×
STUDILMU Career Advice - 5 Tips Manajemen Waktu
Self Improvement

5 Tips Manajemen Waktu

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, bagaimana perjalanan karier Anda hari ini? Apakah Anda mencapai kesimbangan waktu yang tepat? Cara terbaik untuk mencapai keseimbangan dan mencapai tujuan Anda adalah dengan mendapatkan yang terbaik dari waktu yang Anda miliki. Kita semua harus bekerja, tetapi kita semua ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk mengurus diri kita sendiri dan menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih. Cara terbaik untuk mencapai itu semua secara konsistens adalah dengan bekerja seefisien mungkin.
 
Banyak orang berbicara tentang mengoptimalkan waktu, tetapi sebagian besar gagal menjalankan strategi yang dipersonalisasi. Sebelum melakukannya, Anda harus memahami tiga prinsip tentang mengoptimalkan waktu Anda:
- Manajemen waktu bukan hanya tentang produktivitas, tetapi produktivitas yang disengaja.
- Manajemen waktu dibangun dari ritual sehari-hari yang berubah menjadi kebiasaan.
- Manajemen waktu tidak hanya tentang jam kerja, tetapi juga jam non-kerja. 
 
Selalu mulai dengan pemikiran 80/20, sebuah konsep yang dapat mengubah kehidupan Anda, baik pribadi maupun profesional. Anda ingin mencapai 80% dari hasil positif Anda dalam 20% dari waktu Anda. Prioritaskan tugas untuk fokus pada tugas yang menghasilkan pengembalian terbesar. Bagaimana kita melakukannya? Berikut adalah 5 tips untuk cara bekerja secara efisien dan produktif: Masukkan hal-hal berikut ke dalam ritual harian Anda dan hingga menciptakan rutinitas baru. Nantinya, Anda akan melihat peningkatan produktivitas.

1. Mulailah hari lebih pagi.

Tips manajemen waktu yang pertama adalah dengan memulai hari lebih pagi. Pagi hari merupakan saat dimana Anda masih dapat merasakan kesegaran. Bangunlah lebih awal dari sebelumnya. Buka pintu atau jendela rumah dan rasakan kesegaran pagi itu. Rasakan kesunyian dan ketenangan pagi. Biarkan diri Anda mendapatkan ketenangan tanpa harus memikirkan apapun.
 
Anda juga dapat melakukan aktivitas pagi yang menyenangkan seperti berolahraga ringan, meditasi atau menikmati secangkir kopi maupun teh sambil membaca. Apapun itu, gunakanlah waktu di pagi hari untuk menenangkan pikiran Anda sehingga Anda dapat memikirkan prioritas yang harus diselesaikan terlebih dulu pada hari itu.

2. Prioritaskan Tugas Anda

Tips manajemen waktu yang kedua adalah memrioritaskan tugas-tugas yang Anda miliki. Setelah Anda mendapat ketenangan di pagi hari, Anda dapat menentukan tugas-tugas yang menjadi prioritas utama ataupun tugas-tugas yang mendesak. Satu-satunya cara untuk benar-benar dapat bekerja secara efisien adalah dengan memrioritaskan apa yang harus Anda lakukan untuk hari itu.
 
Dengan begitu, ketika Anda telah sampai di kantor, Anda tahu apa yang harus dilakukan dan ini akan meminimalisasi waktu. Anda tidak lagi harus menentukan mana yang akan dikerjakan terlebih dahulu. Anda tidak dapat mengerjakan hal-hal yang tidak mendesak terlebih dahulu. Anda tidak akan dapat menyelesaikan apa yang perlu Anda selesaikan pada hari itu jika Anda tidak mengatur tugas-tugas Anda.
 

3. Segera memulainya.

Tips manajemen waktu yang ketiga adalah segera memulainya. Ya, jangan menunda-nunda. Bagian tersulit dari sebuah proyek besar adalah awal untuk memulainya, jadi mulai dan kerjakan saja. Semakin cepat Anda memulai dan memfokuskan diri, semakin cepat juga Anda akan menyelesaikannya. Jadi, menunda pekerjaan bukanlah cara yang tepat untuk memiliki manajemen waktu yang baik.
 
Mulailah juga dengan hal-hal yang umum lalu lanjutkan dengan hal-hal detail. Ini membuat Anda akan tetap fokus dan menyelami pekerjaan tersebut. jika Anda memulai dengan hal-hal kecil yang sangat spesifik, Anda membuat diri Anda seolah-olah sibuk. Tetapi, kenyataannya Anda tidak melakukan apapun. Anda hanya menempatkan diri Anda pada kebosanan dan kejenuhan. Jadi, ketika rekan pembaca hendak membuat laporan, mulai dengan hal umum dan hal detail. Selanjutnya lakukan pemeriksaan setelah Anda benar-benar menyelesaikannya. Inilah cara untuk dapat menggunakan waktu dengan lebih efektif dan efisien. 

4. Buat jadwal yang fleksibel.

Tips manajemen waktu yang keempat adalah dengan membuat jadwal yang fleksibel. Bayangkanlah bahwa Anda akan menghadapi kejadian tidak terduga seperti hewan peliharaan yang sakit, anak sakit, pertemuan mendadak, seseorang muncul ke kantor Anda dan menyita waktu Anda lebih banyak daripada yang Anda perkirakan, dll. Mari kita ambil satu skenario, ketika Anda harus mengantarkan hewan peliharaan Anda, Anda dapat menunggu sambil membaca email-email yang masuk dan membalas yang benar-benar harus didahulukan. Atau mungkin juga ada seorang rekan kerja yang meminta bantuan Anda untuk memeriksa laporan yang dibuatnya. Anda dapat menyelesaikan tugas yang mudah dan ringan saat Anda harus menangani kejadian yang tidak terduga terlebih dahulu. Memiliki jadwal yang fleksibel dapat menghindari Anda dari kesalahan manajemen waktu. 
 
Jadi, jika hari Anda termakan untuk hal-hal yang tidak terduga, gunakan sisanya dengan baik untuk mengerjakan hal-hal yang harus diselesaikan. Dengan begitu, Anda akan tetap menggunakan waktu dengan sangat efisien dan efektif tanpa harus mengabaikan pekerjaan yang menunggu. 
 

5. Jadilah praktis

Tips manajemen waktu yang kelima adalah dengan menjadi praktis. Ini bukan berarti melarang Anda untuk menjadi ambisius, tetapi jika Anda tidak dapat menyelesaikan semua daftar pekerjaan Anda, Anda akan merasa kecewa dan ingin menyerah saja. Perhatikan estimasi waktu yang Anda buat dalam menyelesaikan suatu tugas. Dan berhati-hatilah untuk mengucapkan ‘ya’. Jika Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan Anda dapat menolak permintaan orang lain untuk membantunya. Jika Anda menerimanya, Anda hanya akan menjadi lebih stres daripada yang sudah ada. 
 
Pastikan Anda memiliki kecerdikan dalam memastikan Anda punya waktu untuk menyelesaikan prioritas Anda untuk hari itu, dan jika Anda punya waktu untuk melakukan beberapa prioritas kecil Anda, bagus, tetapi jangan membuat diri Anda kewalahan, itu tidak kondusif dan membuat Anda tidak menjadi produktif.
 
Itulah 5 tips manajemen waktu yang dapat rekan pembaca terapkan. Ingatlah bahwa manajemen waktu yang baik akan memberikan kehidupan yang lebih teratur dan bahagia. Jadi mulai sekarang, mari kita mengatur waktu sebaik mungkin, baik dalam pekerjaan ataupun hal-hal lain diluar pekerjaan. Ingatlah bahwa Anda juga perlu mengatur waktu dengan baik untuk kehidupan pribadi, keluarga dan hal lain diluar pekerjaan. Jadi, miliki manajemen waktu yang tepat dan jadilah produktif.

Featured Career Advice