Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Jalan yang Benar dalam Kehidupan

Sebelumnya, pernah ga sih rekan-rekan pembaca bertanya-tanya dalam hidup, “Seperti apa ya jalan yang benar dalam kehidupan?” Kami yakin bahwa banyak dari kita pernah mengajukan pertanyaan seperti ini pada diri sendiri, minimalnya sekali dalam hidup. Apa sih yang dimaksud dengan “Jalan yang benar dalam kehidupan?” Baik, jalan yang benar dalam kehidupan adalah alur yang diambil dan ditentukan oleh individu dalam membuat setiap keputusan yang tepat agar dapat meraih kehidupan yang baik dan sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya.  
 
Untuk mendapatkan jawaban apakah kehidupan yang kita jalani sudah berada di jalan yang benar atau belum, kita bisa meninjau kembali bagaimana cara mengambil keputusan tepat yang pernah kita lakukan sebelumnya. Apakah saya membuat keputusan tepat berdasarkan apa yang orang lain sarankan atau saya menentukannya berdasarkan dengan pemikiran dan keyakinan saya sendiri? 
 
Jalan kehidupan adalah suatu hal yang berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya. Maknanya, setiap orang berhak untuk menentukan jalan kehidupannya masing-masing. Akan tetapi, jika rekan-rekan pembaca merasa sangat penasaran untuk tahu apakah jalan kehidupan yang rekan pembaca pilih sudah berada di jalan yang benar atau belum, tidak masalah karena kami disini untuk membantu Anda semua. 
 

Apa Saja Tanda bahwa Kita berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan?

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa tanda yang dapat menjawab apakah kita sudah berada di jalan yang benar, atau sebaliknya. Jalan kehidupan manusia memang suatu hal yang cukup rumit, tapi kita tetap bisa mendeteksinya dengan tepat kok, jadi tenang saja ya rekan-rekan. 
 
Menurut website everyday power dot com, ada 10 tanda jelas yang dapat membuktikan bahwa kita sudah berada di jalan yang benar dalam kehidupan. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Pikiran dan Cibiran dari Orang Lain bukan Suatu Masalah bagi Anda.

Tanda pertama yang paling jelas adalah kita bersikap cuek atau tidak terlalu mengambil pusing atas apa yang orang lain katakan dan pikirkan terhadap kita. Seringkali, kita terlalu memikirkan apa yang akan orang lain pikirkan tentang kita, sehingga kita takut untuk mulai melakukan sesuatu. Kita takut merasa malu, takut dicibir, takut digosipkan, dan seribu ketakutan lainnya yang bersarang di dalam otak kita. 
 
Ayolah! Orang lain pun memiliki kehidupannya masing-masing. Sesering apapun mereka mengomentari kehidupan kita, itu adalah hak mereka. Lagipun, apa yang mereka pikirkan dan katakan lama-kelamaan akan berlalu begitu saja kok. Salah satu indikator kehidupan yang indah adalah tidak memperdulikan apa yang orang lain pikirkan dan katakan tentang kita, sehingga kita bebas menentukan jalan kehidupan yang kita inginkan. Orang-orang yang memilih sendiri jalan kehidupannya, memiliki peluang yang sangat besar untuk berada di jalan yang benar. 
 
Misalnya, rekan pembaca ingin memulai usaha kecil, tapi Anda merasa malu karena produk yang rekan pembaca jual bisa jadi belum terkenal di kalangan masyarakat. Rekan pembaca takut jika mereka meremehkan produk yang rekan pembaca jual. Percaya deh, ada begitu banyak orang sukses yang dulunya diremehkan orang banyak, namun sekarang dipuji-puji oleh banyak orang. Jadi, apakah rekan pembaca masih mau membuang-buang waktu untuk memikirkan omongan orang lain? Kami harap tidak.

2. Masalah, Hambatan dan Rintangan Tidak dapat Menghentikan Langkah Anda.

Berada di jalan yang benar bukan berarti segala hal yang kita inginkan akan terwujud begitu saja. Dengan kata lain, segala rencana dan usaha yang kita berikan belum tentu membawa kita pada kesuksesan. Ada momen dimana kita harus merasakan bagaimana rasanya kegagalan, penolakan, dan lain sebagainya. 
 
Ketika kita berada di jalan yang benar, kita tetap memiliki peluang untuk menghadapi masalah, hambatan atau rintangan di dalam hidup. Namun, jika semua kesulitan itu tidak pernah menghentikan langkah kita untuk tetap maju ke depan, maka ini adalah tanda yang jelas bahwa kita benar-benar berada di jalan yang benar dalam kehidupan. 
 
Sebagai contoh, rekan pembaca merasa bahwa Anda berada di dalam lingkungan kerja yang tidak memberi rekan pembaca peluang untuk berkembang dan menjadi lebih baik. Bukannya meratapi hambatan tersebut, rekan pembaca malah semakin bersemangat untuk mengubah lingkungan kerja Anda menjadi lingkungan yang lebih baik daripada sebelumnya. Menyadari suatu hambatan dan tidak menjadikannya sebagai suatu halangan adalah tanda Anda berada di jalan yang benar. 
 

3. Rasa Motivasi dan Semangat yang Tinggi selalu Melekat pada Diri Anda. 

Apapun yang rekan pembaca lakukan, dimanapun rekan pembaca ditempatkan, dan kapanpun rekan pembaca harus bekerja, rekan pembaca selalu menjadi individu yang penuh dengan motivasi dan rasa semangat yang tinggi. Dengan kata lain, energi dan aura positif yang ada di dalam diri Anda selalu terpancar dalam hal apapun juga. 
 
Sebagai contoh, rekan pembaca merasa bangga dengan apa yang Anda lakukan dan merasa sangat bersemangat ketika harus menceritakan kegiatan apa saja yang sedang dilakukan sekarang kepada orang lain. Tidak hanya itu, rekan pembaca juga bersemangat untuk bangun di pagi hari dan memulai kegiatan kembali. Apakah hal ini terjadi pada rekan pembaca? Jika Ya, berarti Anda sudah berada di jalan yang benar dalam kehidupan. 

4. Harus Segera Mengambil Keputusan? Oh, Ini Hal yang Mudah bagi Anda. 

Berada di jalan yang benar akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan. Ketika orang-orang merasa pusing, bingung dan bimbang untuk menentukan pilihan dari dua opsi, hal ini sama sekali tidak menyulitkan Anda. Bahkan, rekan pembaca merasa sangat mudah untuk menganalisa kelebihan dan kekurangan dari dua opsi tersebut, sehingga rekan pembaca dapat membuat keputusan yang tepat. 
 
Sebagai contoh, rekan pembaca harus memilih antara menginvestasikan uang Anda untuk membeli satu unit apartemen atau membangun kontrakan untuk disewa. Dikarenakan selama ini rekan pembaca sudah berkutat di bidang properti, jadi sedikit banyak rekan pembaca sudah memahami nilai lebih dari dua opsi tersebut. Dengan berpacu pada modal yang rekan pembaca miliki dan menganalisa kelebihan serta kekurangan dari dua opsi tersebut, dengan cepat rekan pembaca akan membuat keputusan yang tepat dan sesuai. 

5. Rekan Pembaca Jarang Sekali Merasakan Stres, bahkan Hampir Tidak Pernah Merasakan Lagi!

Sebagian besar dari kita sangat sering mengalami stres, bahkan stres yang dirasakan bisa semakin parah sampai akhirnya merasakan depresi dalam hidup. Jika sudah seperti ini, kita harus sangat berhati-hati, karena perasaan stres yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan kita. 
 
Sebaliknya, orang-orang yang jarang mengalami stres atau bahkan tidak pernah sama sekali, ini menandakan bahwa dirinya sudah berada di jalan yang benar dalam kehidupan. Mereka tidak akan merasa kewalahan atau stres ketika harus menyelesaikan banyak tugas kerja dalam sekaligus. Malahan, mereka akan semakin bersemangat untuk menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Bukannya merasa kewalahan dan stres, mereka malah semakin bersemangat dan termotivasi.  
 

6. Tanpa Dipaksa oleh Pihak Manapun, Rekan Pembaca selalu Memberikan Kinerja Terbaik Anda. 

Tidak perlu meminta bantuan pihak manapun untuk mendorong kita dalam bekerja dengan baik, tanpa diminta atau dipaksa kita akan menjadi individu yang selalu bersemangat dan rela memberikan kinerja terbaik pada setiap pekerjaan yang ada. Ketika kita bekerja keras untuk suatu hal, tidak pernah ada kata “penyesalan” dalam melakukannya. Kita benar-benar melakukannya dengan rasa tulus. Jika hal ini terjadi pada rekan pembaca, maka Anda sudah berada di jalan yang benar. 

7. Ketika Mengerjakan Suatu Pekerjaan, Anda sering Lupa Waktu dan Merasa Waktu Berjalan dengan Sangat Cepat! 

Jika kita benar-benar berada di jalan yang benar dalam kehidupan, kita bukan hanya akan memberikan kinerja yang terbaik, tapi kita juga akan merasa bahwa waktu berjalan dengan sangat cepat. Yap! Sangat cepat. Perasaan ini akan tumbuh ketika seseorang merasa sangat happy, nyaman dan sangat menikmati segala hal yang dilakukannya. 
 
Misalnya, rekan pembaca memilih profesi trainer sebagai profesi favorit yang akan rekan pembaca jalani seumur hidup Anda. Rekan pembaca sangat menyukai pekerjaan ini bahkan ini seperti bagian dari hidup Anda. Ketika rekan pembaca mengajar di depan peserta lain, rekan pembaca sangat menikmati setiap tindakan yang dilakukan. Sampai-sampai rekan pembaca lupa bahwa jam mengajar Anda hampir habis. Waktu berjalan sangat cepat ketika kita berada di jalan yang benar dalam kehidupan. 

8. Kita Tidak Pernah Kehabisan Ide untuk Berkreasi. 

Sangking kita menikmati kehidupan yang dijalani sekarang, kita hampir tidak pernah kehabisan ide untuk terus berkreasi atau melakukan inovasi yang mengagumkan. Ide-ide cemerlang selalu datang pada individu yang merasa bahagia dan jauh dari kata ‘stres’ atau ‘tertekan’ pada kehidupannya. Jadi, kita bisa menyimpulkan dengan jelas bahwa ketika kita tidak pernah kehabisan ide, ini menandakan bahwa kita telah memilih jalan yang benar untuk kehidupan kita. 

9. Kesehatan Kita seperti Mendukung Segala Hal yang Kita Kerjakan. 

Kita akan jarang jatuh sakit, daya tahan tubuh kita akan selalu stabil. Dengan kata lain, kondisi kesehatan kita seakan-akan selalu mendukung segala hal yang sedang kita kerjakan. Tidak ada perasaan stres atau keluhan sakit, pusing, dan lain sebagainya. Kita selalu bersemangat dan sehat dalam mengerjakan segala hal. Nah jika hal ini yang rekan pembaca rasakan, sudah tahu kan artinya? Yap! Ini menandakan bahwa rekan pembaca berada di jalan yang benar dan sangat Anda sukai. 

10. Lama-Kelamaan, Segala Hal Mulai Berkaitan untuk Kehidupan Anda.

Ketika kita berada di jalur yang benar, alam semesta seolah-olah mendukung segala hal yang kita perlukan untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan. Sebagai contoh, rekan pembaca ingin mendirikan suatu bisnis, namun rekan pembaca tidak memiliki modal yang cukup. Entah darimana asalnya, tiba-tiba salah satu teman Anda menawarkan dirinya untuk menjadi investor dalam bisnis yang ingin rekan pembaca dirikan. Hal ini sangat menakjubkan, bukan? 
 
Itulah 10 tanda bahwa kita sudah berada di jalan yang benar dalam kehidupan. Intinya, ketika kita berada di jalan yang benar, segala sesuatu yang ada di depan kita akan terasa sangat mudah untuk dikerjakan dan diselesaikan. Kita akan merasa lebih bahagia, nyaman dan sangat menikmati kehidupan yang dijalani sekarang. Jadi, sudahkah rekan pembaca berada di jalan yang benar dan tepat dalam kehidupan Anda?
Featured Career Advice
Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Communication

Mengenal Fungsi Komunikasi dan 4 Contohnya dalam Bisnis

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Leadership

Pengertian Kepemimpinan secara Umum dan 6 Jenis Kepemimpinan

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Leadership

Mengenal Gaya Kepemimpinan dalam Organisasi dan 5 Keutamaannya

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Keterampilan Sosial dalam Kerjasama Tim?

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Teamwork & Collaboration

Apa Itu Kerjasama Tim? dan Bagaimana Perusahaan Mendorongnya?

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

Leadership

Apa itu Etika Bisnis? dan 6 Cara Menulis Kode Etik untuk Bisnis

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

Emotional Intelligence

3 Alasan Mengapa Millennial Fokus Pada Kecerdasan Emosional

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

Leadership

5 Risiko Human Resources Paling Teratas dan Cara Menanganinya

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

Leadership

5 Rahasia Hebat Untuk Memecahkan Krisis Employee Engagement

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

Happiness

8 Kebahagiaan bagi Generasi Millennial di Tempat Kerja

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

Motivation

3 Alasan Mengapa Motivasi Saja Tidak akan Cukup untuk Kesuksesan

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

Self Improvement

5 Kualitas yang Perlu Diterapkan untuk Menjadi Orang yang Optimis

10 Tanda Anda Berada di Jalan yang Benar dalam Kehidupan