Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 10 Ciri Orang Sukses

10 Ciri Orang Sukses


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, kita semua ingin menjadi orang sukses. Setiap tahun kita selalu membuat resolusi yang dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Tentunya, menjadi pribadi yang lebih baik lagi bukan hanya sebuah ide resolusi yang bagus, itu juga akan membuat kita semakin maju dalam karier, memberikan pengalaman baru dan menjadikan hidup semakin lebih bahagia.
 
Nah, kira-kira ciri apakah yang dimiliki oleh orang sukses? Dan apakah rekan pembaca telah memilikinya? Kali ini, kita akan membahas 10 ciri orang sukses. Jika Anda telah memiliki semuanya, itu pertanda bahwa Anda telah siap menyambang kesuksesan. Namun, jika belum, jangan khawatir, kita masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan memiliki kesepuluh ciri tersebut.,

1. Meminta lebih banyak umpan balik.

Ciri orang sukses yang pertama adalah suka meminta umpan balik. Umpan balik dan komunikasi adalah kunci untuk meningkatkan diri di tempat kerja. Cobalah jadwalkan pertemuan dengan bos atau atasan Anda secara rutin. Ini akan mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik. Kita akan mampu untuk mengajukan pertanyaan secara rahasia, serta meningkatkan alur kerja, gaya komunikasi, dan lainnya. Selain itu, pertemuan pribadi ini sering mengarah pada percakapan yang lebih jujur, sehingga kita bahkan dapat mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan dan proyek yang tidak melibatkan kita. Tentunya, kita bukan hanya sekedar mendengarkan umpan balik saja ya, rekan pembaca. Ketika kita mendapatkan umpan balik, penting untuk kita merenungkan diri dan melakukan perbaikan yang nyata. 
 

2. Memiliki keteraturan.

Ciri orang sukses yang kedua adalah memiliki keteraturan. Buatlah daftar tugas untuk mengelola waktu dan pekerjaan di kantor. Ini akan membuat Anda takjub betapa banyak hal yang bisa diselesaikan dalam waktu kerja.
 
Jangan lupa untuk merapikan meja kerja. Seseorang pernah berkata "meja yang rapi melambangkan pikiran yang rapi." Ruang kerja yang berantakan dapat menyebabkan stres yang lebih tinggi dan produktivitas yang lebih rendah. Meja yang rapi menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang berhasil mengatur hal dengan baik.  Meja yang berantakan akan membuat Anda terus-menerus kehilangan kertas dan dokumen. Dan ini memungkinkan Anda untuk kehilangan peluang untuk mengelola proyek penting.
 
Untuk menjadi lebih terorganisir di tempat kerja, selesaikan daftar pekerjaan tepat pada waktunya. Sehingga kita bisa pulang ke rumah untuk makan malam dengan keluarga atau memiliki waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Tentunya, keteraturan waktu yang Anda miliki ini merupakan hal penting yang menunjukkan bahwa mampu untuk mengendalikan semuanya dengan baik.

3. Membaca 

Ciri orang sukses yang ketiga adalah suka membaca. Membaca membuat kita mampu untuk bertumbuh dalam karier, mengendalikan keuangan, atau menjadi rekan kerja yang lebih baik. Membaca membuat kita menjadi orang yang lebih baik lagi dalam segala hal. Jika Anda suka membaca, itu menunjukkan bahwa Anda memiliki tujuan untuk diri sendiri di luar apa yang Anda lakukan di tempat kerja. Buku adalah poin pembicaraan yang cerdas dan menyenangkan sehingga kita akan selalu dapat melakukan obrolan ringan dengan siapapun, bahkan dengan eksekutif tertinggi di perusahaan.

4. Tetap tenang.

Ciri orang sukses yang keempat adalah memiliki ketenangan diri. Pekerjaan bisa saja membuat kita stres, tapi,  orang yang sukses akan mampu untuk tetap tenang di situasi yang paling gila sekalipun. Ketika menghadapi masalah, orang sukses cenderung akan memberikan solusi dan jalan keluar. Jika rekan pembaca bisa menjadi seorang yang tetap tenang dan membantu memandu situasi ke arah yang benar, Anda memiliki potensi kepemimpinan sejati. Dan inilah salah satu faktor penting yang dapat membawa Anda pada kesuksesan.
 

5. Mengambil tanggung jawab baru.

Ciri orang sukses yang kelima adalah mengambil tanggung jawab baru. Apakah ada laporan harian yang perlu dikirim ke tim? Apakah Anda memerhatikan bahwa suatu proyek telah dikesampingkan? Lihatlah adakah kesempatan untuk Anda dapat mengambil salah satu dari tugas-tugas ini dan memimpin. Mereka akan menghargai bantuan dan Anda akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan Anda. Ini juga menunjukkan bahwa Anda memiliki kesiapan untuk memimpin tim dan menyelesaikan suatu proyek dengan penuh tanggung jawab dan inisiatif.
 

6. Datang lebih awal.

Ciri orang sukses yang keenam adalah datang lebih awal. Datang lebih awal memberikan kita kesempatan untuk mempersiapkan diri untuk menjalani hari. Jika rekan pembaca ingin menjadi orang sukses, cobalah untuk datang lebih awal. Letakkan barang-barang Anda, ambil secangkir kopi, periksa daftar tugas dan mulai setiap hari dengan pola pikir yang benar. Anda pasti tidak akan kewalahan. Ini juga menunjukkan bahwa Anda terorganisir dan terkendali.
 

7. Memberikan 110%

Ciri orang sukses yang ketujuh adalah memberikan 110% dalam segala hal. Jika Anda mampu untuk melakukan setiap hal dengan usaha terbaik yang Anda bisa, maka Anda akan mendapatkan hasil yang terbaik. Dan Anda akan dipandang sebagai orang yang bertanggung jawab dan mampu untuk melakukan hal-hal besar. 
 

8. Berani berbicara.

Ciri orang sukses yang kedelapan adalah berani berbicara. Ketika kita memiliki ide untuk membuat suatu proses menjadi lebih efisien, jangan takut untuk berbicara. Tentu saja, perhatikan waktu dan tempat yang tepat. Ini akan memberikan kesan positif pada bos Anda atau eksekutif lain di perusahaan. 

9. Berjejaring.

Ciri orang sukses yang kesembilan adalah berjejaring. Berjejaring baik di dalam maupun di luar kantor sangat penting bagi karier kita. Bisa saja pada akhirnya kita bertemu seorang mentor yang membantu dan membimbing kita dalam situasi kerja yang sulit.
 

10. Mendukung orang lain.

Ciri orang sukses yang kesepuluh adalah mendukung orang lain. Ini sangat penting, karena dalam perjalanan karier, kita akan terhubung oleh orang lain. Kita juga membutuhkan dukungan mereka agar juga dapat mendukung kita. Apa pun itu, tunjukkan kepada tim bahwa Anda adalah seorang pemain tim yang hebat. Anda bekerja di sebuah organisasi, maka, jadilah anggota yang aktif dalam grup itu. Percayalah bahwa kita membutuhkan dukungan orang lain untuk menunjang kesuksesan.
 
Itulah 10 ciri orang sukses. Semoga 10 ciri ini dapat membantu rekan pembaca untuk terus mengembangkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapatkan kesuksesan yang diinginkan.