×
STUDILMU Career Advice - Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif
Self Improvement

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata ‘afirmasi’ memiliki makna yang cukup spesial. Pengertian afirmasi adalah penetapan yang positif seperti, penegasan atau peneguhan yang berkaitan dengan sesuatu yang positif. Afirmasi adalah pernyataan-pernyataan positif dan spesifik yang ditujukan kepada diri sendiri. Afirmasi membantu Anda untuk berpikir positif dan menjauhkan Anda dari ’sabotase’ diri. Pengertian sabotase adalah tindakan perusakan yang dilakukan secara terencana. Maksudnya, bisa saja pikiran-pikiran negatif mendominasi pemikiran kita. Hasilnya? kita akan sulit untuk mempercayai diri sendiri.  
 
Afirmasi juga membantu Anda untuk memprogram ulang pikiran Anda dan menjauhkan Anda dari keterbatasan. Kesuksesan adalah permainan yang membutuhkan pemikiran dari dalam diri. Jika Anda berpikir bahwa Anda akan mampu mencapai setiap tujuan, maka Anda akan menjadi seorang yang seperti itu. 
 
Afirmasi merupakan suatu bentuk komunikasi antara pikiran sadar dan pikiran bawah alam sadar. Kata-kata positif akan membantu Anda membangun suasana yang positif. Sedangkan kata-kata negatif akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri dan menjadi seorang yang negatif. Semuanya tergantung Anda. Anda memiliki kekuatan untuk menghipnotis diri untuk tetap tenang dan mengendalikan pikiran Anda. Afirmasi positif membantu Anda meningkatkan kesejahteraan bahkan kesuksesan Anda.

Mengapa afirmasi diperlukan?

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang tidak mencapai potensi yang paling maksimal adalah karena ia tidak mengambil langkah nyata untuk mencapai tujuan dan impian yang dimiliki. Orang itu hanya berpikir bahwa ada batasan yang perlu diperhatikan. Dan itulah yang ditanamkan oleh orang tuanya.
 
Untuk mencapai kesuksesan dan mewujudkan tujuan yang Anda miliki, Anda harus memiliki keberanian untuk melangkah maju, apapun rintangan yang harus dihadapi. Oleh karena itu, afirmasi diperlukan agar Anda dapat mencapai kesuksesan dari hari ke hari.
 
Setiap kali Anda mengatakan afirmasi positif, Anda mengirimkan pesan positif ke pikiran alam bawah sadar. Afirmasi positif juga mampu menarik kekayaan, kesehatan yang baik dan bahkan kenaikan status hidup Anda. 
 
Lalu, afirmasi apa saja yang harus kita katakan pada diri sendiri agar kita memiliki tindakan yang benar dalam mengejar tujuan dan impian kita?
 

1. Tubuhku adalah tubuh yang sehat. Saya memiliki pemikiran yangc erdas dan jiwa yang tenteram. 

Tubuh yang sehat dihasilkan oleh pikiran dan jiwa yang sehat. Jika Anda memiliki emosi negatif, maka ini akan memengaruhi tubuh Anda. Anda adalah penentu utama yang membuat tubuh Anda sehat atau sakit. 
 
Anda juga bisa menarik ijin setiap penyakit untuk masuk ke dalam tubuh Anda secara sadar maupun tidak.Anda dapat menaklukkan penyakit tersebut dengan mengucapkan afirmasi positif kepada diri sendiri. Jadi katakanlah afirmasi ini setiap hari agar Anda tetap memiliki tubuh, jiwa dan pikiran sehat.
 

2. Saya percaya bahwa saya dapat melakukan segala hal.

Anda harus mengatakan ini kepada diri Anda setiap hari. perkataan ini adalah perkataan yang penting untuk menumbuhkan semangat dan keberanian diri setiap harinya. Perkataan ini juga memampukan Anda untuk melakukan apapun bahkan semua hal yang ada di dalam pikiran Anda.
 

3. Setiap hal yang terjadi sekarang ini adalah untuk kebaikan saya sendiri.

Tidak ada yang namanya kecelakaan, korban atau bahkan kebetulan. Anda hanya akan menarik apa yang menjadi bagian Anda. Pahamilah dari lubuk hati Anda bahwa segala sesuatu yang terjadi karena ada satu alasan dan untuk menghasilkan sinkronisasi yang sempurna. Jadi jangan lagi menganggap bahwa Anda adalah korban atau sesuatu yang terjadi hanyalah sebuah kebetulan.  
 

4. Saya adalah arsitek dari kehidupan saya. Saya membangun dasarnya dan saya juga yang memilih isinya.

Afirmasi adalah perkataan yang harus Anda ucapkan pada diri sendiri setiap kali Anda bangun di pagi hari. Setiap hari merupakan sebuah awal baru yang menawarkan Anda kesegaran dan kesempatan untuk memberikan dampak. Anda dapat menentukan hal yang akan Anda lakukan sepanjang hari karena Anda adalah arsiteknya.
 
Ucapkan afirmasi yang membuat pikiran dan perasaan Anda menjadi positif setiap pagi. Jika Anda memulai dengan pikiran dan perasaan yang positif, hari Anda akan menjadi sesuatu yang menakjubkan. 
 

5. Saya mengampuni setiap orang yang merugikan saya di masa lalu dan saya berdamai dengan mereka.

Ini tidak berarti bahwa Anda dapat melupakan apa yang dilakukan mereka dengan cepat, tetapi perkataan ini menempatkan Anda pada suatu keadaan positif. Anda dapat mengambil pelajaran berharga dari setiap kejadian yang Anda.
 
Kemampuan Anda untuk mengampuni orang lain akan membuat Anda bergerak maju. Dan respon Anda tidak bergantung pada apa yang orang lain pikirkan tentang Anda.
 

6. Saya memiliki kemampuan yang tak terbatas untuk menaklukkan tantangan. Saya memiliki peluang yang tak terhingga untuk kesuksesan.

Sederhana, Anda tidak memiliki batasan apapun kecuali Anda sendiri yang membuatnya. Hidup seperti apa yang Anda impikan? Afirmasi positif ini akan memampukan Anda untuk melewati batasan yang ada.
 

7. Hari ini, saya meninggalkan kebiasaan buruk saya dan menggantinya dengan kebiasaan yang lebih baik.

Ketahuilah bahwa masa sulit yang Anda miliki adalah fase kehidupan yang harus dilalui. Masa sulit ini akan lenyap bersama dengan kebiasaan lama Anda saat Anda menggantikannya dengan kebiasaan baru. Anda adalah seseorang yang sepenuhnya beradaptasi dengan energi kreatif a dan membawa Anda ke ide-ide serta pola pikir baru yang cemerlang.
 

8. Saya mampu untuk mencapai hal besar.

Salah satu afirmasi yang kuat adalah dengan mengatakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan mampu untuk mencapai hal besar dalam hidup. Fokuskan diri Anda pada visi dan impian Anda. Sertakan emosi pada visi itu. Jika Anda percaya bahwa Anda mampu untuk mencapai hal-hal besar, maka Anda akan mewujudkannya. 
 

9. Hari ini, saya dipenuhi oleh energi dan kebahagiaan

Kebahagian timbul dari dalam diri, bukan dari luar. Ini juga dimulai ketika Anda bangun di pagi hari. jadi, bangun lah kebiasaan untuk memperkatakan perkataan positif ini setiap pagi. 
 

10. Saya menerima dan mencintai diri saya sepenuhnya.

Mencintai diri sendiri merupakan bentuk cinta yang paling murni yang berada pada level tertinggi. Ketika Anda mencintai diri Anda sendiri, Anda akan mampu untuk menghargai dan mengasihi diri sendiri.
 
Jika Anda merasa yakin dan bangga dengan hal yang Anda lakukan, Anda akan melihat diri Anda sebagai cahaya yang mendorong dan menginspirasi Anda untuk melakukan hal-hal besar yang lebih baik. Dan ini membawa Anda pada kesuksesan. 
 
Itulah 10 afirmasi positif yang dapat rekan pembaca katakan pada diri sendiri setiap harinya. Jika Anda melakukannya setiap hari, tanpa sadar Anda akan mampu untuk mengerjakan dan menarik peluang bagi diri sendiri. Percayalah pada diri Anda sendiri bahwa Anda mampu membuka setiap peluang. 
 
Setiap rekan pembaca layak untuk mencapai kesuksesan. Ini bergantung pada diri Anda sendiri. Apakah Anda akan menonton peluang yang ada atau Anda mengambil tindakan nyata dan mewujudkannya. Tanpa tindakan, afirmasi ini tidak akan membantu Anda mencapai kesuksesan Anda. jadi, bertindaklah dan ucapkan afirmasi ini agar Anda tetap berpikir positif dalam perjalanan menuju kesuksesan yang Anda impikan.

Featured Career Advice