×
STUDILMU Career Advice - 4 Tips Tetap Kreatif dan Inovatif
Innovation

4 Tips Tetap Kreatif dan Inovatif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pengertian Kreatif dan Inovatif

Halo pembaca Career Advice, apakah Anda tetap bersemangat pada hari ini? Saya harap ya, Anda tetap memiliki semangat untuk terus menghasilkan kreativitas dan juga inovasi dalam pekerjaan Anda. Kreativitas dan inovasi adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan perusahaan manapun, baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil, dan itu termasuk perusahaan tempat Anda bekerja sekarang. Kreatif adalah proses sebuah mental yang melibatkan penampilan ide atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada. Arti kreatif juga dapat didefinisikan sebagai suatu kemampuan dalam menciptakan hal-hal baru atau cara-cara baru yang berbeda dari sesuatu yang sudah ada sebelumnya. Secara etimologis, kata “Kreatif” berasal dari bahasa Inggri yaitu “to create” yang artinya membuat atau menciptakan. Sehingga arti kreatif adalah kemampuan dalam menciptakan suatu ide dan konsep dalam memecahkan suatu masalah.
 
Inovatif adalah proses dari pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki proses produk, atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti. 
 
Tetapi, bagaimana Anda bisa menjadi lebih kreatif? Bagaimana Anda membuat inovasi terus mengalir, dan ide-ide baru terus mengalir, terutama ketika Anda merasa tugas sehari-hari telah membuat Anda terbiasa? Inovasi adalah kebiasaan yang dapat Anda praktikkan dan menjadi lebih mudah jika Anda mengarahkan pikiran Anda untuk menemukan cara untuk menghasilkan ide-ide baru. Ada kegiatan dan sikap teratur yang akan membantu Anda tetap kreatif dan inovatif.
 

4 Tips Kreatif dan Inovatif

Berikut adalah empat tips yang dapat Anda lakukan setiap minggu untuk menjaga agar energi kreatif dan inovatif tetap tinggi:
 

1. Mintalah Masukan dan Ide dari Semua Orang.

Tim Anda mungkin hanya memiliki dua atau tiga orang yang bekerja di dalamnya, tetapi itu tidak berarti Anda semua berpikir persis sama. Setiap orang berpikir secara berbeda. Orang-orang dengan latar belakang, kepribadian, dan minat yang berbeda membawa kontribusi yang berbeda ketika mendiskusikan ide-ide baru. Jadi, jangan abaikan sumber daya yang berada di kantor Anda.
 
Ajaklah anggota tim berpartisipasi dalam sebuah proyek dan biarkan mereka memberikan ide-ide yang dimiliki. Tuliskan ide-ide tersebut dan pikirkan bersama-sama dengan tim, Anda akan melihat betapa banyak ide yang muncul. Ide-ide dapat menjadi landasan Anda dalam menentukan keputusan. 
 

2. Ajukan Banyak Pertanyaan.

Semakin banyak pertanyaan yang Anda ajukan, semakin besar peluang untuk menemukan sesuatu yang baru atau menghubungkan dua hal yang belum terhubung sebelumnya. Tahukah Anda bahwa para inovator adalah orang-orang yang lahir dari rasa penasaran yang tinggi? Mereka suka menyatukan dua hal untuk menciptakan satu, menyelesaikan masalah, dan berlatih melihat sesuatu secara berbeda. Tantang diri Anda dan metode penyelesaian masalah yang ada. Dan, ketika sesuatu tampak mustahil, ajukan pertanyaan yang mustahil.
 
Pertanyaan-pertanyaan yang mustahil ini akan membawa Anda kepada sebuah pencarian yang mengasah kreativitas dan inovasi dalam diri Anda. semakin Anda berusaha menggali lebih dalam, semakin banyak yang akan Anda temukan nantinya. Jadi, hindarilah perasaan sungkan untuk mencari tahu jawaban yang Anda perlukan.

3. Beri Batasan Pada Diri Anda Sendiri.

Ini mungkin tampak seperti jalan aneh untuk kreativitas, tetapi ini sangat efektif. Bahkan, pendiri Twitter telah mengklaim bahwa daya tarik layanan berasal dari batas 140 karakter yang memaksa orang untuk menjadi kreatif dan ringkas. Langkah kecil dan terukur dapat membantu mendorong inovasi. Jangan terburu-buru untuk melakukan terlalu banyak hal sekaligus. Ini tidak selalu baik. Buatlah hal kecil yang sederhana dan dapat diukur. Dengan terus setia mengerjakan hal-hal kecil yang Anda anggap tidak berdampak, justru Anda sedang membawa diri Anda pada sebuah pengalaman besar. Setiap hal besar lahir dari hal-hal kecil yang berhasil Anda tuntaskan.  
 

4. Buat Diri Anda Tidak Nyaman.

Anda pasti sering mendengar perkataan ‘Keluar dari zona nyaman’. Namun tahukah, bahwa keluar dari zona nyaman merupakan langkah awal munculnya ide-ide cemerlang yang Anda miliki? Inilah sebabnya mengapa kegiatan di luar zona nyaman seperti melakukan improvisasi dapat memberi Anda dorongan kreativitas. 
 
Ketika Anda merasa tidak nyaman, tubuh Anda harus bereaksi berbeda dari biasanya. Ini dapat membawa ide-ide baru tidak hanya pada penemuan atau bisnismu, tetapi juga dalam hidupmu. Perubahan membantu otakmu mempelajari topik baru dan menjadi lebih ingin tahu. Kamu dapat melakukan lompatan ke arah baru untuk menemukan ide-ide baru.
 
Bagaimana Anda dapat menentukan bahwa Anda berada di zona nyaman atau tidak? Jika Anda adalah seseorang yang memiliki rutinitas, buat diri Anda tidak nyaman dan ubah rutinitas Anda. Adakah satu hal yang terus-menerus membuat Anda nyaman dan tidak ingin mengubahnya? Mungkin Anda mengendarai dengan cara yang sama untuk bekerja setiap hari atau Anda mengambil jalur yang sama selama berjalan. Pilih jalur yang berbeda dan perhatikan hal-hal baru di sekeliling Anda. keluarkan ide yang Anda miliki lalu berbicaralah dengan keras kepada diri sendiri. Meskipun ini mungkin tampak aneh, buatlah diri Anda tidak nyaman dengan membicarakan ide-ide tersebut dengan keras dan kencang. Anda mungkin akan terkejut dengan ide-ide yang keluar dari mulutmu.
 
Jika Anda tidak nyaman dalam situasi sosial, bawalah diri Anda ke sana dan hadiri acara jejaring di mana Anda tidak mengenal siapapun. Keluarlah dari zona nyaman Anda dan manfaatkan acara tersebut untuk berbicara dengan sebanyak mungkin orang. Jika Anda melakukannya, kreativitas Anda akan bertumbuh, dan tentunya ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan juga
 
Itulah keempat tips untuk tetap menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang Anda miliki. Anda memerlukan cara yang tepat untuk mengasah kreativitas dan inovasi. Ingatlah, mereka didapatkan dari sebuah hal diluar jangkauan Anda. Temukan ide-ide terbaik dari orang-orang disekitar Anda, cari tahu jawaban atas setiap pertanyaan-pertanyaan yang terlihat mustahil, setia melakukan hal-hal kecil dan keluar dari zona nyaman Anda. Selamat menumbuhkan kreativitas dan inovasi tanpa batas, pembaca Career Advice. 
 
Jika ingin menyelenggarakan Program Pelatihan Kreativitas atau Inovasi, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com 

Featured Career Advice