×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Mengubah Tujuan Karier
Self Improvement

10 Cara Mengubah Tujuan Karier

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Setiap tahun, kita selalu berusaha untuk memiliki target baru dan menghadapi tantangan baru tersebut, seperti meningkatkan kesehatan kita, menurunkan berat badan atau menghentikan kebiasaan buruk merokok, bahkan lainnya. Tetapi pernahkah rekan pembaca Career Advice berpikir untuk menetapkan tujuan karier baru? Kita semua menghabiskan sebagian besar hidup kita dalam pekerjaan, jadi bukankah pekerjaan kita harus menjadi salah satu hal yang paling memuaskan yang kita lakukan?
 
Setiap bagian dari kehidupan mengalami perubahan. Perubahan yang konstan berlangsung di lingkungan kerja begitu juga kehidupan pribadi kita. Untuk itulah kita perlu meninjau ulang tujuan karier yang kita miliki. Kita dapat melihat kembali apakah tujuan karier tersebut masih relevan dengan kondisi yang ada. Jika tidak, kita dapat mengubah dan membuat tujuan karier yang baru dengan hasil yang lebih terukur.
 
Bagaimana kita dapat melakukannya? Berikut adalah 10 cara mengubah tujuan karier sehingga rekan pembaca tetap memiliki tujuan yang segar dan sesuai dengan perkembangan karier Anda saat ini.

1. Melakukan perenungan diri.

Cara mengubah tujuan karier yang pertama adalah melakukan perenungan diri. Perenungan diri merupakan awal terbentuknya tujuan kita, jadi luangkan waktu untuk memikirkan perjalanan karier tahun lalu dan pencapaian yang berhasil kita buat di tahun lalu. Perenungan diri ini juga dapat juga dapat dilakukan melalui percakapan dengan seseorang yang kita hormati atau seorang pelatih karier. Dengan begitu, kita dapat melihat kembali perjalanan dan pencapaian yang berhasil kita buat yang juga dipandang baik oleh orang lain.

2. Ketahui nilai-nilai yang dimiliki.

Cara mengubah tujuan karier yang kedua adalah mengetahui nilai-nilai yang kita miliki. Ketika kita mengetahui jelas hal-hal yang penting bagi kita, kita akan dapat menetapkan tujuan karier yang bertahan lama. Jika kita menyelaraskan nilai-nilai itu dengan tujuan, kita akan mendapatkan kepuasan dan kesenangan ketika kita berhasil mencapai tujuan tersebut. ini akan memberikan makna yang lebih melekat.

3. Miliki mimpi yang besar.

Cara mengubah tujuan karier yang ketiga adalah memiliki mimpi yang besar. Kita tidak akan dapat mencapai hal-hal hebat jika tidak memulainya dengan memiliki visi. Impian yang besar sangat diperlukan dalam menetapkan tujuan, jangan takut untuk melakukannya. Tidak apa-apa untuk menjadi ambisius. Bayangkan hal hebat yang bisa kita raih dan jadikan itu sebagai visi kita.
 

4. Memiliki komitmen.

Cara mengubah tujuan karier yang keempat adalah memiliki komitmen. Kita perlu memahami arti dari tujuan yang kita buat di awal agar kita dapat tetap berkomitmen, terlebih jika tujuan yang kita buat merupakan tujuan jangka panjang. Identifikasi hal yang dapat memotivasi kita dengan bertanya pada diri sendiri, "Apa yang membuat tujuan tersebut penting untuk dicapai?" Dan "Mengapa harus dilakukan sekarang?" Dengan memiliki motivasi, kita akan mampu memiliki komitmen pada tujuan yang kita buat, sekalipun tujuan tersebut merupakan tujuan jangka panjang. 

5. Menguraikan tujuan.

Cara mengubah tujuan karier yang kelima adalah menguraikan tujuan tersebut. Ini merupakan langkah yang penting bagi kita agar kita tidak memiliki beban yang berlebih. Kita boleh saja memiliki gambaran yang besar, tetapi akan lebih baik jika kita dapat menguraikannya menjadi gambar-gambar kecil. Prioritaskan apa yang mungkin dilakukan terlebih dahulu untuk hasil terbaik, dan lanjutkan yang lainnya. Kita akan menjadi lebih terarah dan menghasilkan kualitas yang lebih baik.

6. Bicarakan tujuan yang kita miliki.

Cara mengubah tujuan karier yang keenam adalah membicarakan tujuan kita. Semakin kita berbicara tentang tujuan yang kita miliki, semakin kita memiliki komitmen dan tindakan nyata untuk mencapai tujuan tersebut. Tuliskan, beri tahu orang-orang tentang tujuan Anda, dan buat pengingat kalender rutin agar Anda tetap terinspirasi dan berjalan sesuai jalur.

7. Tetapkan tindakan nyata.

Cara mengubah tujuan karier yang ketujuh adalah menetapkan tindakan nyata. Sekarang saatnya kita mempertimbangkan langkah apa yang akan kita ambil untuk memulai proses. Menuliskan rencana atau membuat daftar kerja akan memacu kita untuk mencapai tujuan. Ini bisa saja dengan bergabung kursus online gratis atau  membeli perangkat lunak baru. Apa pun itu, lakukan tindakan nyata yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan karier yang kita miliki. 
 

8. Tetapkan kerangka waktu.

Cara mengubah tujuan karier yang kedelapan adalah membuat kerangka waktu. Jadikan rencana tindakan menjadi lebih nyata dengan menetapkan kerangka waktu. Sebagian besar orang bekerja secara produktif ketika mereka berusaha mencapai tenggat waktu, jadi pertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap tindakan yang akan kita lakukan dalam mencapainya. Buatlah daftar tindakan dengan menetapkan tanggal di sebelahnya.

9. Buat rencana risiko.

Cara mengubah tujuan karier yang kesembilan adalah membuat rencana risiko. Pikirkan segala rintangan yang dapat menghalangi kita mencapai tujuan, dan bagaimana kita dapat mengatur diri untuk sukses. Kita harus menjadi orang yang fleksibel dan terbuka untuk perubahan. Apapun tantangan yang dihadapi, itu bukanlah alasan untuk menyerah atau melihatnya sebagai suatu kegagalan yang menghentikan.
 

10. Menilai dan memberikan penghargaan.

Cara mengubah tujuan karier yang kesepuluh adalah menilai dan memberikan penghargaan. Ketika kita telah memenuhi suatu tindakan atau tujuan, berikan hadiah pada diri sendiri. Ini adalah hal tepat yang dapat menjadi motivator. Brikan hadiah yang lebih setiap kali kita berhasil mencapai beberapa tujuan atau tindakan yang lebih sulit. Yang harus diingat adalah hadiah harus diberikan sesegera mungkin setelah berhasil mencapai tujuan.

Inilah 10 cara mengubah tujuan karier. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, persiapan adalah kunci untuk mencapai tujuan karier. Dengan pertimbangan, penelitian, dan perencanaan yang tepat, kita akan mampu mewujudkan tujuan karier kita menjadi kenyataan.

Featured Career Advice