Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 4 Alasan Menyelenggarakan Acara Kantor Sangat Penting

4 Alasan Menyelenggarakan Acara Kantor Sangat Penting


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Acara kantor? Siapa coba yang tidak tahu dengan acara kantor yang selalu dijadikan agenda rutin di dalam suatu organisasi atau perusahaan. Biasanya, anggaran untuk acara kantor selalu diprioritaskan dalam pembuatan budget tahunan, sehingga seringkali menjadi bagian pertama yang dipotong dari anggaran perusahaan untuk menghemat biaya pengeluaran. Sebagian orang masih menganggap bahwa acara kantor adalah hal yang sangat tidak perlu untuk diselenggarakan. Ada yang bilang itu hanya membuang-buang anggaran perusahaan saja, bahkan sebagian orang juga menganggap bahwa acara kantor hanya membuat pekerjaan mereka menjadi terbengkalai. 
 
Pada artikel kali ini, kami akan membahas sisi lain dari acara kantor yang mungkin belum pernah diketahui oleh kebanyakan orang. Jadi, artikel ini akan membahas tentang alasan apa saja yang membuat acara kantor menjadi suatu kegiatan yang sangat penting untuk diselenggarakan secara rutin. 

Apa Saja Alasan yang Membuat Acara Kantor Menjadi Kegiatan yang Sangat Penting? 
Acara kantor adalah suatu ajang yang berperan lebih dari sekedar kesempatan bagi semua karyawan untuk berkumpul dan saling berinteraksi. Acara kantor biasanya diselenggarakan dalam bentuk makan malam di penghujung tahun, acara penghargaan tahunan untuk para karyawan unggul, acara jalan-jalan pertengahan tahun atau akhir tahun, pesta ulang tahun perusahaan atau organisasi, pesta atau perayaan hari-hari besar seperti halal bihalal Idul Fitri atau Natal, dan lain sebagainya. 
 
Semua acara kantor yang kami sebutkan di atas dapat membantu: 
- Mempromosikan kreativitas.
- Validasi karyawan.
- Meningkatkan moral (semangat) perusahaan. 
- Membuat Tim Kerja menjadi lebih baik, lebih fokus dan lebih kompak. 
 
Salah satu studi yang dilakukan oleh APCO Insight dan MMB menunjukkan bahwa 400 pemilik usaha kecil setuju bahwa acara kantor dapat memberikan kontribusi sebanyak 96% untuk menghasilkan ROI (Return on Investment) atau profit yang positif. Dengan kata lain, ketika suatu organisasi atau perusahaan berfokus pada penyelenggaraan acara kantor, maka sebenarnya perusahaan tersebut sedang membangun investasi yang kuat. 
 
Berinvestasi pada acara kantor sama saja dengan berinvestasi dalam promosi pemasaran produk atau merekrut karyawan-karyawan baru yang unggul. Tidak peduli apakah perusahaan kita adalah perusahaan besar atau kecil, pengadaan acara kantor akan membawa manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Menurut website hello endless, ada 4 alasan utama mengapa penyelenggaraan acara kantor sangatlah penting dan kita perlu memulainya dari sekarang. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 

1. Acara Kantor dapat Meningkatkan Budaya Perusahaan. 
Sebelum melangkah jauh ke dalam pembahasan poin pertama ini, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui makna “budaya perusahaan”. Menurut website entrepreneur dot com, budaya perusahaan adalah perpaduan dari nilai-nilai, norma-norma, kepercayaan (beliefs), simbol dan hal-hal dasar yang dikembangkan oleh setiap perusahaan dari waktu ke waktu. Budaya perusahaan diperkuat secara terus-menerus melalui kegiatan sehari-hari dan pola pikir perusahaan yang dijalankan oleh orang-orang di dalamnya. Pada poin pertama ini, kita akan memahami bahwa budaya perusahaan memiliki keterkaitan yang kuat dengan acara kantor. 
 
Alasan pertama yang perlu kita garis bawahi mengapa acara kantor menjadi ajang pertemuan karyawan yang sangat penting adalah acara kantor dapat membantu kita untuk mempromosikan budaya perusahaan dan juga meningkatkannya. Terlebih lagi, para karyawan baru mungkin masih sedikit bingung dengan budaya perusahaan yang berlaku di tempat kerjanya. Nah, inilah acara yang sangat penting untuk membuat mereka lebih memahami dan membantu meningkatkan budaya perusahaan. 
 
Fakta membuktikan bahwa acara kantor dapat melibatkan karyawan pada nilai-nilai inti dan budaya perusahaan yang ada. Ketika karyawan merasa dilibatkan dalam peningkatan budaya perusahaan, laporan survei mengatakan bahwa 87% karyawan yang terlibat memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk resign atau meninggalkan perusahaan mereka. Secara tidak langsung, acara kantor yang seru membuat para karyawan semakin merasa bahagia dan nyaman untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
 
Tidak hanya itu, acara kantor seperti acara penghargaan tahunan untuk para karyawan unggul juga akan memberi validasi kepada para karyawan. Para pemimpin perusahaan dapat memberikan penghargaan atas kinerja keras mereka dan para karyawan unggul ini membantu perusahaan untuk mencontohkan budaya perusahaan dan nilai-nilai penting lainnya kepada karyawan lain. Karyawan unggul akan merasa bahwa mereka telah memberikan dampak positif bagi perkembangan perusahaan dan penghargaan tersebut akan membuat mereka merasa dihargai dan penting. Hasilnya, pemberian penghargaan pada acara kantor bukan hanya meningkatkan budaya perusahaan namun juga memberi validasi yang kuat dan meningkatkan produktivitas karyawan. 
 
Selain dari semua itu, acara kantor juga akan membuat karyawan merasa lebih terlibat dengan perusahaan. Studi yang dilakukan oleh Gallup menunjukkan bahwa karyawan yang merasa tidak terlibat hanya bekerja untuk mendapatkan gaji saja, sedangkan mereka yang merasa terlibat dengan perusahaan akan menjadi karyawan yang lebih aktif berkontribusi untuk kemajuan perusahaan. 
 
2. Acara Kantor dapat Membantu Mempromosikan Kreativitas. 
Alasan kedua mengapa acara kantor sangatlah penting adalah acara kantor dapat membawa para karyawan untuk keluar dari zona aman mereka, sehingga kondisi ini akan mendorong mereka untuk berpikir di luar batas (out of the box). Acara kantor seru akan membuat seorang akuntan yang biasanya hanya berhadapan dengan angka-angka, kini harus mendorong ide-ide kreatif dari dalam pikirannya ketika dirinya terpilih menjadi bagian dari divisi acara untuk acara kantor. Misalnya, memikirkan games seru untuk acara gathering kantor indoor. 
 
Karyawan akan berkesempatan untuk berbicara dan berinteraksi dengan karyawan lainnya dari departemen yang berbeda, sehingga mereka bisa saling berkolaborasi dalam mengadakan acara kantor. Kolaborasi akan mendorong kreativitas dan ide-ide orisinal baru yang sangat bermanfaat untuk pengembangan perusahaan. Mengapa demikian? Karena kolaborasi akan membantu kita untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Acara kantor akan membuka pikiran semua orang yang terlibat bahwa produktif saja tidak cukup, namun kita juga perlu menjadi kreatif untuk membawa inovasi-inovasi baru bagi perusahaan. 

3. Acara Kantor dapat Membangun Kekuatan Tim Menjadi Lebih Kuat. 
Benarkah acara kantor dapat menciptakan kekuatan tim yang lebih kuat dan kompak? Tentu saja ya. Acara kantor memberi kesempatan untuk semua karyawan menjadi lebih dekat dan lebih mengenal rekan-rekan kerjanya daripada waktu sebelumnya. Mereka akan bergabung dalam satu tim, mengerjakan tugas-tugas baru yang mungkin saja belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya, memikirkan ide performance untuk acara kantor, ide-ide games dan games seru untuk acara gathering kantor, membuat desain yang elegan untuk acara kantor, menyusun pidato untuk pembicara utama dalam acara kantor, dan lain sebagainya. Apalagi jika tim yang mereka miliki adalah tim yang solid dan kompak, kami dapat memastikan bahwa karyawan yang terlibat di dalam tim tersebut akan merasa semakin bersemangat untuk datang bekerja dan memberikan kinerja terbaik mereka dalam menyelesaikan setiap proyek kerja yang dimiliki. 
 
Acara kantor juga akan memperkuat hubungan antara pemimpin dan karyawan. Kita dapat menghancurkan kesenjangan hubungan ini dengan mengadakan acara kantor, dimana para karyawan akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara lebih dengan para atasannya. Misalnya, karyawan berdiskusi dengan bosnya tentang anggaran acara kantor. Tentu saja diskusi tersebut tidak hanya berjalan satu kali saja, namun bisa beberapa kali dan bentuk interaksi ini dapat mendekatkan karyawan dan bosnya. Faktanya, beberapa karyawan sangat menantikan acara kantor karena ini adalah satu-satunya ajang mereka dapat berinteraksi dengan bos mereka dalam suasana yang lebih santai.
 
Coba saja kita pikirkan, pada saat kapan kita bisa melihat CEO pergi jalan-jalan di pertengahan tahun bersama karyawannya? Tentu saja jawabannya pada saat ada acara kantor. CEO dan karyawannya bisa menghadiri acara kantor puncak bersama-sama. Kekuatan tim akan menjadi lebih kuat karena pada acara kantor, setiap orang akan merasa lebih nyaman dalam mengemukakan pendapat dan ide-ide cemerlang. Pada saat diskusi, karyawan dapat menikmati waktu lebih santai dalam membangun hubungan satu sama lain. Mereka juga bisa membincangkan ide-ide acara kantor di luar jam kantor, misalnya pergi minum kopi bersama dan mendiskusikan rencana acara kantor. Dengan berbicara dan menghabiskan waktu bersama di luar kantor, para karyawan akan terdorong untuk bekerja sama dan membangun kekuatan tim yang lebih kuat. 

4. Acara Kantor dapat Meningkatkan Semangat (Moral) Perusahaan. 
Acara kantor sudah terbukti dapat menurunkan rasa stres yang selama ini mungkin dirasakan oleh para karyawan. Tumpukan tugas kerja, komplain dari para klien, tenggat waktu yang semakin mencekik, semuanya dapat berhenti sejenak saat acara kantor dimulai. Melalui acara kantor, karyawan akan menikmati waktunya untuk bersantai dan bersenang-senang dengan rekan-rekan kerjanya yang lain, sehingga ketika mereka harus kembali bekerja lagi nanti, karyawan akan memiliki rasa semangat yang lebih tinggi untuk bekerja. Ketika karyawan memiliki rasa semangat yang tinggi, maka mereka akan lebih termotivasi dan tingkat produktivitas mereka akan semakin meningkat. 
 
Setelah membaca artikel di atas, kita dapat semakin memahami dan meyakini bahwa pengadaan acara kantor memang memiliki dampak positif yang sangat baik bagi perusahaan melalui budaya perusahaan yang semakin meningkat, kreativitas karyawan yang semakin melaju tinggi, kekuatan tim kerja yang semakin kuat dan semangat (moral) perusahaan yang juga semakin meningkat. Selamat mengadakan acara kantor ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advice
10 Cara Membangun Customer Engagement

Customer Service

10 Cara Membangun Customer Engagement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

Self Improvement

3 Kesalahan Kerja yang Mempengaruhi Kredibilitas Kerja

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Leadership

6 Gaya Kepemimpinan dalam Menjadi Manajer yang Efektif

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

Entrepreneurship

Mengapa Anak-Anak Harus Diajarkan Pola Pikir Kewirausahaan?

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Marketing & Sales

4 Cara Membangun Merek yang Menarik Perhatian Gen Z dan Milenial

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

Self Improvement

Bagaimana Rasa Syukur dapat Memperbaiki Kondisi Finansial Anda?

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

Self Improvement

10 Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan yang Kita Miliki

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Motivation

7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

Happiness

Bagaimana Cara Tetap Merasa Bahagia Walau Tanpa Uang Banyak?

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

Entrepreneurship

5 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pensiunan

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Self Improvement

4 Cara Bertanggung Jawab terhadap Hidup yang Kita Miliki

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

Innovation

Pengertian Creative Thinking dan Contoh Keterampilannya

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

Leadership

5 Tanda Bisnis Anda Memerlukan Staf Human Resource

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

Generation Millennials & Z

5 Cara Merangkul Konsumen Generasi Millennial melalui Instagram

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

Resume & Interviewing

13 Tips Ampuh untuk Merekrut Karyawan yang Berkualitas Tinggi

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

Self Improvement

4 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menjadi Penulis Freelance

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Entrepreneurship

4 Pertanyaan Penting dalam Memilih Ide Bisnis yang Tepat

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

Leadership

4 Tren Teratas Bidang Human Resource di Tahun 2020

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

Entrepreneurship

3 Cara Memastikan Ide Bisnis Rumahan Kita adalah yang Terbaik

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

Entrepreneurship

5 Alasan Pentingnya Rencana Bisnis Ketika Memulai Usaha

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

Productivity

8 Tips untuk Menyewa Kantor Anda Pertama Kalinya

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

Customer Service

3 Hal yang Diperlukan untuk Customer Service yang Berkelanjutan

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

Innovation

4 Cara Meningkatkan Creative Thinking untuk Meraih Kesuksesan

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

Emotional Intelligence

8 Kecerdasan Emosional yang Membantu Kita Melupakan Masa Lalu

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

Marketing & Sales

7 Cara Membuat Presentasi Penjualan yang Hebat

3 Cara Meraih Kebahagiaan dengan Menerima Diri Sendiri Apa Adanya