×
STUDILMU Career Advice - Persiapan Sebelum Memulai Pekerjaan Baru
Self Improvement

Persiapan Sebelum Memulai Pekerjaan Baru

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Apa Anda masih ingat malam sebelum berangkat ke sekolah untuk pertama kalinya dulu? Anda sibuk menyiapkan seragam yang akan dikenakan esok harinya, meletakkan tas sekolah di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau. 
 
Nah, tidak ada salahnya untuk menerapkan hal yang serupa sebelum Anda memulai kerja pertama kalinya dengan persiapan sebanyak mungkin. Pagi pertama mungkin akan penuh dengan hal yang membuat Anda stres, jadi bantulah diri Anda dengan mempersiapkan segalanya sedini mungkin dan keesokan harinya Anda akan terbangun dengan penuh percaya diri dalam memulai hari Anda di kantor baru. 
 
Bacalah beberapa nasihat di bawah ini dan bersiaplah untuk hari pertama kerja Anda.
 

Lakukan: Pilihlah Pakaian Favorit 

Mungkin kebanyakan orang akan pergi ke luar untuk mencari pakaian baru yang akan mereka kenakan di hari pertama mereka di kantor. Namun, kita dapat memilih pakaian yang sederhana dan profesional yang membuat diri kita menjadi percaya diri, siapkan pakaian tersebut pada malam sebelumnya sehingga kita tidak perlu memikirkannya saat bergegas keesokan harinya.
 
Akankah jauh lebih baik, jika kita sudah memasukkan semua barang yang diperlukan ke dalam tas kerja dan meletakkannya pada tempat yang terjangkau untuk diraih. 
 

Jangan Lakukan: Membawa Makan Siang

Saya mengerti bahwa membawa makan siang adalah hal yang baik bahkan saya melakukannya sampai saat ini. Namun, ini bukan salah satu pendekatan yang baik untuk diterapkan pada hari pertama bekerja.  
 
Ada kemungkinan besar bahwa manajer baru kita akan mengajak makan siang bersama untuk merayakan hari pertama kita di kantor, tetapi jika hal itu tidak terjadi, jangan kecewa. Mungkin kita bisa mengajak rekan kerja lainnya untuk mencari makan siang bersama-sama dan memulai pendekatan dengan mereka. 
 

Lakukan: Persiapkan Topik Obrolan Singkat yang Terbaik 

Ya, di hari pertama kita akan bertemu dengan banyak orang baru di kantor. Tidak ada yang lebih buruk daripada bertemu dengan orang baru namun, kita tidak tahu harus membuat percakapan apa dengan mereka
 
Jadi, penting bagi kita untuk menyiapkan topik obrolan yang menarik. Coba pikirkan beberapa kalimat pembuka untuk memulai percakapan favorit. Sehingga, kita dapat memiliki obrolan yang menarik dengan tim baru. 
 

Jangan Lakukan: Merencanakan untuk Datang Tepat Waktu

Jangan pernah berencana untuk datang tepat waktu ke kantor pada hari pertama. Mengapa? Karena kita harus merencanakan untuk sampai di sana ekstra, lebih awal. Misalnya, datang setengah jam lebih awal.
 
Ini adalah pendekatan yang baik untuk hari pertama kita di kantor, mungkin saja kita akan terjebak kemacetan lalu lintas atau melupakan barang penting yang tertinggal di rumah yang harus dibawa. 
 
Kedua, yang paling penting adalah jika kita datang ke kantor lebih awal, kita akan memiliki waktu yang lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di kantor. 

Lakukan: Ingat Kembali Mengapa Anda Memilih Pekerjaan Ini 

Sebelum kita pergi tidur di malam sebelumnya, pikirkan kembali mengapa kita memutuskan untuk memilih pekerjaan ini. Mungkin karena ini adalah pekerjaan impian, sehingga kita merasa tidak sabar untuk memulainya. Mungkin karena ini adalah pekerjaan pertama dan kita merasa tidak sabar untuk memulai pengalaman baru di dunia kerja, atau apapun motivasinya, tulis dan pikirkan hal tersebut sebelum kita tertidur. 
 
Dan jika nanti situasi tidak berjalan seperti yang diharapkan, kita dapat kembali memikirkan alasan-alasan tersebut dan kembali bersemangat.

Featured Career Advice