelajaran. Ketika Anda menyerap banyak informasi tanpa merefleksikannya, Anda merasa memiliki beban yang berlebihan dan Anda sulit untuk mempelajari hal-hal baru. Anda perlu menentukan suatu waktu yang tersusun untuk melakukan refleksi. Cobalah untuk memiliki jurnal yang dapat menjadi tempat Anda menuliskan hal-hal yang Anda dapatkan dari bacaan yang Anda baca. Ini juga akan membantu Anda untuk memikirkan pelajaran-pelajaran baru yang sedang Anda pelajari di pekerjaan dan mengembangkan ide-ide yang Anda miliki untuk masa depan Anda.
 
Apakah rekan pembaca telah terbiasa untuk merefleksikan hal-hal yang Anda dapat? Jika belum, tidak ada salahnya Anda memulainya sekarang.
 

4. Melakukan Percobaan

Melakukan percobaan merupakan hal penting yang Anda perlukan untuk membuat sebuah kemajuan dalam hidup Anda. Cobalah untuk mengatur beberapa waktu dalam seminggu untuk menguji teori-teori baru atau ide-ide baru. Anda tidak perlu memikirkan betapa anehnya ide ataupun teori tersebut. Beberapa produk-produk hebat juga dihasilkan melalui percobaan. Ingatkan akan inovasi? Inovasi tidaklah lahir dari sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang. Sekalipun nantinya percobaan yang Anda lakukan akan gagal, jangan putus asa. Ambilah pelajaran berharga dari percobaan tersebut. Dan coba lagi, sampai Anda benar-benar berhasil.
 

5. Jangan bingung saat harus bekerja sambil belajar

Rekan pembaca akan mudah untuk menjadi bingung antara bekerja dan belajar. Ini membawa Anda pada kemandekan. Anda tidak tahu apa yang harus diperbuat. Anda mungkin berpikir bahwa waktu kerja 40 jam dalam seminggu adalah waktu yang cukup untuk Anda melakukan peningkatan, tetapi tidak dengan kenyataannya. Tahukah, ketika Anda berfokus pada pekerjaan yang Anda kerjakan setiap harinya, Anda tidak memberikan waktu bagi diri Anda untuk bertumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, tentukan tujuan spesifik yang ingin Anda capai melalui pembelajaran dan sediakan waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan begini, setiap rekan pembaca akan mampu melihat banyak peningkatan yang Anda alami.

6. Berfokus pada peningkatan, bukan hanya produktivitas

Rekan pembaca mungkin memiliki kepercayaan bahwa seseorang yang semakin produktif maka kesuksesan akan semakin berpihak padanya. Produktivitas memiliki peranan penting dalam kesuksesan. Tetapi, produktivitas tidak memberikan arti apapun tanpa pembelajaran, khususnya pembelajaran sepanjang hidup. Jika Anda terfokus dengan pekerjaan saat ini, dan tidak berfokus pada perkembangan diri jangka panjang, Anda tidak akan pernah mengalami perkembangan.
 
Inilah 6 aturan yang dilakukan selama 5 jam dalam seminggu. Anda mungkin akan merasa sulit ketika Anda melakukan aturan 5 jam ini karena tidak adanya hadiah yang akan didapatkan dalam waktu dekat, tetapi percayalah bahwa ini akan memberikan hasil yang besar dalam jangka panjang. Anda akan sangat berterima kasih nantinya. Cobalah untuk melihat setiap hal dalam hidup Anda melebihi tagihan harian yang Anda miliki. Dedikasikan waktu Anda untuk menghasilkan versi terbaik diri Anda.
 
Semoga aturan yang dilakukan oleh para orang sukses terkenal ini dapat menginspirasi setiap pembaca Career Advice sehingga Anda akan dapat berada dalam jalur yang tepat menuju kesuksesan. Tetap semangat, rekan pembaca.

Featured Career Advice