×
STUDILMU Career Advice - 5 Tips Sukses Berkarier
Self Improvement

5 Tips Sukses Berkarier

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Setiap pekerja yang ambisius akan melakukan banyak cara untuk selalu mencari tips karier hebat yang akan membantu mereka meraih kesuksesan karier. Saya percaya bahwa setiap kita mendambakan sebuah kesuksesan. Tentunya, kesuksesan membutuhkan pengorbanan. Banyak hal yang dialami, baik hal baik maupun buruk. Itulah yang membuat kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik. 
 
Namun, entah bagaimana, meskipun kita telah tumbuh sebagai seorang profesional dan telah memiliki pendapatan yang bagus, kita mulai menjadi gelisah. Kita bertanya pada diri sendiri, apakah ini waktunya untuk kita mendapatkan promosi atau meninggalkan pekerjaan saat ini dan mencari pekerjaan baru. Berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda perlu mendapatkan promosi atau mencari pekerjaan baru. 
 
Ini adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan promosi, jika:
- Anda telah memegang posisi yang sama selama setidaknya satu tahun, dan posisi pada level di atas Anda dibuka secara teratur.
- Anda memiliki nilai yang bagus dalam penilaian kinerja tahun lalu.
- Anda telah menyaksikan promosi rekan kerja dengan keahlian serupa. 
- Anda belum melakukan kesalahan yang mengerikan atau merugikan selama setahun terakhir.
- Anda telah memutuskan bahwa Anda menginginkan promosi. Anda menikmati pekerjaan Anda, menyukai perusahaan dan siap untuk tingkatan tanggung jawab yang lebih besar.
- Anda telah memutuskan bahwa peluang yang dapat ditemukan di perusahaan Anda saat ini lebih cocok daripada peluang yang ditemukan di tempat lain.
 
Ini adalah waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan baru, jika:
- Anda telah mengajukan permohonan untuk promosi dan Anda telah ditolak berkali-kali. Sekali berarti Anda tidak siap. Dua kali berarti pekerjaan Anda tidak diakui dan Anda tidak mendapatkan rasa hormat yang layak untuk didapatkan.
- Anda tidak dapat naik ke level atas karena tidak ada posisi di atas Anda. Ini biasanya terjadi dalam perusahaan kecil. Perusahaan kecil biasanya hanya ada satu manajer yang tidak akan pergi dalam waktu dekat. 
- Anda dibayar kurang dari nilai pasar. Jika Anda telah melakukan penelitian dan Anda tahu Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang di tempat lain, mintalah kenaikan gaji. Jika permintaan Anda ditolak, maka inilah waktu yang tepat untuk pergi.
- Anda sama sekali tidak bahagia. Anda tidak harus selamanya berada di perusahaan jika Anda bosan, frustrasi, atau mengalami tingkat konflik dan stres kronis. Lakukan apa yang Anda bisa untuk menyelamatkan situasi dan hubungan Anda dengan perusahaan.
 
Lalu, apa yang harus dilakukan ketika kita mendapatkan posisi atau bahkan pekerjaan baru? Bagaimana kita dapat membuat diri kita lebih baik, lebih berhasil, sehingga apa yang telah diperjuangkan tidak akan menjadi sia-sia? Berikut adalah 5 tips sukses berkarier yang dapat membuat kita menjadi lebih baik dalam karier.

1. Tips pertama adalah fokus pada kesuksesan professional sebelum mencari kebahagiaan.

Seharusnya, kebahagian bukanlah menjadi hal utama yang dicari dalam pekerjaan yang kita miliki. Mengapa? Karena seringkali, perusahaan tempat kita bekerja tidak begitu peduli dengan kesenangan dan apa yang harus dilakukan. Perusahaan Anda hanya tertarik pada hasil, yang merupakan satu-satunya hal yang harus diperhatikan. Ini adalah nasihat yang sebenarnya mengarah pada kebahagiaan dalam kehidupan pribadi Anda. Ketika Anda fokus pada hasil dalam karier, maka Anda akan menghasilkan lebih banyak uang. Ketika Anda menghasilkan lebih banyak uang, Anda dapat lebih menikmati kehidupan pribadi. Jadi, daripada mencoba menemukan kebahagiaan dalam karier Anda saat ini juga, cobalah untuk mendapatkan produktivitas dan hasil kerja yang lebih baik.
 

2. Tips kedua adalah berhenti bersikap setia kepada perusahaan.

Perusahaan hanya setia selama karyawan bisa memberikan nilai kepada perusahaan. Lalu, kepada siapa kita harus setia dalam perjalanan karier kita?  Jawabannya adalah kepada diri sendiri. Apakah Anda tergoda untuk pindah ke perusahaan baru dan mencari tantangan baru? Jika Anda merasa sudah saatnya untuk pindah, maka lakukanlah. Tentu saja, Anda harus menghormati bos Anda dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan dalam pekerjaan Anda. Tetapi Anda tidak perlu melakukan hal-hal diluar kemampuan Anda untuk menunjukkan loyalitas kepada perusahaan yang bisa saja menggantikan Anda besok.
 

3. Tips yang ketiga adalah jadikan pencarian kerja seperti sebuah pekerjaan.

Jika Anda mencari pekerjaan, maka bertingkahlah seolah-olah proses tersebut merupakan pekerjaan Anda. Buat jadwal, buat daftar tugas dan laksanakan, dan lakukan semua yang akan Anda lakukan jika Anda memiliki pekerjaan. Saat Anda memasuki sebuah wawancara dan memiliki tugas untuk diselesaikan, pelajari cara untuk hal ini. Anda tidak bisa memalsukan kepercayaan diri. Jika Anda mencari pekerjaan tetapi saat ini sedang bekerja, maka jangan bertingkah seperti Anda sedang kabur. Berdiri tegak dan berikan jabat tangan yang kuat ketika berjalan melewati pintu manajer perekrutan untuk membicarakan langkah karier selanjutnya.
 

4. Tips yang keempat adalah mempelajari cara membaca orang.

Bisakah Anda mempercayakan rahasia karier Anda yang paling berharga kepada rekan kerja? Bisakah Anda mempercayai siapapun dengan rahasia karier Anda? Bisakah Anda mengandalkan manajer Anda untuk mendapatkan sumber daya yang Anda butuhkan untuk berhasil? Jika Anda ingin berhasil dalam karier Anda, maka Anda perlu belajar cara membaca orang dan menentukan siapa yang dapat Anda andalkan dan siapa yang tidak dapat Anda percayai. Jangan gunakan firasat ketika harus membaca orang. Ini akan membuat Anda mampu menemukan orang yang dapat menunjang kesuksesan. Dengan begitu, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang dapat menunjang kesuksesan Anda dibandingkan dengan orang-orang yang tidak memberi arti apa-apa. 
 

5. Tips kelima adalah jangan takut dipecat.

Anda hanya akan berkompromi dengan diri sendiri dan tujuan karier jika Anda berusaha untuk tidak dipecat. Anda harus belajar cara mengarungi politik kantor untuk menyelesaikan sesuatu, tetapi Anda tidak boleh menghalangi diri untuk melakukan hal benar yang berguna bagi kesuksesan hanya karena Anda takut dipecat. Jadilah cerdas setiap kali Anda membuat keputusan, tetaplah berpegang teguh jika Anda tahu apa yang Anda lakukan itu benar. 
 
Itulah 5 tips sukses berkarier. Saat karier Anda terus berjalan, Anda akan memiliki banyak peluang untuk mencapai tujuan yang dimiliki. Tetapi, jika Anda tidak lagi memiliki kesempatan untuk mengembangkan sayap, maka temukan pekerjaan lain yang menarik bagi Anda.  Jangan takut dengan pasar kerja yang lemah. Jika Anda siap untuk langkah besar berikutnya, maka apa pun yang dikatakan bos Anda, para ekonom terkenal, dan Internet, tidak akan dapat menghalangi Anda.  Anda bisa berbuat lebih baik, dan saya percaya Anda akan melakukannya.

Featured Career Advice