×
STUDILMU Career Advice - Menghadapi Tipe Orang Negatif di Lingkungan Kerja
Emotional Intelligence

Menghadapi Tipe Orang Negatif di Lingkungan Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Bagaimanakah tipe orang yang negatif itu?
Orang negatif terlalu banyak memikirkan hal yang benar-benar belum terjadi, bisa dikatakan orang yang negatif adalah orang yang gampang putus asa. Ia akan gampang menyerah dalam keadaan yang menurut nya sulit/tidak sesuai. Karena itu, dia akan selalu melihat semua hal dari sisi negatif dan dia akan selalu terpaku dengan perspektifnya yang seperti itu.


Apa pentingnya berurusan secara profesional dengan rekan kerja yang negatif?
Beberapa tempat kerja mungkin memiliki karyawan yang menyebarkan opini dan sikap negatif ke lingkungan kerja. Penting untuk mempelajari cara menangani hal negatif ini sehingga Anda dapat tetap positif dan termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Jika Anda berhasil berinteraksi dengan rekan kerja yang negatif, Anda dapat membantu seluruh kantor merasa lebih positif dan produktif.


Anda juga dapat menggunakan profesionalisme Anda untuk membantu rekan kerja yang negatif menemukan sumber daya untuk membantu mereka menemukan solusi untuk masalah mereka. Ini dapat menciptakan suasana yang lebih positif bagi Anda dan karyawan lainnya.
Bagaimana cara untuk menghadapi orang yang negatif?


Apabila Anda berurusan dengan orang yang negatif Anda dapat bergerak menuju penyelesaian masalah. Anda harus melakukan rencana-rencana tindakan yang dapat membantu seperti berikut ini,
1.  Ikuti Aliran.
Langkah terburuk yang bisa diambil dalam berhubungan dengan orang yang negatif adalah mencoba meyakinkan mereka bahwa keadaan tidak sedemikian buruk, dan ada orang lain yang tidak seberuntung dia. Dengan memaksa dia harus berpikir positif dan memberi pemahaman seperti tersebut, Anda akan tertular menjadi orang negatif sama sepertinya. Hal yang dapat Anda lakukan adalah biarkan saja dia terus berpikir negatif sesukanya.
2.  Pakai Mereka Sebagai Sumber.
Orang negatif tidak selamanya dapat berdampak negatif bagi hidup Anda, Anda dapat membangun watak positif dalam diri Anda, caranya adalah dengan bergaul bersama orang negatif tersebut. Alih-alih memaksakan mengubah orang negatif menjadi positif, mempertahankan sikap positif dalam diri Anda sendiri dan mencegah Anda jatuh menjadi orang negatif yang sama. Anggaplah sebagai latihan diri bagi Anda.
3.  Biarkan Pintu Tetap Terbuka.
Orang negatif cenderung memiliki pemikiran yang berbeda, setiap usaha untuk mendorong mereka mengambil keputusan malah akan membuat mereka menunda dan memperlambat laju pengambilan keputusan. Caranya adalah Anda dapat isyaratkan bahwa pintu Anda terbuka lebar dengan memberi tahunya seperti “Jika Anda berubah pikiran, beri tahu lah kepada saya” atau “jika sudah ada keputusan Anda bisa datang kepada saya.”



 

Featured Career Advice