×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara untuk Tetap Semangat dalam Mencapai Tujuan
Motivation

5 Cara untuk Tetap Semangat dalam Mencapai Tujuan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Kami yakin bahwa semua rekan-rekan Career Advice pasti memiliki tujuan hidup yang sangat didambakan. Sayangnya, semangat yang kita miliki belum tentu tetap stabil. Terkadang kita memiliki semangat yang berkobar-kobar, namun terkadang semangat kita menciut seperti api kecil di atas lilin. 
 
Kegiatan yang sangat menyibukkan diri kita, pekerjaan yang mungkin membosankan, rekan kerja yang menjengkelkan, perjalanan ke kantor yang begitu macet dan penuh polusi, dan berbagai hal yang terjadi di dalam kehidupan kita seringkali membuat kita patah semangat dalam mengejar tujuan hidup. 
 
Saat menghadapi hal-hal yang menjengkelkan, mungkin kita sering keceplosan “Aduh, kalau kayak begini terus, rasanya mau menyerah aja deh!” atau “Ah, sampai kapan seperti ini terus?! Udah deh saya lupakan saja tujuan yang saya inginkan!” Duh, jangan biarkan diri kita menyerah ya, rekan-rekan Career Advice. 
 
Nyatanya, tidak semua orang berani memiliki mimpi dan tujuan hidup loh. Jadi, jika rekan-rekan pembaca sudah memiliki tujuan hidup, itu adalah langkah awal yang bagus! Langkah selanjutnya yang perlu rekan pembaca lakukan adalah dengan menjaga semangat Anda dalam mengejar tujuan hidup
 
Tahukah rekan-rekan Career Advice? Salah satu cara untuk berhasil mencapai tujuan adalah tetap menjaga semangat kita loh. Dengan rasa semangat yang tetap terjaga dengan baik, ini akan membuat diri kita tetap terinspirasi. Dan, inspirasi ini akan mendorong kita untuk menjadi seorang yang kreatif, inovatif dan mengalami kemajuan dalam segala hal. 
 
Nah, ada beberapa cara untuk membuat semangat kita tetap terjaga dengan baik, berikut ini adalah cara-cara yang kami maksud, yang bisa diterapkan oleh rekan-rekan pembaca. Yuk, kita simak bersama-sama penjelasannya. 
 

1. Membaca dan Mempraktikkan Petuah Bijak yang Inspirasional.

Manusia cenderung mengingat dan terinspirasi atas segala kalimat-kalimat yang mereka lihat dan mereka baca, tidak terkecuali dengan petuah bijak. Petuah bijak yang dibaca oleh kita dapat membuat kita merasa terilhami dan menjadi lebih semangat seperti orang-orang yang telah berhasil meraih kesuksesan mereka. 
 
Dengan membaca petuah bijak, kita cenderung menerima dan mencerminkan kembali kualitas, gagasan, dan sifat yang kita lihat di sekitar kita setiap harinya. Inilah mengapa penting bagi kita untuk membaca dan mempraktikkan beberapa petuah bijak inspirasional yang menjadi pilihan kita, agar semangat yang kita miliki tetap terjaga. 
 
Jika semangat di dalam diri hilang, bagaimana mungkin kita bisa mencapai tujuan hidup yang kita impikan. Apa yang bisa rekan-rekan Career Advice lakukan? Pilih salah satu atau beberapa orang sukses yang sangat rekan pembaca idolakan. Misalnya, Anda memilih Steve Jobs, Jeff Bezos atau pebisnis Indonesia seperti T.P Rachmat. Cari petuah-petuah bijak yang mereka sampaikan yang sangat menyentuh hati dan pikiran rekan pembaca. 
 
Tempel petuah bijak tersebut di depan kulkas, di depan pintu, atau dimanapun yang sekiranya menjadi titik yang sering rekan pembaca lihat setiap hari. Secara tidak langsung, petuah-petuah bijak tersebut akan masuk ke dalam alam bawah sadar kita. 
 

2. Membuat Daftar Alasan yang Kuat.

Untuk bisa mencapai tujuan hidup yang kita inginkan, kita memerlukan berbagai alasan kuat yang dapat menopang semangat kita untuk tetap berdiri kokoh. Loh mengapa begitu? Karena proses meraih tujuan hidup bisa sangat panjang, dan tidak selalu menawarkan jalan yang mulus. Ada banyak kerikil kecil dan besar yang menjadi rintangan untuk menghalangi kita dari tujuan yang diinginkan. 
 
Nah, daftar alasan yang kita miliki dapat berperan sangat penting untuk mengingatkan kita kembali, “mengapa saya ingin mengejar tujuan hidup ini?” dan “mengapa tujuan-tujuan hidup yang saya miliki ini sangat penting?” kita bisa mengingat-ingat kembali, mengapa kita memulainya dan sudah seberapa jauh kita melangkah untuk mencapai tujuan. 
 
Semakin besar dan tinggi tujuan yang kita miliki, maka alasan yang diperlukan perlu lebih kuat lagi.
 

3. Berteman dengan Orang yang dapat Menginspirasi dan Membimbing Kita.

Perhatikan pola yang terjadi di lingkungan masyarakat kita, orang yang gemar berjudi pasti akan berteman dengan penjudi, orang yang suka berbohong juga akan berteman dengan para penipu. Dalam hal yang positif, para pebisnis pasti akan memilih teman-teman yang sudah menjadi pebisnis sukses, dan orang-orang sukses tentunya akan lebih senang berteman dengan orang sukses juga. Ini terjadi secara alami, seperti hukum alam. 
 
Dengan kata lain, apabila kita ingin menjadi orang baik, maka kita harus berteman dengan orang baik, begitu juga sebaliknya. Nah dalam proses untuk tetap menjaga rasa semangat dalam mengejar tujuan hidup, rekan pembaca perlu berteman dengan orang-orang yang selalu menginspirasi dan mau membantu serta membimbing rekan pembaca untuk bisa menjadi orang sukses dan hebat seperti mereka. 
 
Pilihlah orang-orang terbaik yang akan menjadi teman atau sahabat terdekat kita. Jangan abaikan hal ini, karena orang terdekat kita memiliki pengaruh yang sangat besar dalam sikap dan karakter kita.  
 

4. Tetap Bersyukur dan Berpikir Positif. 

Untuk tetap menjaga rasa semangat yang kita miliki, kita perlu bersyukur dengan segala kondisi yang ada pada diri kita sekarang. Mengapa begitu? Karena seringkali rasa semangat semakin memudar diakibatkan oleh diri kita yang sering membanding-bandingkan diri dengan orang lain. 
 
Perilaku membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kita tidak merasa beruntung seperti orang lain. Akibatnya, kita akan berpikir “mau sekeras apapun usaha yang saya berikan, tetap saja saya tidak akan bisa sehebat dia dan bla bla bla”. Inilah mengapa penting bagi kita untuk tetap bersyukur, karena rasa syukur dapat menciptakan pikiran-pikiran positif yang membantu kita untuk tetap bersemangat dalam mengejar tujuan hidup. 
 

5. Jangan Lupa untuk Berolahraga, Meditasi, dan Bermain.

Dalam mengejar tujuan hidup, akan ada banyak rintangan yang menghadang. Akibatnya, kita akan mudah terjangkit stres dan inspirasi kita menjadi mandek. Ada beberapa kegiatan yang dapat membuat hidup kita lebih berwarna dan mengurangi stres yang kita rasakan. Beberapa kegiatan tersebut antara lain, berolahraga secara rutin, meditasi dan bermain. 
 
Sudah menjadi rahasia umum bahwa berolahraga dapat membantu kita dalam mengurangi tingkat stres. Sama halnya dengan meditasi, meditasi yang dilakukan secara rutin dapat membantu menenangkan pikiran dan hati kita, sehingga rasa semangat akan tetap berkobar di dalam diri kita. Bagaimana dengan bermain? Meskipun rekan-rekan Career Advice memiliki hidup yang sangat serius dalam mengejar tujuan hidup, tapi bermain tetap penting dong! Rekan pembaca bisa bermain dengan teman-teman dekat atau keluarga tercinta. Misalnya, bermain bowling di akhir pekan atau menonton film terbaru di bioskop. 
 
5 cara di atas dapat membantu rekan-rekan Career Advice untuk tetap semangat dan berhasil dalam mencapai tujuan hidup yang rekan pembaca inginkan. Jangan patah semangat dan kobarkan terus api semangat Anda. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice