×
STUDILMU Career Advice - 10 Kebiasaan Orang Hebat dalam Membangun Kekuatan Mental
Productivity

10 Kebiasaan Orang Hebat dalam Membangun Kekuatan Mental

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Kekuatan mental adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan. Kekuatan mental membuat kita mampu bertahan dalam segala situasi dan kondisi dalam mencapai tujuan kita. Tentunya, kekuatan mental yang dimiliki seseorang dapat ditingkatkan. Kekuatan mental merupakan kombinasi unik antara gairah, keuletan, dan stamina yang memungkinkan kita untuk tetap berpegang pada tujuan hingga menjadi kenyataan. Nah, bagaimana dengan rekan pembaca Career Advice, apakah Anda memiliki mental yang tangguh?
 
Meningkatkan kekuatan mental adalah tentang melakukan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain. Hal-hal tersebut harus dilakukan secara teratur hingga menjadi kebiasaan dalam hidup kita. Bagaimanakah kita dapat membangun kekuatan mental seperti yang dilakukan orang hebat? Berikut adalah 10 kebiasaan orang hebat dalam membangun kekuatan mental.
 

1. Kita harus berjuang sekalipun kita merasa kalah.

Apakah Anda mengenal Muhammad Ali, seorang petinju profesional dunia? Seorang wartawan pernah bertanya pada Muhammad Ali berapa banyak sit-up yang dia lakukan setiap hari. Dia menjawab, "Saya tidak menghitung sit-up saya, saya hanya mulai menghitungnya ketika badan saya mulai terasa sakit, ketika saya mulai merasa sakit, itulah saat yang benar-benar penting." Hal yang sama juga berlaku untuk kesuksesan kita dalam karier yang kita tekuni. Kita selalu memiliki dua pilihan ketika segala sesuatu mulai menjadi sulit: mengatasi rintangan dan tumbuh dalam proses atau membiarkan rintangan itu mengalahkan diri kita. Manusia adalah makhluk yang hidup oleh kebiasaan. Jika kita berhenti dalam keadaan sulit, maka kita juga akan berhenti di hal sulit lainnya yang kita hadapi di waktu berikutnya. Dan sebaliknya, jika kita memaksa diri sendiri untuk bertahan dalam melewati tantangan, kekuatan kita mulai bertumbuh.
 

2. Kita tidak harus menunda kepuasan.

Ada sebuah percobaan terkenal di mana seorang administrator meninggalkan seorang anak di sebuah ruangan dengan marshmallow selama 15 menit. Sebelum pergi, anak tersebut diberitahu bahwa dia boleh memakannya, tetapi jika dia menunggu sampai sang administrator kembali tanpa memakannya, dia akan mendapatkan marshmallow kedua. Anak-anak yang bisa menunggu, mengalami hasil yang lebih baik dalam hidup, kesuksesan karier yang lebih besar, dan bahkan massa tubuh yang lebih rendah. Intinya adalah bahwa kepuasan dan kesabaran yang ditunda sangat penting untuk kesuksesan. Orang hebat yang memiliki kekuatan mental tahu bahwa kesuksesan itu membutuhkan waktu dan kesabaran.
 

3. Kita harus melakukan kesalahan.

Orang hebat yang memiliki kekuatan mental yang tangguh menjadikan kesalahan sebagai bagian dalam hidup mereka. Mereka menganggap bahwa kesalahan adalah langkah kecil yang dibutuhkan dalam proses mencapai tujuan. Mereka tidak takut membuat kesalahan. Karena, kesalahan membuat mereka menjadi seorang yang lebih baik lagi.
 

4. Kita harus mengendalikan emosi.

Emosi negatif menantang kekuatan mental yang kita miliki. Emosi kita sepenuhnya berada di bawah kekuatan kita. kita harus mampu untuk mengelolanya secara efektif dan mengendalikannya. Ketika kita membiarkan emosi melampaui kemampuan untuk berpikir jernih, kita menjadi mudah untuk kehilangan tekad. Suasana hati yang buruk dapat menyerang kita dan menyimpang dari jalur yang seharusnya. Suasana hati yang baik membuat kita dapat tampil percaya diri dengan langkah yang tepat. Oleh karena itu, kendalikan emosi dengan baik.

5. Kita harus melakukan hal yang ditakutkan.

Kita harus melakukan hal-hal yang tidak ingin kita lakukan karena kita tahu itu adalah yang terbaik dalam jangka panjang. Orang hebat dengan kekuatan mental yang baik selalu melakukan hal-hal yang ditakuti. Kita sedang menguras terlalu banyak energi setiap kali kita dihadapkan  hal-hal yang ditakuti dan menghindarinya. Tetapi, orang hebat melakukan hal yang berbeda. Mereka segera menghadapi ketakutan itu dan tidak membiarkan ketakutan menghabiskan energi mereka terlalu lama. 
 

6. Kita harus mempercayai kata hati kita.

Terkadang kita harus mempercayai kata hati dalam menghadapi masalah. Ini membuat kita mampu untuk melihat keputusan dari setiap sudut yang memungkinkan sekalipun tidak ada suatu kejelasan. Percayalah pada kemampuan diri sendiri untuk membuat keputusan yang tepat. Ambil keputusan berdasarkan apa yang terlihat dan terasa benar.
 

7. Kita harus memimpin sekalipun tidak ada yang mengikuti.

Ketika kita memiliki dukungan, kita dapat menetapkan arah dan percaya pada diri sendiri dengan mudah. Tetapi, ujian kekuatan yang sebenarnya adalah ketika kita berusaha sekuat mungkin untuk mempertahankan tekad sekalipun tidak ada orang lain yang percaya pada apa yang kita lakukan. Orang hebat dengan kekuatan mental yang tangguh percaya pada diri sendiri dan tetap pada jalurnya sampai mereka memenangkan orang lain, tidak peduli sesulit apapun situasinya.
 

8. Kita harus fokus pada hal-hal kecil.

Semakin banyak tantangan yang dihadapi, orang hebat dengan kekuatan mental yang tangguh akan semakin kuat dan menyambut tantangan itu dengan senang hati. Untuk itulah, kita harus fokus pada hal-hal kecil. Karena tantangan yang muncul bisa saja merupakan hal-hal kecil yang biasa kita sepelekan.
 

9. Kita harus bersikap baik bahkan kepada orang-orang yang jahat kepada kita.

Ketika orang lain memperlakukan Anda dengan buruk, Anda tergoda untuk membalas. Orang dengan kekuatan mental tidak mengizinkan orang lain berjalan di jalur mereka, tetapi bukan berarti mereka harus menjadi jahat. Sebaliknya, mereka memperlakukan orang-orang yang kasar dan kejam dengan kebaikan. Mereka tidak membiarkan negativitas orang lain menjatuhkan mereka.


10. Kita harus bertanggung jawab dengan tindakan kita.

Orang-orang jauh lebih mungkin mengingat bagaimana kita menangani masalah daripada bagaimana kita menciptakannya. Dengan membuat diri kita bertanggung jawab, kita menunjukkan bahwa kita lebih peduli pada hasil daripada citra atau ego.
 
Itulah 10 kebiasaan orang hebat dalam membangun kekuatan mental. Ingatlah, kekuatan mental adalah hal penting yang harus dimiliki dalam perjalanan mencapai tujuan. Kekuatan mental adalah hal yang dapat kita tingkatkan setiap harinya. Lakukan 10 hal ini dan rekan pembaca akan memiliki kekuatan mental yang tangguh seperti yang dimiliki orang hebat.

Featured Career Advice