×
STUDILMU Career Advice - Menghadapi Tipe Orang Negatif di Lingkungan Kerja
Emotional Intelligence

Menghadapi Tipe Orang Negatif di Lingkungan Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

5.    Permisi dari percakapan dengan sopan.
Jika seorang rekan kerja terlibat dalam percakapan santai dengan Anda dan percakapan itu berubah menjadi negatif, beri tahu mereka bahwa Anda ingin kembali bekerja. Ini membantu Anda keluar dari lingkungan negatif dan mencegah Anda terlibat dalam situasi yang tidak nyaman. Pastikan Anda bersikap sopan saat meminta maaf, sehingga karyawan memahami kebutuhan Anda untuk kembali bekerja.

6.    Jauhkan diri Anda dari situasi negatif.

Jika Anda secara teratur berada di sekitar karyawan tersebut, cobalah untuk menjauhkan diri dari kejadian-kejadian ketika Anda tahu mereka cenderung negatif. Jika mereka bekerja di dekat Anda, mintalah izin dari atasan Anda untuk mendengarkan musik saat Anda bekerja agar mereka tidak mengganggu Anda. Anda juga dapat menggunakan waktu istirahat untuk melepaskan diri dari situasi tersebut dan berjalan-jalan di luar. Ambil napas dalam-dalam dari udara segar, dan cobalah untuk menenangkan diri dan rileks kembali.

7.    Tetapkan batasan yang jelas
Ketika seorang rekan kerja secara konsisten menunjukkan sikap negatif mereka, Anda mungkin perlu menetapkan batasan Anda dengan mereka untuk memastikan Anda tetap produktif, fokus, dan positif. Jelaskan secara profesional dan jelas bahwa Anda ingin bekerja di lingkungan yang positif dan lebih suka hanya membahas masalah pekerjaan dengan mereka. Ini membantu menetapkan niat Anda untuk hanya fokus pada pekerjaan dan menjelaskan bahwa Anda ingin menjadi bagian dari suasana yang positif.

8.    Fokuskan waktu dan energi Anda pada diri sendiri
Jika seorang rekan kerja bertindak negatif, cobalah untuk lebih berusaha dalam pekerjaan Anda daripada menanggapi hal-hal negatif sehingga Anda dapat tetap produktif dan bersemangat dengan pekerjaan Anda. Jika seorang rekan kerja mencoba memberikan komentar negatif, arahkan perhatian Anda ke pekerjaan Anda sendiri, dan jangan pedulikan itu.


Mungkin banyak orang negatif yang ada di sekitar Anda dan Anda tidak bisa menghindarinya. Jangan lengah dan ikut terbawa dampak negatif dari orang tersebut, maka dari itu Anda harus menilai hal-hal negatif tersebut menjadi positif dan membantu rekan kerja Anda agar dapat keluar dari pikiran negatifnya. Maksimalkan kekebalan Anda untuk tidak terpengaruh negatif. Artikel ini dapat menjadi acuan Anda. Selamat mencoba!

 



Source:
Dealing With People You Can’t Stand – Dr. Rick Brinkman & Dr. Rick Kirschner
https://www.thebalancecareers.com/how-to-deal-with-a-negative-coworker-negativity-matters-1917875
https://www.cbs.com.sg/events/stress-free-way-deal-difficult-negative-people-work/
https://www.indeed.com/career-advice/starting-new-job/how-to-deal-with-negative-coworkers
https://www.thebalancecareers.com/want-to-become-a-better-listener-1918650

 

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice