×
STUDILMU Career Advice - 10 Barang yang Pengusaha Sukses Perlukan untuk Meningkatkan Produktivitas
Productivity

10 Barang yang Pengusaha Sukses Perlukan untuk Meningkatkan Produktivitas

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Setiap pengusaha sukses pasti selalu berusaha untuk mempertahankan produktivitas mereka, bahkan berupaya keras untuk meningkatkannya. Kenyataannya memang bukan hanya para pengusaha saja yang selalu mencari cara untuk tetap produktif, semua pekerja atau karyawan baik di dalam maupun luar kantor juga berlomba-lomba dalam hal ini. 
 
Kenyataan lainnya, tidak ada jalan singkat atau cara praktis untuk meningkatkan produktivitas kita. Setiap orang harus berusaha dalam menemukan cara-cara praktis yang cocok untuk diri mereka yang dapat menyempurnakan aktivitas sehari-hari, sambil membangun lingkungan kerja yang sehat, nyaman dan bebas dari gangguan apapun agar kita tetap fokus dalam bekerja.  
 
Apabila artikel-artikel yang kami berikan sebelumnya selalu membahas tentang “bagaimana caranya menjadi produktif?” Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang “apa saja barang-barang yang diperlukan para pengusaha sukses agar mereka dapat meningkatkan produktivitas?” Yuk, sekarang kita simak barang-barang apa saja yang diperlukan dalam hal ini.
 

1. Bantal Kursi. 

Benda pertama yang perlu dimiliki adalah bantal kursi. Kebanyakan para pengusaha dan karyawan akan menghabiskan waktu mereka untuk duduk seharian di depan laptop. Rutinitas seperti ini dapat memberikan dampak negatif pada punggung bagian bawah atau mungkin bokong yang terasa sangat pegal. 
 
Padahal, salah satu syarat untuk dapat menciptakan situasi kerja yang nyaman adalah kita merasa nyaman dengan posisi duduk saat bekerja. Kebayang kan kalau kita sedang sakit pinggang atau sakit punggung, bagaimana rasanya? Pasti konsentrasi kerja akan terpecah-belah. Untuk itu, segera bawa bantal kursi Anda agar duduk di depan laptop selama berjam-jam pun tetap terasa menyenangkan. Dengan begitu, para pengusaha sukses atau karyawan sekalipun akan merasa bahagia untuk duduk di kursi mereka. 

2. Meja yang Kokoh. 

Meja adalah barang kedua yang sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas. Bagaimana tidak? Semua barang-barang kerja kita dari mulai laptop, cangkir kopi, ponsel, buku dan setumpuk dokumen-dokumen lainnya akan kita letakkan di atas meja. Oleh karena itu, diperlukan meja yang berdiri dengan kokoh. Meja tersebut tidak boleh cacat, atau sering bergoyang-goyang karena ada sedikit kerusakan. Mengapa? Karena dampaknya para pengusaha sukses dan karyawan tidak akan merasa nyaman untuk bekerja menggunakan meja yang rusak seperti itu. 
 
Pernyataan ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Texas. Mereka menemukan bahwa para karyawan call center yang menggunakan meja dengan kekokohan yang baik, 50% lebih produktif daripada rekan-rekan mereka yang tidak menggunakannya.

3. Suplemen atau Vitamin. 

Bagaimana seorang pengusaha bisa tetap sukses dengan menjaga produktivitas mereka, jika mereka tidak menjaga kesehatan dengan baik? Benda ketiga yang perlu kita miliki adalah suplemen atau vitamin. Bawa benda ini selalu di dalam tas atau letakkan di atas meja kerja kita. Tidak perlu menunggu sakit untuk meminum suplemen, kita bisa meminumnya setiap hari sesuai dosis yang dianjurkan, demi menjaga kesehatan tubuh kita. 

4. Headphone sebagai Peredam Kebisingan. 

Seringkali kebisingan yang terjadi di dalam ruangan kerja kita menjadi penghalang utama untuk tetap konsentrasi dengan pekerjaan. Oleh karena itu, kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk selalu menyediakan headphone saat bekerja. Para pengusaha sukses juga melakukan hal ini loh! Minimalnya mereka akan menggunakan headset untuk meredam kebisingan yang ada di sekitar mereka. 
 
Dengan menggunakan headphone atau headset sambil mendengarkan musik favorit, kita bisa tetap fokus dalam bekerja. Suara rekan-rekan kerja kita yang cerewet juga tidak akan terdengar dan pekerjaan kita akan selesai dengan cepat. 

5. Scanner Portable atau Ponsel. 

Sebagai seorang pengusaha sukses atau karyawan, seringkali kita menemukan dokumen-dokumen penting yang harus segera di scan dan dikirimkan lewat email, atau sekedar untuk dokumentasi pribadi. Untuk meningkatkan produktivitas, kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk membawa scanner portable (yang bisa dibawa kemana-mana). Scanner portable ini biasanya berukuran kecil, sehingga rekan pembaca tidak perlu membawa scanner dengan ukuran yang besar dan berat. 
 
Nah kabar baiknya lagi, rekan pembaca juga bisa untuk tidak membawa scanner portable. Hanya dengan mengunduh aplikasi di ponsel untuk scan dokumen apapun, kita bisa mendapatkan hasil scan dengan mudah dan cepat. Ups! Tentunya dengan kualitas yang bagus juga.  
 

6. Monitor Kedua. 

Apakah rekan pembaca pernah melihat orang yang bekerja dengan dua monitor? Yap! ternyata bekerja dengan dua monitor bisa meningkatkan produktivitas kita loh. Jadi, hal ini sangat kami sarankan untuk para pengusaha dan karyawan, agar tetap bisa menjaga dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. 
 

7. Buku Jurnal. 

Benda ketujuh yang perlu kita miliki adalah buku jurnal. Penelitian menemukan bahwa penjurnalan merupakan salah satu metode yang paling populer untuk melatih perhatian atau keadaan yang disesuaikan dengan saat sekarang, baik secara fisik, mental, emosional, dan sebagainya. Penjurnalan juga menjadi cara yang sudah terbukti dapat mengurangi stres dan melatih produktivitas seseorang. 
 
Jadi, selalu sediakan buku jurnal di dalam tas, dan bawa kemanapun kita pergi. Apapun yang kita rasakan dan pikirkan, entah itu merupakan ide-ide cemerlang, perancangan kerja atau stres yang sedang kita rasakan, tulis saja semuanya di dalam buku jurnal tersebut. Dengan begitu, para pengusaha dan karyawan dapat mengendalikan emosi mereka untuk tetap stabil. 
 

8. Flashdisk. 

Jangan lupakan benda mungil yang sangat bermanfaat ini! Di saat ada begitu banyak file yang harus kita pindahkan, atau mungkin kita kerjakan dengan laptop lain. Misalnya, sebagai pengusaha sukses pasti rekan pembaca sering melakukan presentasi di beberapa rapat penting, sehingga kehadiran flashdisk akan memudahkan kita dalam mentransfer data-data penting secara cepat. Selain itu, sebagai karyawan pun kita juga sangat memerlukan benda ini, untuk membawa dan mentransfer file-file penting saat kita menghadiri pertemuan kerja, baik di dalam atau luar kantor. 

9. Makanan Ringan atau Camilan. 

Sebagai seorang pengusaha, kita sering tidak memiliki waktu untuk menyiapkan dan memasak makanan di rumah. Disisi lain, kita tetap harus menjaga kesehatan kita dengan tidak terlambat makan. Solusinya, kita perlu selalu membawa makanan ringan atau camilan kemanapun kita pergi. Sehingga, perut akan tetap terisi dan kita tetap bersemangat dalam bekerja. 
 

10. Kacamata Penangkal Cahaya Biru. 

Tidak dapat disangkal lagi bahwa aktivitas sehari-hari kita akan selalu berhadapan dengan layar monitor, layar laptop dan ponsel. Dampak negatifnya, mata kita bisa sakit karena sering terpapar dengan cahaya biru. Oleh karena itu, kami menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk selalu membawa kacamata yang dapat menangkal cahaya biru. Dengan begitu, aktivitas kerja kita akan tetap terasa nyaman, tanpa merasa sakit mata. 
 
Itulah 10 benda yang sangat diperlukan untuk para pengusaha sukses maupun karyawan kantor agar bisa meningkatkan produktivitas kerja. Terkadang mungkin kita tidak menyadari bahwa kehadiran barang-barang disekitar kita juga bisa menjadi faktor penentu untuk membawa kita kepada fokus kerja. Yuk, menjadi produktif dengan menggunakan 10 barang di atas. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice