×
STUDILMU Career Advice - Investasi yang Sebaiknya Dimiliki Oleh Karyawan
Tips of Management

Investasi yang Sebaiknya Dimiliki Oleh Karyawan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa Itu Investasi?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi adalah penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau project untuk memperoleh keuntungan. Investasi mungkin terdengar cukup asing untuk beberapa orang, terutama yang tidak terlalu familiar dengan dunia perekonomian. Tapi sebenarnya investasi sendiri sudah banyak dilakukan sejak dahulu, bahkan orang tua yang membelikan beberapa rumah agar kelak anaknya bisa tinggal di rumah yang dibelikan olehnya juga sebenarnya merupakan salah satu bentuk dari investasi. Jika ditelisik dari pengertian investasi dari KBBI, mungkin pengertian investasi saat ini sudah mulai bergeser, hal ini dikarenakan investasi bukan hanya berupa menanamkan uang atau modal pada sebuah usaha, tapi lebih mengarah kepada mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Ketika pandemi Covid-19 muncul pada Maret 2020, hampir semua saham terjun bebas, karena banyak sekali sektor usaha yang jatuh bahkan gulung tikar. Krisis ini pun akhirnya menyebabkan munculnya resesi ekonomi. Ketika harga saham terjun bebas pada bulan Maret 2020, banyak investor yang merasa sangat was-was karena nilai sahamnya turun, tidak sedikit yang menjual sahamnya di saat itu. Tapi, beberapa orang yang cukup cerdik justru malah membelinya, mereka mengetahui bahwa ini saat yang tepat untuk membeli saham bernilai bagus dengan harga murah. Seiring berjalannya waktu, meskipun pandemi Covid-19 masih ada sampai Januari 2021 namun harga saham makin menaik. Itu adalah salah satu contoh dari bentuk investasi yaitu saham. Setiap investasi akan memiliki tingkat risiko dan tingkat return yang berbeda. Saham merupakan investasi yang memiliki kriteria high risk high return, karena memang memiliki risiko sangat tinggi.

Investasi sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa pun, investasi bukan hanya bisa dilakukan oleh para orang kaya, konglomerat, pejabat atau orang yang memiliki uang tidak terbatas. Seorang mahasiswa pun sebenarnya juga bisa memiliki investasi sedari dini. Salah satu yang juga bisa memiliki investasi adalah karyawan. Mungkin banyak yang mengelak, “bagaimana bisa karyawan punya investasi? Buat makan saja pas-pasan”. Itu merupakan pernyataan yang sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Siapa pun jika memiliki niat untuk menabung, maka mereka pun bisa memiliki investasi. Karyawan yang memiliki gaji UMR, atau gaji 2 jutaan pun bisa memiliki investasi, contohnya seperti reksa dana. Reksa dana memiliki nilai yang kecil, Anda bisa membeli reksa dana dengan harga 10.000. Murah bukan?

Semua orang sebenarnya bisa melakukan investasi selama mereka memiliki niat dan mau belajar untuk membeli instrumen investasi yang cocok untuk dirinya. Tapi sebelum asal membeli investasi, ada baiknya untuk menanyakan terlebih dahulu kepada diri tentang investasi.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Bagi Karyawan?

Investasi sebenarnya merupakan hal yang sangat menarik, sekali Anda membeli salah satu instrumen investasi, Anda akan merasa “ketagihan” untuk membeli lagi atau bahkan mencoba membeli instrumen investasi lainnya.

Halaman Sebelumnya 1234

Featured Career Advice