×
STUDILMU Career Advice - 10 Pelajaran Berharga dari Strategi Manajemen Kehidupan
Self Improvement

10 Pelajaran Berharga dari Strategi Manajemen Kehidupan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Mungkin ketika kita bertanya dengan para orang tua di zaman dahulu, kunci sukses dalam kehidupan adalah bekerja keras, memiliki komitmen yang kuat, usaha yang gigih, dan dedikasi yang tinggi. Namun, di era modern seperti sekarang ini tentunya akan cukup berbeda. Kita tidak hanya memerlukan semua karakteristik luar biasa tersebut, tetapi kita juga memerlukan satu hal lainnya yang berperan sangat penting. Apakah itu? Strategi manajemen kehidupan. Ini merupakan strategi yang kita gunakan untuk mengatur kehidupan kita dengan sebaik mungkin agar dapat meraih kesuksesan yang kita inginkan
 
Inilah mengapa setiap orang sukses selalu memiliki strategi yang kuat untuk meraih sebuah tujuan. Bagi orang-orang sukses, memiliki strategi yang salah hanya akan membawa mereka kepada kerugian. Rugi waktu, rugi tenaga, rugi modal, dan segala bentuk kerugian lainnya. Pada artikel kali ini, kita akan mengambil 10 pelajaran berharga dari kekuatan strategi manajemen kehidupan yang kita miliki. 
 

PELAJARAN 1:

Strategi itu sangat berbeda dengan rencana. Jadi, apabila rekan pembaca memiliki sebuah rencana, bukan berarti rekan pembaca sudah memiliki sebuah strategi manajemen kehidupan yang baik. Apa sih yang membuat strategi berbeda dengan rencana? Strategi merupakan ‘bagaimana’ kita dapat mencapai suatu hal dengan cara yang cerdas melalui pendekatan-pendekatan yang kita rasa ampuh untuk bisa sampai ke titik pencapaian yang kita inginkan. Dengan kata lain, ketika rekan pembaca merancang strategi yang tepat, rencana yang dimiliki lama-kelamaan akan menjadi semakin jelas dengan sendirinya. Sebaliknya, jika hanya ada rencana tanpa sebuah strategi, rencana hanya akan menjadi tahapan langkah yang ‘kurang hidup’. Jadi, strategi dapat ‘menghidupkan’ segala rencana kehidupan yang kita miliki. 
 

PELAJARAN 2:

Pelajaran kedua yang dapat kita raih ketika memiliki strategi manajemen kehidupan yang kuat adalah strategi dapat membantu kita menghemat waktu, uang, dan usaha, termasuk tenaga dan keringat yang kita keluarkan untuk meraih tujuan hidup tersebut. Secara tidak langsung, dengan menggunakan ‘strategi’ berarti kita memaksimalkan kecerdasan dan kreativitas yang kita miliki, bukan hanya serangkaian tindakan atau langkah yang sudah kita rancang sebelumnya (rencana). Tidak hanya itu, strategi juga bisa meningkatkan kemungkinan yang kita miliki untuk bisa mendapatkan hasil yang kita inginkan. 
 

PELAJARAN 3:

Strategi manajemen yang baik dapat membuat segala impian, rencana, visi dan misi kita menjadi lebih mudah dan ringan untuk didapatkan. Memang sih, tidak ada tangga darurat untuk membawa kita kepada kesuksesan hidup dengan lebih cepat, namun strategi bisa menjadi faktor pendukung yang sangat memudahkan kita. 

PELAJARAN 4:

Bagaimana dengan pelajaran keempat yang bisa kita ambil dari sebuah strategi? Strategi memiliki variasi yang sangat beragam. Maksudnya, ketika rekan pembaca memiliki satu tujuan hidup, strategi yang bisa rekan pembaca miliki tidak hanya satu loh! Namun, bisa beragam dan lebih dari satu. Misalnya, rekan pembaca ingin mengembangkan diri menjadi lebih baik. Rekan pembaca bisa menggunakan strategi evolusi pribadi, strategi daya tarik, strategi kesadaran diri, dan lain sebagainya. Mungkin kita hanya memiliki satu tujuan, namun kita bisa memiliki berbagai strategi manajemen yang baik dan ampuh. 

PELAJARAN 5:

Pelajaran berharga lainnya adalah strategi dapat menjadi kunci kesuksesan bisnis. Tidak ada satupun bisnis hebat di dunia ini yang bisa berjalan tanpa sebuah strategi manajemen yang tertata dengan baik. Para pebisnis hebat pasti akan memikirkan strategi yang akan mereka gunakan dengan sangat matang. Biasanya, mereka menyebutnya sebagai strategi pemasaran. Apa saja yang belum dimiliki oleh para kompetitor? Strategi apa yang bisa mengambil perhatian para pelanggan? Strategi apa yang diperlukan untuk meningkatkan jumlah penjualan, dan lain sebagainya. 

PELAJARAN 6:

Hebatnya lagi, strategi bisa mengasah kita menjadi seorang yang sangat kreatif. Mengapa begitu? Karena proses pengembangan strategi adalah proses yang sangat kreatif. Kita dipaksa oleh otak kita sendiri untuk berpikir di luar batas, dengan menggunakan kecerdasan, kekreatifitasan, dan hal-hal lain yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. 
 

PELAJARAN 7:

Strategi bukan hanya dapat memudahkan kita meraih tujuan hidup yang diinginkan, namun dengan memiliki strategi manajemen kehidupan yang ‘pas’, kita juga akan menjadi orang yang semakin berkembang dengan baik. Dan secara tidak langsung, ini dapat membantu kita dalam meningkatkan kualitas pribadi kita. Dalam setiap rancangan kesuksesan selalu ada 3 hal yaitu, orang, tujuan dan strategi. Maksudnya ini tentang siapa, apa dan bagaimana. Pada poin ‘bagaimana’ strategi dapat membawa kita bukan hanya untuk meraih tujuan (apa), namun selama perjalanan kita dalam mengejar tujuan hidup, akan terjadi banyak peningkatan kualitas diri yang kita rasakan. 
 

PELAJARAN 8:

Strategi juga bisa membuat kita bertahan pada setiap rintangan dan halangan yang datang ketika kita mengejar impian hidup. Ketika kita merasa ‘mandek’ atau terhimpit dengan segala rintangan yang datang kepada kita, strategi selalu menawarkan hal-hal hebat lainnya. 
 
Satu strategi yang kurang berhasil tidak akan menjauhkan kita dengan tujuan hidup, namun kita bisa memilih strategi manajemen lainnya dan menggunakannya sebagai ‘alat’ untuk keluar dari rintangan tersebut.
 

PELAJARAN 9:

Strategi manajemen kehidupan dapat membuat semua orang menjadi pribadi yang mandiri. Setiap individu dibekali akal dan pikiran oleh Tuhan. Ini membuat kita sebagai manusia, bisa berpikir dengan sangat baik, tidak seperti hewan atau tumbuhan. Selain itu, ini juga membuat setiap manusia bisa berpikir untuk memiliki strategi kehidupan masing-masing. Katakanlah di dalam sebuah kompetisi, setiap peserta pasti akan memiliki strategi yang berbeda-beda untuk menjadi seorang pemenang. Jadi, strategi bisa membuat kita semua menjadi individu yang mandiri.
 

PELAJARAN 10:

Pada akhirnya, semua orang bisa menjadi seorang ahli strategi. Bahkan, setiap dari kita bisa menjadi ahli strategi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Mengapa begitu? Karena strategi adalah sebuah keterampilan yang bisa dipelajari oleh semua orang di dunia, tanpa terkecuali. Jadi, apabila rekan pembaca merasa belum menjadi seorang pembuat strategi yang handal, jangan khawatir karena rekan pembaca masih bisa mengasah kemampuan ini. 
 
Nah, itu dia 10 pelajaran berharga yang bisa kita dapatkan dari memiliki strategi manajemen kehidupan yang baik dan teratur. Bagi rekan-rekan Career Advice yang masih belum memiliki strategi dalam meraih tujuan hidup, Yuk segera dirancang strateginya dari sekarang. Selamat menyusun strategi, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice