×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Mengatur Ulang Fokus Kerja dan Kreativitas
Productivity

6 Cara Mengatur Ulang Fokus Kerja dan Kreativitas

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Fokus kerja dan kreativitas adalah hal yang dapat menunjang produktivitas dan kinerja kita. Namun, di era yang semakin maju dan penuh dengan kemudahan dalam mendapatkan informasi yang mendunia, seringkali kita kehilangan fokus kerja dan kreativitas. Ada banyak hal yang membuat kita kehilangan fokus dan kreativitas. Kita membeku dan tidak dapat melakukan apapun. Dan parahnya, kita tidak dapat membuat kemajuan yang signifikan dalam karier kita.
 
Fokus dan kreativitas adalah dua hal yang membutuhkan perawatan dan pembaharuan. Kita perlu mengadakan pengaturan ulang untuk mendapatkan kembali fokus kerja dan kreativitas. Bagaimanakah kita dapat mengatur ulang fokus kerja dan kreativitas yang kita miliki? Berikut adalah 6 cara mengatur ulang fokus kerja dan kreativitas dalam 15 menit.
 

1. Membangun kebiasaan dan mematuhinya.

Sebagian besar dari kita membutuhkan struktur yang jelas agar dapat bekerja secara efektif. Buatlah kebiasaan yang harus dilakukan setelah bangun tidur. Kebiasaan ini akan membantu kita menjadi produktif dan menghasilkan kinerja terbaik. Tidak ada aturan yang ditetapkan untuk menjadi kreatif dan produktif. Temukan yang terbaik untuk Anda dan cobalah untuk konsisten melakukannya. Kebiasaan yang tepat yang dilakukan dengan konsisten akan memudahkan kita mendapatkan fokus kerja dan kreativitas. 
 

2. Miliki tujuan yang ingin dicapai.

Ketika kita menginvestasikan waktu dalam mencapai tujuan yang kita miliki, kita memberikan ruang terhadap otak untuk masuk dalam kreativitas. Ketika kita memilih hal yang ingin dikerjakan, kita harus memiliki tujuan yang bermakna. Ini adalah perjalanan yang memuaskan, bermakna, tanpa aturan dan tanpa tenggat waktu. Peluang untuk menjadi produktif dalam pekerjaan meningkat 250% jika kita mengerjakan proyek yang berarti setiap harinya. Hidup ini terlalu singkat dan terlalu berharga untuk tidak mengejar sesuatu yang membuat kita mengeluarkan yang terbaik dari diri sendiri. Mulailah dengan sesuatu yang dapat dilakukan hari ini atau minggu ini dalam beberapa menit. Dan besok, lakukan lagi. Dan seterusnya. Tetapkan tujuan Anda dan fokuslah pada hal-hal yang membuat hidup kita lebih signifikan dan berharga. 
 

3. Menjadi produktif.

Anak-anak tidak terlalu peduli dengan kreativitas. Mereka akan dengan senang hati bereksperimen dengan ide, gambar, foto dan coretan. Mereka tidak mengkhawatirkan apakah itu sempurna atau tidak. Inilah yang seharusnya kita tiru. Terkadang kita merasa terlalu khawatir dengan apa yang kita lakukan. Kita khawatir itu tidak akan sempurna, tidak akan bekerja dengan baik, dll. Terlalu khawatir dengan apa yang kita kerjakan dapat melumpuhkan kita. Jika kita dapat menerima beberapa kegagalan dan tidak selalu berusaha untuk mencapai kesempurnaan, kita benar-benar meningkatkan peluang untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa dan mempelajari hal-hal baru terus-menerus . Menjadi produktif adalah menghasilkan yang terbaik dalam diri. Ini bukanlah tentang menjadi sempurna, tetapi tentang mengerahkan kemampuan terbaik kita untuk mencapai satu karya yang maksimal.
 

4. Lakukan hal lain yang relevan dengan karier.

Membaca, menonton film, berselancar di internet, berkenalan dengan orang baru atau hal-hal lain yang relevan dengan karier kita, adalah hal yang harus kita lakukan. Itu semua adalah pemicu untuk menghasilkan ide kreatif yang kita miliki dan mengembalikan fokus. Jadi hal lain apa yang berkaitan dengan karier Anda? Lakukanlah. Fokuslah dan temukan ide-ide kreatif Anda. melihat atau menyaksikan karya orang lain terkadang memberikan kita inspirasi akan ide dan pemikiran kreatif. Tetapi, ingat, jangan melakukan plagiarisme ya rekan pembaca. 
 

5. Berjalan atau tidur siang.

Keluar dari meja kerja dapat memberikan kita ide kreatif dan mengembalikan fokus. Cobalah untuk berjalan atau melakukan tidur siang. Ini memungkinkan otak kita untuk bersantai. Berjalan di ruang hijau memungkinkan pikiran kita berkelana dan mengembalikan fokus dengan cepat dan efektif. Tidur siang berguna untuk meningkatkan kapasitas mental kita. Ini meningkatkan kadar serotonin yang menempatkan kita dalam suasana hati yang lebih baik dan juga dapat meningkatkan kinerja. Para ahli menyarankan tidur siang 10 hingga 20 menit setiap harinya. Ini adalah waktu yang cocok untuk memulihkan aktivitas otak dan meningkatkan memori prosedural.
 

6. Melatih fisik dan mental.

Melatih fisik dan mental adalah cara yang paling dapat diandalkan untuk meningkatkan neurogenesis (kelahiran neuron baru di otak). Latihan fisik meningkatkan tingkat neurogenesis otak, sementara latihan mental meningkatkan tingkat ketahanan sel-sel otak baru itu dan membentuk koneksi. Neuron yang dihasilkan saat usia dewasa berada dalam keadaan terbaik. Mereka berfungsi untuk membantu kita dalam belajar dan mengingat. Tetapi jika tidak digunakan, fungsi mereka akan menghilang. Untuk itu berolahragalah. Ini berfungsi untuk melatih fisik. Sedangkan untuk melatih mental, cobalah untuk mempelajari hal baru secara teratur. Ini harus dilakukan secara rutin dan pastikan kita selalu mempelajari sesuatu yang baru. Melatih fisik dan mental membantu kita meningkatkan fokus dan kreativitas. Jadi, latihlah fisik dan mental Anda secara teratur dengan cara yang bervariasi, ya rekan pembaca.
 
Itulah 6 cara mengatur ulang fokus kerja dan kreativitas. Cobalah untuk melakukan keenam hal ini agar rekan pembaca dapat mengembalikan fokus kerja dan kreativitas. Ingatlah bahwa kita perlu merawat dan memperbaharui fokus juga kreativitas kita setiap hari. Jika kita ingin mengendalikan kehidupan kita sepenuhnya, kendalikan pusat komando tubuh kita, yaitu otak kita. Ubahlah cara otak kita bekerja, maka kita akan dapat mengubah hidup kita.
 
Kita dapat menggunakan keenam cara ini untuk memaksimalkan kinerja otak kita. Semakin kita memaksimalkan kemampuan otak kita, semakin otak kita dapat bekerja lebih baik lagi. Inilah yang akan memunculkan kreativitas dan fokus kita. Yuk, kita sama-sama melakukan perubahan dan memaksimalkan kinerja otak kita agar kita dapat tetap fokus dan kreatif dalam karier kita.

Featured Career Advice