Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - Peran Teknologi Informasi dan Dunia Kerja di Masa Depan

Peran Teknologi Informasi dan Dunia Kerja di Masa Depan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI) atau yang biasa kita kenal sebagai Information Technology (IT) adalah istilah yang sering digunakan dalam hal apapun yang berkaitan dengan peranan teknologi dalam membantu kehidupan manusia untuk menjadi lebih mudah. Misalnya, peranan dalam membuat, mengubah, menyimpan mengomunikasikan atau menyebarkan informasi-informasi penting di dalam kehidupan sehari-hari. 
 
Dahulu, teknologi informasi hanya sebatas dengan komputer. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, teknologi informasi semakin berkembang menjadi telepon, televisi, ponsel, peralatan elektronik untuk kebutuhan rumah tangga, bahkan jam tangan pun sekarang sudah bisa menjadi alat komunikasi sebagai perangkat tambahan ponsel. 

Bagaimana Peran Teknologi Informasi pada Dunia Kerja di Masa Depan? 
Semua orang yang hidup di zaman sekarang sama-sama sedang menuju kehidupan di masa depan. Ini adalah kehidupan yang mungkin bisa saja lebih hebat dan canggih jika dibandingkan dengan kehidupan era digital seperti saat ini. Ketika perkembangan Teknologi Informasi datang dan menyentuh organisasi, perusahaan dan tempat-tempat kerja lainnya, maka transformasi akan terjadi secara eksponensial, baik dari visi, proses, teknologi, budaya kerja, bahkan praktik kerja itu sendiri. 
 
Perubahan yang sangat cepat dan drastis seringkali menuntut perusahaan-perusahaan masa kini untuk bergerak dengan sangat cepat agar tidak tertinggal dengan para kompetitornya. Ini juga membuat perusahaan atau tempat kerja yang berorientasi masih sangat tradisional dengan susunan hierarki yang sangat mengikat menjadi semakin pudar ditelan masa. 
 
Orang-orang modern yang hidup di zaman kini dan di masa depan akan jauh lebih menyukai perusahaan yang fleksibel, tidak rigid dan tidak terlalu mengikat, namun penuh dengan inovasi. Perusahaan-perusahaan yang berorientasi teknologi akan menjadi tempat kerja yang futuristik di dunia kerja masa depan. Tempat kerja seperti inilah yang sangat diinginkan oleh kita semua di masa yang akan mendatang. 
 
Itu mungkin hanya sedikit bayangan tentang peran teknologi informasi di masa depan, sekarang mari kita membahas tentang keadaan dunia kerja di masa depan. Seperti apa saja tempat kerja yang futuristik atau yang bisa menjadi tempat kerja idaman di masa mendatang? Seperti apa peranan manajemen dan tenaga kerja pada tempat kerja masa depan nanti? Apakah menggunakan robot seutuhnya dan manusia tidak melakukan pekerjaan apapun? Atau, manusia masih menjalankan tugasnya untuk terus bekerja? Setelah itu, bagaimana bentuk peranan yang dimainkan oleh teknologi informasi di masa depan? 
 
Kami yakin pasti ada banyak pertanyaan yang hadir di dalam benak kita semua jika berpikir tentang teknologi dan dunia kerja di masa depan. Memang sih, semua itu bisa saja akan berlangsung dalam waktu yang masih lama, sehingga kita merasa tidak perlu untuk memikirkannya sekarang. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk memprediksi dan merancang masa depan dengan teknologi informasi mulai dari sekarang, bukan? 
 
Menurut website entrepreneur, ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi di masa depan sebagai perkembangan teknologi informasi dan dunia kerja di masa mendatang, yaitu sebagai berikut: 
 
1. Kelincahan, Dinamis, dan Hampir Seluruh Pekerja Berkomunikasi secara Virtual
Prediksi pertama yang kami miliki di sini adalah beberapa puluh tahun mendatang, hampir semua orang tidak memiliki waktu untuk berinteraksi langsung secara tatap muka dengan orang-orang di sekitarnya. Semua bisa berinteraksi melalui teknologi informasi tanpa terkecuali. Karakteristik kelincahan dan dinamis semakin menjadi-jadi di masa depan. Hampir tidak ada satu orang pun yang bisa bersikap santai, karena untuk bisa bertahan hidup dan memiliki ketahanan, semua orang dituntut untuk bergerak cepat 

2. Inovasi, Kreasi dan Gangguan (Disruptions) adalah Hal yang Sangat Normal. 
Inovasi, kreasi dan gangguan sudah bagaikan norma yang perlu ditaati dan tidak bisa dilanggar di masa depan. Di masa mendatang, semua orang akan bergerak dengan cepat, lincah dan dinamis seperti yang digambarkan pada poin pertama. Tapi, untuk apa kedinamisan semua itu? Tentu saja untuk terus berinovasi dan berkreasi. Teknologi informasi akan semakin canggih bahkan kecanggihannya berada di luar imajinasi kita. Jika kita tidak bisa menerima inovasi dan kreasi sebagai suatu hal yang normal, maka kita tidak bisa bertahan, apalagi untuk menjadi yang unggul dari yang lain. Gangguan-gangguan dari dalam diri dan luar yang mendorong kita untuk terus berinovasi adalah hal yang sangat normal terjadi di masa depan. 
 
3. Selalu Terhubung selama 24/7 adalah Hal yang Wajar. 
Peranan teknologi informasi yang semakin hebat dan canggih di masa depan akan memungkinkan kita semua untuk bisa terhubung selama 24/7 atau setiap hari dalam seminggu non-stop, tanpa terkendala dengan lokasi geografis dan keberadaan fisik. Yap, non-stop! Seakan tidak ada lagi jeda untuk beristirahat. Jadi jangan kaget jika di masa mendatang, kita akan ditelepon untuk mengadakan rapat kerja di malam hari, atau melakukan conference call di pukul 3 pagi, wow!
 
4. Pekerjaan Penuh Waktu dan Mobilitas ke Tempat Kerja akan Semakin Berkurang. 
Dunia kerja di masa depan tidak lagi menawarkan tempat kerja dengan pekerjaan tradisional yang mengharuskan tenaga kerjanya untuk duduk diam bekerja di depan laptop selama 8-9 jam per hari. Masa depan menawarkan pekerjaan yang dinamis, sehingga menjadi freelancer jauh lebih diminati daripada pekerjaan penuh waktu di tempat kerja. Hal ini membuat frekuensi mobilitas seseorang dari rumah ke kantor akan semakin berkurang. Mereka bisa bekerja dimana saja tanpa harus pergi ke kantor. Semuanya menjadi sangat mudah, cepat dan ringan. Tidak ada lagi hambatan dalam berkoneksi, meskipun bekerja tim secara tatap muka akan menjadi hal yang sangat jarang. 

5. Transformasi Pekerjaan dan Keterampilan Kerja akan Terus Bertambah. 
Apa yang dapat rekan pembaca lihat dari perkembangan pekerjaan dan keterampilan di masa kini dengan masa dahulu? Mungkin beberapa di antaranya adalah jenis profesi yang semakin bertambah, permintaan keterampilan kerja yang semakin bervariasi dan lain sebagainya. 
 
Yap! semua itu juga akan terjadi di masa depan. Tentunya dengan perkembangan dan perubahan yang lebih cepat dan bervariasi daripada sekarang. Beberapa keterampilan seperti soft skill yang tidak ada pada waktu sekarang, mungkin akan tercipta di masa depan. Tidak hanya itu, kita dituntut untuk bisa memahaminya bahkan menguasainya. Jika tidak? Kita akan termasuk ke dalam kelompok yang tertinggal. 
 
6. Fokus pada Solusi Real-Time dan Tepat pada Sasaran. 
Peranan teknologi informasi dan dunia kerja yang futuristik akan berfokus pada solusi real-time dan tepat pada sasaran, bukan pada praktik dan proses. Semakin meningkatnya ketersediaan dan ketergantungan pada informasi dan data, maka perusahaan-perusahaan di masa depan akan dijalankan pada platform digital yang aman dan terintegrasi penuh. Perkembangan digital juga memungkinkan para individu untuk menyelesaikan masalah secara langsung atau real time dengan solusi yang tepat sasaran. Seperti yang dikatakan oleh Satya Nadella bahwa:
“Di masa depan, setiap jenis pekerjaan akan memiliki komponen digital. Namun, bukan berarti semua orang harus menjadi ilmuwan komputer”
 
Dari prediksi tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa di masa depan hampir semua orang akan menjadi ahli teknologi informasi, tanpa terkecuali. 
 
Nilai-nilai positif yang akan dibawa oleh teknologi informasi di masa depan adalah kecepatan, ketepatan, produktivitas dan efisiensi. Semua manusia dapat mengoptimalkan kinerja mereka dengan baik bersama teknologi. Tempat kerja di masa depan akan menyediakan alat kognitif yang canggih, integrasi Artificial Intelligence (AI) yang lebih besar dan canggih dalam semua aspek bisnis, mulai dari strategi manajemen hingga SDM, pelayanan pelanggan yang semakin baik, peningkatan keamanan kerja, dan lain sebagainya. Jika ada satu kata yang bisa menggambarkan dunia kerja di masa depan, itu adalah Digital. Semuanya tentang digital dan semuanya tentang teknologi informasi yang sangat canggih. 
 
Jadi, apakah rekan-rekan Career Advice sudah siap untuk menyongsong masa depan dengan teknologi informasi yang sangat luar biasa? Yuk, kita persiapkan diri kita mulai sekarang dengan “melek teknologi”. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.
Featured Career Advices
8 Perbedaan antara Generasi Milenial dan Generasi Z

8 Perbedaan antara Generasi Milenial dan Generasi Z

10 Strategi untuk Pencarian Kerja yang Sukses

10 Strategi untuk Pencarian Kerja yang Sukses

4 Cara Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain untuk Bekerja Lebih.

4 Cara Menjadi Inspirasi bagi Orang Lain untuk Bekerja Lebih.

20 Ide Bisnis bagi Orangtua yang Bekerja di Rumah

20 Ide Bisnis bagi Orangtua yang Bekerja di Rumah

Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Public Relation?

Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Public Relation?

5 Gambaran Kreativitas dalam Dunia Marketing di Era Modern

5 Gambaran Kreativitas dalam Dunia Marketing di Era Modern

Bagaimana Artificial Intelligence dapat Membantu Perusahaan Media?

Bagaimana Artificial Intelligence dapat Membantu Perusahaan Media?

Mengapa Artificial Intelligence Penting untuk Layanan Pelanggan?

Mengapa Artificial Intelligence Penting untuk Layanan Pelanggan?

Bagaimana Cara Memiliki Mimpi Besar ala Steve Jobs?

Bagaimana Cara Memiliki Mimpi Besar ala Steve Jobs?

Bagaimana Cara Berpikir seperti Seorang Inovator?

Bagaimana Cara Berpikir seperti Seorang Inovator?

4 Cara Menanamkan Jiwa Kewirausahaan ke Dalam Budaya Perusahaan

4 Cara Menanamkan Jiwa Kewirausahaan ke Dalam Budaya Perusahaan

Pentingnya Reminder atau Pengingat Jadwal dan Menjadikannya Bermanfaat

Pentingnya Reminder atau Pengingat Jadwal dan Menjadikannya Bermanfaat

7 Cara Mempromosikan Bisnis Online secara Gratis

7 Cara Mempromosikan Bisnis Online secara Gratis

10 Cara Emotional Intelligence Membantu Menghadapi Ketidakpastian

10 Cara Emotional Intelligence Membantu Menghadapi Ketidakpastian

Bagaimana Cara Efektif Menjadi Pengusaha Modern?

Bagaimana Cara Efektif Menjadi Pengusaha Modern?

5 Pertanyaan yang Mendorong Semangat Kerja Karyawan

5 Pertanyaan yang Mendorong Semangat Kerja Karyawan

Perlunya Pesan yang Jelas dalam Menetapkan Arah

Perlunya Pesan yang Jelas dalam Menetapkan Arah

5 Cara Efektif Mengajak Generasi Millennial Bekerja di Perusahaan Anda

5 Cara Efektif Mengajak Generasi Millennial Bekerja di Perusahaan Anda

8 Aturan Dasar yang penting diterapkan di dalam Rapat Kerja

8 Aturan Dasar yang penting diterapkan di dalam Rapat Kerja

Pengertian Pengembangan Diri dan 6 Manfaat Pengembangan Diri

Pengertian Pengembangan Diri dan 6 Manfaat Pengembangan Diri

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor

4 Aktivitas Fisik yang Bisa Dilakukan di Luar Jam Kantor

Mengenal Para Milenial di Dunia Kerja Lebih Dalam

Mengenal Para Milenial di Dunia Kerja Lebih Dalam

10 Kiat Memilih Foto Profil LinkedIn yang Tepat

10 Kiat Memilih Foto Profil LinkedIn yang Tepat

Peran dan Tanggung Jawab Pemimpin Rapat

Peran dan Tanggung Jawab Pemimpin Rapat

4 Alasan Menyelenggarakan Acara Kantor Sangat Penting

4 Alasan Menyelenggarakan Acara Kantor Sangat Penting

Manfaat Kompetisi Kerja pada Otak, Motivasi & Produktivitas

Manfaat Kompetisi Kerja pada Otak, Motivasi & Produktivitas

6 Cara Hebat Mendorong Kerja Sama Tim

6 Cara Hebat Mendorong Kerja Sama Tim

15 Cara Mendorong Ide Kreatif dan Inovatif dalam Tim Kerja

15 Cara Mendorong Ide Kreatif dan Inovatif dalam Tim Kerja

4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan

4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan

4 Manfaat Meningkatkan Goal Perusahaan

4 Manfaat Meningkatkan Goal Perusahaan