Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Latihan Kreativitas untuk Mencari Semangat Hidup

5 Latihan Kreativitas untuk Mencari Semangat Hidup


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Pernah ga sih ketika kita sedang merasa tidak bersemangat dan demotivasi, kita bertanya-tanya “harus dengan cara apa ya bisa mendapatkan semangat hidup kembali?” Semangat hidup atau yang biasa kita sebut sebagai passion, memang perlu dicari sampai dapat. Sesuatu yang bisa membuat kita sangat bersemangat akan membantu kita untuk meraih kesuksesan yang kita inginkan. 
 
Misalnya, saya selalu memiliki semangat hidup yang tinggi ketika berbicara di depan orang banyak dan mengajarkan suatu materi yang bagi saya sangat ahli di dalamnya. Akhirnya, saya tahu bahwa semangat hidup saya akan muncul ketika saya bekerja sebagai seorang pelatih atau trainer. 
 
Saya merasa sangat beruntung karena pada akhirnya saya tahu apa yang membuat saya sangat bersemangat di dalam hidup. Sayangnya, tidak semua orang seberuntung saya. Masih banyak orang yang kehilangan arah atau merasa kebingungan dalam mencari jati diri dan semangat hidup mereka. 
Apabila situasi ini juga terjadi pada rekan-rekan Career Advice, mungkin kami bisa membantu rekan-rekan pembaca melalui penjelasan penting di bawah ini. Berikut ini adalah 5 latihan kreativitas yang bisa kita terapkan untuk mencari semangat hidup. 

Latihan Pertama: Apa yang Paling Suka Dilakukan oleh Kita dari Semenjak Kecil?

Masa kecil adalah masa-masa bahagia yang penuh dengan kepolosan, kejujuran dan ketulusan. Seorang anak kecil tidak akan pernah berbohong atas apa yang mereka sukai dan apa yang mereka benci.
 
Kebanyakan orang-orang sukses selalu melakukan segala hal yang mereka sukai semenjak kecil dan dijadikan sebuah kebiasaan atau bahkan profesi ketika mereka beranjak dewasa. Mari kita ambil contoh penyanyi cantik Indonesia yang bernama Raisa. Duh, siapa sih yang tidak kenal dengan artis cantik dan bersuara emas ini?
 
Raisa mengaku bahwa sejak kecil dia sudah suka menyanyi. Lagu-lagu yang suka dinyanyikan oleh Raisa adalah lagu-lagu Disney. Ketika bernyanyi, Raisa menemukan semangat hidupnya kembali. Dia menjadi semakin termotivasi dan kehidupan menjadi semakin indah baginya. Coba kita tanyakan para penulis sukses, apa yang paling mereka sukai semenjak kecil? Jawabannya mungkin suka berimajinasi, suka menulis cerpen atau menceritakan kisah-kisah lucu kepada orang lain. Jadi, karena semua latihan kreativitas yang kita sukai dari kecil dapat memberikan semangat hidup bagi kita, yuk kita coba ingat-ingat lagi apa yang paling kita sukai sejak dari kecil. 
 

Latihan Kedua: Membuat Papan Kreativitas. 

Latihan kreativitas kedua yang bisa menciptakan semangat hidup adalah membuat papan kreativitas semau kita. Papan kreativitas ini tujuannya untuk menempel atau menulis semua hal yang membuat kita bersemangat dengan kehidupan kita. 
 
Misalnya, rekan pembaca menjadi sangat bersemangat ketika berimajinasi untuk jalan-jalan mengelilingi Indonesia. Rekan pembaca bisa meletakkan gambar peta Indonesia dan sisipkan tulisan di sampingnya, “Suatu hari saya akan pergi berkeliling Indonesia!”.
 
Tulis dan tempel gambar apapun yang rekan pembaca inginkan, yang pastinya membuat semangat hidup kita bergelora. Ini adalah aktivitas yang sangat menyenangkan dan akan membawa kita pada jati diri yang diinginkan.

Latihan Ketiga: Mengelilingi Diri dengan Orang-orang Tersayang. 

Tidak dapat disangkal lagi bahwa orang-orang spesial yang sangat kita sayangi dapat membawa kebahagiaan dan menyalakan semangat hidup kita kembali. Di latihan kreativitas ketiga ini, kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk selalu meluangkan waktu bersama mereka. 
 
Ketika rekan-rekan pembaca sedang bersama mereka, buatlah suasana menjadi sangat menyenangkan dengan kegiatan-kegiatan yang unik dan membahagiakan. Misalnya, berkumpul dan pergi berpiknik bersama keluarga. 
 
Kelebihan lain dari meluangkan waktu bersama orang-orang tersayang adalah membuat kita semakin bersemangat dan yakin bahwa kita dapat mencapai segala tujuan hidup yang kita miliki. 

Latihan Keempat: Melakukan Segala Hal yang Kita Sukai, Mulai dari Sekarang! 

Bagaimana kita bisa mendapatkan semangat hidup, jika diri sendiri tidak mau mencoba melakukan hal-hal yang kita sukai? Tentu saja semuanya akan menjadi terasa berat dan waktu akan terasa lambat, ketika kita mengerjakan sesuatu yang tidak kita sukai. 
 
Latihan kreativitas keempat bisa dengan menuliskan kegiatan-kegiatan bermanfaat apa saja yang sangat kita sukai. Ada 3 ciri kegiatan yang kita sukai dan dapat membawa semangat hidup yaitu: Pertama, ketika kita mengerjakannya, waktu akan terasa sangat cepat. Kedua, kita rela melakukannya, meskipun tidak mendapat bayaran apapun. Ketiga, kita tidak pernah bosan melakukan kegiatan tersebut.   
 
Setelah mengetahui kegiatan apa saja yang kita sukai, maka mulailah melakukannya dari sekarang.

Latihan Kelima: Beristirahat Sejenak dari Kesibukan Kerja.

Mungkin segala kesibukan kerja yang kita hadapi di kantor telah membawa kita ke dalam penurunan semangat yang sangat drastis. Cobalah untuk merilekskan otak dan pikiran kita terlebih dahulu. Misalnya, ambil cuti seminggu, tanpa membawa pekerjaan kantor satupun! Pergi jalan-jalan ke suatu tempat yang sangat ingin kita kunjungi dari dulu. Tenangkan pikiran selama disana, dan mulailah mencari ide-ide cemerlang baru untuk kehidupan kita selanjutnya. 
 
Kita tidak harus memikirkan ide-ide tentang bisnis atau pekerjaan, ini bisa tentang segala hal. Manjakan diri kita dengan menumbuhkan kembali semangat hidup yang sempat sirna dari peredaran. 
 
Ketika kita kembali bekerja di kantor, pikiran kita akan kembali jernih, badan akan semakin rileks dan semangat hidup akan kembali seperti semula.
 
Nah, itu dia 5 latihan kreativitas yang bisa kita terapkan untuk mencari semangat hidup yang sempat menghilang. Semuanya perlu dimulai dari diri kita sendiri. Entah itu tentang kebahagiaan, semangat hidup, bahkan kesuksesan, semuanya harus dimulai dari dalam diri kita untuk meraih dan mendapatkannya. Yuk, kita mulai terapkan 5 latihan kreativitas tersebut. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.