×
STUDILMU Career Advice - Cara Mendapatkan Reputasi yang Baik
Self Improvement

Cara Mendapatkan Reputasi yang Baik

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Di dalam dunia kerja dan bisnis, reputasi adalah salah satu hal yang sangat penting. Siapapun ingin memiliki reputasi profesional terhadap klien mereka atau reputasi yang baik di antara rekan-rekan kerjanya. 
 
Reputasi yang baik dapat dibentuk dari sikap dan kinerja kerja kita. Semua orang pasti setuju bahwa reputasi yang baik adalah sesuatu yang tidak bernilai harganya. Maka dari itu, reputasi yang baik layak diberikan kepada mereka yang benar-benar layak mendapatkan kesan ini. Reputasi ini dapat dinilai dari bagaimana kita bekerja, bagaimana kita berinteraksi dengan rekan-rekan kerja, sampai bagaimana kita menghadapi permasalahan yang begitu sulit untuk diselesaikan. Lalu, bagaimana jika tidak ada satupun orang-orang di sekitar kita yang memperhatikan kinerja baik yang kita lakukan ini?
 
Mungkin kita semua pernah berpikir untuk mendapatkan ‘perhatian’ dari bos atau rekan-rekan kerja atas kinerja yang kita lakukan, kita harus bekerja lebih lama lagi dari waktu yang telah ditentukan, menjawab semua telepon yang masuk, membantu pekerjaan rekan-rekan kerja, mengikuti banyak pertemuan penting dan menjadi peserta pertemuan yang aktif, atau melakukan cara-cara lain agar kita mendapatkan reputasi yang baik di kantor. 
 
Namun, baru-baru ini penelitian membuktikan bahwa cara paling ampuh untuk meningkatkan reputasi profesional adalah dengan membangun kepercayaan diri sendiri
 
Kepercayaan diri seperti apa yang sebenarnya diperlukan dalam hal ini? Kepercayaan diri yang diperlukan adalah kita memiliki kepercayaan pada setiap ide dan motivasi yang dimiliki tanpa ada rasa ragu dan takut untuk mewujudkannya. Dalam kata lain, kita akan konsisten dengan segala tujuan yang dimiliki. 
 
Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan melakukan segala hal yang kita yakini dapat kita lakukan. 
 
Saya tahu bahwa hal ini mungkin terlihat aneh, namun ini adalah sebuah kenyataan baru. Tanpa kepercayaan diri, kita tidak dapat melakukan segala hal dengan sebaik mungkin. Pesan inti dari artikel ini adalah kita harus mempercayai diri kita sendiri terlebih dahulu sebelum orang lain mempercayai kita. Jika itu sudah berhasil dilakukan, maka reputasi yang baik akan datang kepada kita. 

Featured Career Advice