×
STUDILMU Career Advice - 5 Tips Sehat yang Dapat Meningkatkan Kinerja
Productivity

5 Tips Sehat yang Dapat Meningkatkan Kinerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Setiap kita menghabiskan hampir setengah dari waktu yang kita miliki di tempat kerja. Ini membuat kita stres, cemas, khawatir dan merasa sulit sekali menemukan pengaturan waktu yang tepat. Stres adalah satu hal yang berbahaya yang dapat menurunkan kesehatan kita. Ketika kita berada dalam kondisi tidak sehat, secara otomatis kinerja dan produktivitas kita juga akan menurun. Kita bahkan tidak memberikan hasil yang memuaskan. 
 
Ada banyak tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat stres di tempat kerja. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan. Ketika kita sehat, kita dapat menjadi produktif dan memberikan hasil yang memuaskan. Inilah yang akan menjadi pendorong motivasi kita. Namun, ketika kita sakit, sulit rasanya kita akan memiliki kepuasan kerja.
 
Nah, kali ini, kita akan membahas 5 tips sehat yang dapat meningkatkan kinerja rekan pembaca. Bagaimanapun, kinerja kita dipengaruhi oleh kesehatan kita. Dan 5 tips sehat ini adalah cara untuk tetap memiliki dan mempertahankan kesehatan kita. Sehingga kita dapat memberikan kinerja yang maksimal.
 

Tips sehat yang pertama adalah lebih banyak berdiri.

Apakah rekan pembaca menghabiskan jam-jam di depan komputer dengan posisi duduk? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu duduk membuat Anda berisiko terkena penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan obesitas. Jadi, sering-seringlah berdiri. Berdiri menggunakan lebih banyak otot dan membakar lebih banyak kalori. Ini juga meningkatkan gula darah, lemak dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol. Penelitian juga mengungkapkan bahwa mereka yang bekerja sambil berdiri dapat meningkatkan energi dan membangun keterlibatan dengan rekan kerja. Biasakan bekerja sambil berdiri selama lima menit dalam satu jam. Coba dan jadwalkan juga rapat yang dilakukan sambil berdiri!
 

Tips sehat yang kedua adalah mengikuti beberapa aturan berikut.

Jika Anda selalu menatap layar komputer saat sepanjang hari tanpa istirahat, Cobalah untuk menerapkan aturan 20/20/20. Setiap 20 menit, ambil 20 detik dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki. Dokter meyakinkan bahwa dengan melakukan metode ini, kita dapat mengurangi ketegangan mata dan mencegah terjadinya iritasi mata. Mata adalah jendela dunia, jadi sangatlah penting untuk menjaga mata kita tetap sehat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata. Beristirahatlah sebentar setiap kali Anda merasakan bahwa mata Anda lelah. Jauhkan pandangan Anda dari layar dan cobalah menatap tanaman hijau yang segar.
 

Tips sehat yang ketiga adalah melakukan meditasi dan melakukan olahraga ringan.

Kita semua tahu bahwa duduk sepanjang hari akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kita. Selain menerapkan aturan berdiri, sangatlah penting untuk berolahraga secara teratur. Cobalah melakukan latihan dan peregangan sederhana yang dapat dilakukan di meja Anda untuk membuat Anda merasa lebih baik. Luangkan waktu beberapa menit dan bermeditasi untuk menjernihkan pikiran dan fokus dengan lebih baik. Kita semua tahu bahwa dengan bermeditasi, kita dapat meningkatkan fokus dan produktivitas. Jadi, lakukan olahraga sederhana dan lakukan meditasi. Ini akan menyehatkan Anda dan juga membuang dampak negatif yang dapat merugikan. Ketika Anda memiliki tubuh yang sehat Anda akan mampu melakukan apa yang harus dilakukan. Dan, ketika Anda memiliki pikiran yang sehat, Anda akan mampu berpikir jernih dan mengambil keputusan yang tepat.

Tips sehat yang keempat adalah mendapatkan pertukaran udara yang cukup.

Lingkungan kantor yang kotor dapat memicu alergi. Ada banyak juga bentuk reaksi yang didapatkan dari bahan kimia dalam cat, pengencer, perabot kantor, penyegar udara atau karpet. Ini dapat menyebabkan masalah berkelanjutan seperti sakit kepala dan gatal-gatal. Anda mungkin tidak dapat mengubah perabotan dengan yang baru, tetapi, cobalah membiarkan jendela Anda terbuka untuk beberapa waktu setiap hari. Penyegar yang beraroma jeruk dapat membangunkan, mengurangi stres, dan memperbaiki suasana hati Anda. Coba juga keluar dari kantor selama 10 menit setiap hari untuk berjalan-jalan. Itu juga dapat meningkatkan produktivitas Anda. Anda membutuhkan oksigen yang cukup agar otak dapat bekerja maksimal. Sebuah studi menunjukkan bahwa ventilasi yang cukup memadai untuk pertukaran udara dan memiliki tingkat polusi udara yang lebih rendah, dapat membuat kita memiliki kinerja yang lebih baik.
 

Tips sehat yang kelima adalah mengonsumsi makanan dan camilan sehat secara teratur.

Mengonsumsi makanan sehat di tempat kerja sangat berguna untuk menjaga kita memiliki tingkat energi yang tinggi dan berat badan yang stabil dan sehat. Pastikan untuk tidak melewatkan sarapan dan menikmati makanan ringan kecil secara teratur. Jika Anda terpikir untuk memasukkan burger sebagai camilan, cobalah untuk menggantinya dengan kacang, buah segar, yogurt rendah lemak, atau salad. Minumlah air yang cukup, dan batasi konsumsi kafein. Makanan penambah energi seperti almond, kenari, biji bunga matahari, aprikot, dan teh hijau dapat menjadi pilihan yang menarik juga. Apapun itu, pastikan bahwa Anda selalu mengonsumsi makanan dan camilan sehat. 
 
Itulah 5 tips sehat yang dapat meningkatkan kinerja kita. Kesehatan adalah hal mahal yang tidak ternilai. Kita harus menjaga kesehatan masing-masing. Sangat percuma bukan, jika kita memiliki banyak uang namun itu dihabiskan untuk membeli kesehatan. Bekerjalah dengan maksimal, tetapi jangan hiraukan kesehatan Anda. Mari rekan pembaca, kita mulai saat ini untuk lebih peduli dengan kesehatan kita agar kita dapat meningkatkan kinerja dan menikmati kesuksesan kita nantinya dengan kondisi yang prima.

Featured Career Advice