STUDILMU Career Advice - 3 Cara Menemukan Karier yang Anda Minati

3 Cara Menemukan Karier yang Anda Minati


by Studilmu Editor
Posted on Feb 16, 2019

 
Menemukan karier yang sesuai dengan minat Anda tidaklah mudah. Anda bahkan tidak tahu posisi Anda dalam 5 tahun ke depan.  Bagaimana Anda dapat menemukan hal yang ingin Anda lakukan selama sisa hidup Anda?
 
Anda pasti bukan satu-satunya yang mengajukan pertanyaan ini. Menurut jajak pendapat para ahli, 70% orang tidak terlalu bersemangat tentang pekerjaan mereka. Itu tidak berarti bahwa Anda harus puas jika Anda dapat menemukan karier yang sesuai dengan minat Anda. Anda hanya harus terbuka terhadap petunjuk (dan perilaku Anda sendiri) yang akan memandu Anda menuju jenis pekerjaan yang akan membuat Anda ingin mencurahkan 40+ jam dari minggu Anda ke pekerjaan tersebut.
Berikut adalah 3 langkah untuk menemukan jawaban atas salah satu pertanyaan paling sulit dalam hidup.
 
1. Berhenti berkata, “Saya rasa saya tidak ingin melakukan itu.”
Sampai batas tertentu, Anda cukup mengenal diri sendiri untuk mengidentifikasi hal yang Anda sukai. Di sisi lain, itu tidak berarti Anda harus mengesampingkan peluang baru yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Masa perkuliahan adalah kesempatan Anda untuk mencoba sebanyak mungkin hal, jadi bergabunglah dengan sebuah organisasi, atau pilih kelas yang benar-benar berbeda dari jurusan Anda. Anda dapat menemukan minat baru hanya dengan membuka diri untuk minat tersebut.
 
2. Sering kali, hal-hal yang Anda kuasai adalah hal-hal yang akan membuat Anda bahagia.
Apa kelas favoritmu? Apa jenis proyek yang membuat Anda bersemangat? Saat Anda merasa berkontribusi langsung terhadap sesuatu (dan melakukan pekerjaan yang hebat), itu sangat memuaskan. Mintalah pendapat dari teman, profesor, dan keluarga Anda tentang kekuatan Anda sehingga Anda memiliki gagasan yang lebih baik tentang area yang benar-benar dapat Anda taklukkan.

3. Apa yang Anda lakukan di waktu luang Anda?
Pernahkah Anda mendengar tentang prokrastinasi produktif? Ini adalah hal yang dapat membantu Anda dalam mengarahkan diri Anda ke minat yang Anda miliki. Apa yang Anda lakukan di luar kelas, atau mungkin bahkan saat di kelas? Jika Anda memiliki kegiatan ekstrakurikuler lebih dari 1, cari tahulah ekstrakurikuler yang tidak akan pernah Anda lewatkan, tidak peduli dengan banyaknya waktu yang dihabiskan dalam ekstrakurikuler tersebut. Pikirkan tentang hal-hal yang Anda suka lakukan di waktu luang Anda, dan lihat keterkaitan kegiatan Anda tersebut dengan karier Anda. Paling tidak, lihatlah aspek tertentu dari minat Anda, seperti bekerja dalam tim atau kreativitas yang juga berlaku untuk pekerjaan yang Anda lamar.
 
Hal apa yang dapat Anda pelajari? Menemukan karier yang sesuai dengan minat yang Anda miliki membutuhkan banyak usaha (mungkin Anda harus mencoba, lalu salah dan mencoba lagi). Tetapi tidak ada pekerjaan yang hanya membuang-buang waktu. Saat Anda mengerjakan sebuah pekerjaan, Anda mungkin akan senang dengan hal yang Anda lakukan, atau Anda akan mendapatkan pengalaman belajar yang berharga yang akan menuntun Anda dalam menentukan karier Anda di masa depan. 

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z