×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Membentuk Anak-Anak Menjadi Inovator di Masa Depan
Innovation

5 Cara Membentuk Anak-Anak Menjadi Inovator di Masa Depan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Pernahkah Anda berpikir untuk membentuk pribadi anak-anak Anda agar menjadi innovator di masa yang akan datang? Jika memang Anda pernah berpikir untuk melakukan hal ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mewujudkan pemikiran besar ini.  
 

1. Menginspirasi kreativitas mereka

Daripada hanya bermain video game atau menonton kartun, berikan anak-anak Anda alat yang mereka perlukan untuk benar-benar menjadi kreatif. Contohnya seperti, krayon, spidol, kertas berwarna, dan lem. Selain itu Anda juga dapat memberi mereka banyak buku gambar dan materi inspirasional lainnya untuk membuat pikiran mereka berkembang.
 

2. Menyemangati anak anda dari usia dini

Jangan takut untuk mendorong anak-anak Anda untuk keluar dari zona nyaman mereka di usia dini. Anda pasti akan terkejut melihat berapa banyak anak zaman sekarang yang berani untuk melangkah lebih jauh dan lebih kreatif. Ya, mereka ingin mencapai sesuatu yang mereka inginkan, mereka ingin menjadi sukses, dan mereka ingin Anda melihat mereka berhasil melakukannya.
 

3. Mendukung ide-ide mereka

Tidak peduli seberapa gila ide anak-anak Anda, Anda sangat mereka butuhkan untuk mendukung ide-ide mereka. Apa pun itu, jadilah pendukung utama yang terlibat aktif dalam mendengarkan serta mewujudkan ide ‘canggih’ mereka. Namun, jika gagasan mereka tidak berjalan dengan baik, dorongan serta dukungan Anda akan membantu mereka tetap merasa percaya diri. Secara tidak langsung, hal itulah yang sangat mereka butuhkan untuk terus berinovasi di kemudian hari.
 

4. Melibatkan anak-anak Anda di dalam Pekerjaan Anda 

Anda lebih dari sekadar orang tua karena Anda adalah orang yang cerdas serta memikirkan karier Anda. Pastikan untuk melibatkan anak-anak Anda di sisi Anda terutama tentang pekerjaan Anda. Buat mereka terlibat aktif dalam pekerjaan Anda dan luangkan satu atau dua menit untuk memandu mereka melalui apa yang Anda lakukan dalam pekerjaan Anda. Beri tahu mereka alasannya, tunjukkan pada mereka bagaimana caranya, dan biarkan mereka melihat bagaimana kerja keras Anda dapat menghasilkan sebuah kesuksesan sehingga Anda menjadi panutan bagi anak-anak Anda.
 

5. Daftarkan anak-anak Anda pada sebuah program atau kelas

Temukan program-program atau kelas yang mereka sangat inginkan untuk bergabung. Hal ini dapat memberi anak Anda peluang untuk bertemu dengan orang-orang yang berpikiran serupa, serta mengilhami kreativitas dan dorongan batin mereka.

Featured Career Advice