Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Tips Mengatasi Kebosanan Dalam Pekerjaan

3 Tips Mengatasi Kebosanan Dalam Pekerjaan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Apakah Anda telah memiliki pekerjaan yang bagus, dengan gaji yang memuaskan dan waktu kerja yang fleksibel? Apakah Anda memilki pekerjaan yang memberikan Anda sebuah kesempatan untuk berkembang dengan pesat? Jika ya, itu merupakan hal baik yang diimpikan oleh banyak orang. Namun, bagaimana jika rasa bosan muncul saat Anda menjalani pekerjaan dengan banyak keuntungan tersebut? Apakah yang harus Anda lakukan? Haruskah Anda mencari pekerjaan baru lainnya?.
 
Masalah ini dapat muncul dan dapat memberikan rasa kecewa saat Anda meninggalkan pekerjaan tersebut dan mengetahui bahwa peran Anda saat ini adalah yang terbaik untuk Anda. Tetapi mungkin yang Anda butuhkan bukanlah pekerjaan yang berbeda atau "lebih baik". Anda membutuhkan suasana yang berada di luar pola kerja tradisional, dan terletak di suatu ruang lingkup karier Anda yang lebih luas. Terkadang hal yang Anda cari terjadi setelah Anda mengerahkan cara untuk menemukannya.
 
Jadi bagaimana Anda menemukan sesuatu yang hilang dan melupakan kebosanan? Berikut terdapat tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kebosanan Anda akan pekerjaan Anda:
 
1. Mulailah proyek sampingan
Jika memulai proyek baru di tempat kerja tidak memberi Anda stimulasi yang Anda inginkan, pertimbangkan untuk memulai sesuatu di luar kantor. Bekerja pada proyek yang sama sekali tidak terkait dengan pekerjaan pukul 9-ke-5 Anda, dapat membuka minat baru dan memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang bidang lain yang berpotensi dapat ditransfer. 
 
Tidak harus menjadi ide bisnis; itu bisa berupa blog, situs web fotografi, atau mungkin berkebun. Apa yang Anda minati saat Anda tidak bekerja? Hobi atau gairah apa yang Anda miliki sehingga Anda berpotensi berubah menjadi pertunjukan sampingan?.
 
Mungkin alasan Anda enggan untuk melamar pekerjaan lain adalah karena pekerjaan-pekerjaan tersebut terlihat sama dan serupa dengan yang Anda lakukan sekarang. Dan jika Anda tidak antusias dengan pekerjaan Anda saat ini, hal yang itu-itu saja tidak akan berhasil untuk menstimulus Anda memiliki semangat yang baru.  
 
2. Berpartisipasi menjadi relawan
Anda mungkin sering mendengar ataupun melihat kata "sukarelawan" dan hal yang segera ada di pikiran Anda adalah sebuah pekerjaan di dapur umum. Meskipun kata tersebut beraitan dengan pekerjaan itu, kata tersebut berbeda dengan hal yang ingin dibicarakan disini. Tanyakan pada diri Anda hal yang dekat dengan hati Anda untuk dilakukan sebagai suatu pekerjaan yang tidak dibayar.
 
Apapun bentuknya, menjadi seorang sukarelawan akan membawa Anda akan bertemu dengan orang-orang dan tujuan-tujuan baru dan mungkin meringankan sebagian ketidakpuasan Anda secara umum. Menemukan kepuasan di luar pekerjaan adalah hal yang baik dan penting untuk dilakukan sampai Anda siap untuk mendapatkan promosi atau mencari pekerjaan baru yang dapat membuat Anda lebih mudah dalam menjalaninya.

3. Pergilah berlibur ke tempat yang terpencil bahkan yang tidak terdapat listrik
Jika Anda sedang mengeksplorasi pekerjaan yang berbeda atau berkomitmen untuk mempelajari keterampilan baru ketika Anda memiliki kewajiban pada pekerjaan Anda, terlepas dari seberapa fleksibel jadwal Anda merupakan sebuah hal yang sulit. Jadi jika Anda memiliki cuti yang tersisa untuk cadangan, pertimbangkan untuk mengambil liburan yang benar-benar bebas dari listrik.
 
Memisahkan diri Anda dari pekerjaan selama setidaknya satu minggu dan berkomitmen untuk menjauh dari pesan ataupun email di kotak masuk Anda (sebisa mungkin) akan membantu Anda menjernihkan pikiran sehingga Anda mungkin bisa, mungkin saja, menemukan panggilan hidup Anda.
 
Ketika Anda menyadari bahwa pekerjaan hebat yang Anda miliki tidak memberikan dampak positif lagi untuk Anda lagi ataupun Anda sulit untuk melihat hikmahnya. Tetapi pikirkan tentang hal ini: Anda berhasil dipekerjakan dengan jadwal kerja yang fleksibilitas. Apapun alasan Anda untuk keluar dari kebiasaan yang Anda lakukan dalam karier Anda, jangan mengabaikan fakta bahwa gaji tetap menjadi faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Jika pekerjaan Anda memiliki gaji yang yang baik, berpikirlah dua kali sebelum Anda benar-benar meninggalkannya.
 
Anda akan tahu waktu yang tepat untuk Anda mencapai titik puncak, dan ketika itu terjadi, Anda akan memiliki motivasi terbaik yang Anda miliki untuk mencari sebuah promosi atau melakukan pertunjukan yang lebih baik dan menantang di tempat lain. Sementara itu, ada banyak cara untuk tetap menggunakan melangkah dalam karier Anda. Pastikanlah bahwa kebosanan bukan hal utama yang semata-mata menjadi alasan untuk Anda meninggalkan pekerjaan Anda.
 
Pertimbangkankan lagi hal-hal lain yang menjadi kelebihan dari pekerjaan Anda. Namun, jika Anda telah melihat dari berbagai sisi dan Anda tidak menemukan lagi hal baik yang dapat Anda dapatkan dari pekerjaan tersebut, carilah sebuah kesempatan baru yang dapat membuat Anda melangkah lebih pasti dan lebih menceriakan hari-hari Anda.