STUDILMU Career Advice - Dapatkah kita belajar secara online ?

Dapatkah kita belajar secara online ?


by Studilmu Editor
Posted on Dec 13, 2017

Salah satu perdebatan paling lama di bidang training adalah, apakah kita bisa mendapatkan  keuntungan dari belajar e-learning, apakah kita memiliki kemampuan menyerap informasi dengan cara ini, dapatkah kita mempelajari keterampilan baru dan memperluas pengetahuan dengan belajar secara virtual ? Kami menyadari keberatan orang-orang yang berpendapat bahwa komputer seringkali lambat merespon dan banyak gangguan, itu tantangan bagi kami untuk menggali lebih banyak dan melihat faktor lain dari keuntungan pembelajaran online.
 
Faktanya, tidak semua individu bisa menerima satu metode pengajaran dengan cara yang sama. Beberapa belajar secara visual dan yang lain belajar dengan pengulangan atau penulisan, beberapa orang lebih suka belajar sendiri, sementara orang lain membutuhkan seseorang untuk selalu membimbing mereka, ada yang ekstrovet dan merasa nyaman berbicara didepan orang, serta ada yang introvert dan takut untuk berkomunikasi secara terbuka di dalam kelas. E-learning merespon kebutuhan yang berbeda dengan menggunakan alat yang berbeda dan berbagai metode.  Misalnya, e-learning menawarkan konten audio visual atau interaktif dalam pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta yang masih muda. E-learning bisa dikomunikasikan melalui email, forum dan chat, bahkan memungkinkan para introvert untuk ikut serta dalam percakapan terkait.
 
Jika dibandingkan dengan pembelajaran tradisional, secara signifikan e-learning mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari informasi. E-learning juga menawarkan akses ke sumber online, database, majalah, jurnal dan materi lain yang tidak bisa di akses dari perpustakaan. Apabila peserta mengalami kesulitan dalam memahami kursus, dapat mengakses langsung ke materi online tambahan, tanpa batas dan gratis. Hal itu dapat memaksimalkan waktu belajar daripada mencari informasi (menurut Serendipity, mencari informasi dapat menjadi proses belajar bagi diri sendiri). Banyak sekali bukan manfaat penggunaannya? E-learning? Why not.
 
Belajar online dalam praktek
 
Universitas sudah menggunakan kekuatan e-learning untuk pengantar kuliah kepada mahasiswa di seluruh dunia, secara gratis. Saat ini Universitas mendapat tantangan dalam memberikan pendidikan, menggabungkan teknologi dengan pendidikan secara keseluruhan untuk menghasilkan tujuan yang akan memberdayakan institusi pendidikan, membedakannya dan memungkinkannya untuk mengembangkan lokasi mahasiswa di seluruh dunia. Harvard dan MIT adalah dua dari universitas paling  terkenal yang telah meluncurkan program yang berfokus pada kelas online secara gratis. Rekaman video Harvard dan ceramahnya online, Sehingga mahasiswa dapat melihat dan mengulangnya jika mereka melewatkan ceramah atau perlu pemahaman lebih dari bagian tertentu.
 
Coursera adalah sebuah lembaga yang membantu universitas menawarkan kelas online melalui platformnya secara gratis. Perusahaan-perusahaan di dunia sudah menerima sertifikat yang ditawarkan Coursera sebagai sertifikasi yang valid, jika mereka telah selesai belajar di universitas nya. Materi dasarnya sama, yang berbeda adalah medianya. Harvard misalnya, menjalankan kursus online dengan sangat serius, membuat rekaman kelas dan disampaikan secara online. Harvard bahkan telah merancang khusus di dalam kampusnya, memperkerjakan videografer, dan spesialis untuk membuat dan menciptakan konten yang sempurna untuk disampaikan melalui platform onlinenya.
 
STUDILMU memiliki sarana belajar online, dimana Anda bisa memiliki learning management system (LMS) secara mandiri. STUDILMU LMS sangat mudah digunakan dengan harga terjangkau. Untuk mengetahui lebih detail, silakan klik link ini: STUDILMU LMS.

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

20 Cara Baru untuk Memberi Hadiah kepada Karyawan

Rapat Kerja yang Efektif

Aplikasi Sosial Media dan Pengaruhnya

Memberikan Umpan Balik Konstruktif

Sikap Positif Menunjang Kesuksesan Anda

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak

4 Strategi Meraih Keseimbangan Hidup Bagi Pengusaha

Tetap Semangat Mencapai Impian

5 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Menghadiri Wawancara Kerja

Menjadi Selangkah Lebih Maju

Pemimpin, Hentikan Perilaku Ini

Tips Sederhana Mempersiapkan Diri sebelum Wawancara Kerja

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z