×
STUDILMU Career Advice - 8 Soft Skills Penting di Dunia Kerja
Self Improvement

8 Soft Skills Penting di Dunia Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Yeay! Selamat Anda sudah lulus kuliah. Setelah wisuda dan dinyatakan lulus dari pendidikan, selanjutnya bagaimana menentukan karir? Beberapa diantaranya ada yang memutuskan untuk melanjutkan studi S-2, mencoba menjadi entrepreneur, atau menjadi karyawan di suatu perusahaan. Lalu apakah Anda sudah siap untuk terjun di dunia pekerjaan?
 
Survei yang dilakukan oleh Hay Group terhadap 450 pemimpin perusahaan dan 450 fresh graduate di beberapa negara seperti India, Cina, dan Amerika; sebanyak 76% menyatakan bahwa fresh graduate belum siap terhadap pekerjaannya.
 
Mungkin Anda berpikir, “kok bisa”? Sebenarnya ada beberapa gap antara keterampilan yang dimiliki oleh fresh graduate dan yang sebenarnya dibutuhkan di dunia pekerjaan. Pahami perbedaan antara yang Anda miliki dan yang sebenarnya dibutuhkan di dunia kerja. Beberapa hal yang mungkin sudah Anda persiapkan untuk memasuki dunia pekerjaan diantaranya adalah :
 

1. Kompetensi Dasar

Anda yang telah menempuh pendidikan di dunia perkuliahan pasti sudah mendalami berbagai bidang ilmu. Mulai dari yang bersifat teknis ataupun sosial. Segala macam teori dan praktik dasarnya sudah Anda kenyam selama pendidikan.
 

2. Ambisi

Sebagai anak muda yang akan memasuki dunia pekerjaan, Anda pasti memiliki ambisi yang besar untuk sukses!
 

3. Passion

Mungkin di antara Anda saat mengenyam dunia pendidikan dulu sudah mulai menemukan passion Anda. Apa yang Anda minati saat melakukan suatu pekerjaan, dan hal ini yang mendorong Anda untuk melamar di perusahaan dan pekerjaan tertentu sesuai dengan passion yang Anda miliki.
 

4. Tech Smart

Hidup di era teknologi canggih yang membantu kehidupan menjadi terasa lebih mudah, Anda pasti sangat familiar dengan penggunaan teknologi ini. Hal ini yang menjadi nilai tambah Anda di tempat pekerjaan.

5. Komitmen

Setelah Anda mendapatkan pekerjaan pertama (apalagi sesuai dengan passion), pasti Anda sangat berkomitmen terhadap pekerjaan itu.
 
Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diasah fresh graduate untuk bisa sukses di dunia pekerjaan, yaitu beberapa hal terkait soft skill. Salah satu contohnya adalah dalam hal kecerdasan emosi. Penelitian yang dilakukan oleh Jameson (School of Business and Humanities) beserta tim, menyatakan bahwa beberapa fresh graduate kurang menyadari pentingnya peran kecerdasan emosi di lingkungan profesional. Padahal, kualitas ini sangat dibutuhkan untuk motivasi, meningkatkan fokus, dan kolaborasi di dunia kerja. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Hay Group, sebanyak 70% fresh graduate percaya bahwa keterampilan teknis (hard skill) lebih dari penting dari soft skill, dan 69% fresh graduate menganggap soft skill hanya akan menghalangi mereka dari menyelesaikan pekerjaannya dengan baik. Sementara, 85% dari pemimpin bisnis hanya melihat hard skill sebagai kebutuhan dasar dari proses rekrutmen saja dan soft skill-lah yang membedakan antara karyawan satu dengan yang lainnya, serta 91% dari pemimpin bisnis mengaggap karyawan yang memiliki soft skill yang baik akan memiliki peningkatan keahlian yang lebih pesat. Sebanyak 90% para pemimpin bisnis percaya bahwa karyawan dengan soft skills yang kuat akan menciptakan dampak yang lebih baik bagi perusahaan. 
Lalu, apa saja soft skills yang berdampak sangat signifikan tersebut? Beberapa soft skills yang perlu Anda kembangkan untuk bisa sukses di dunia kerja adalah:
 

1. Kemampuan bekerja sama (Kolaborasi)

Kemampuan ini sangat penting. Saat Anda bekerja di suatu perusahaan kemungkinan besar Anda akan berhubungan dengan rekan dari divisi lain dengan tangung jawab, keahlian, dan gaya kerja yang berbeda. Hal ini mengharuskan fresh untuk bisa saling berkerja sama satu sama lain.
 

2. Daya tahan (Resiliensi)

Saat baru memasuki dunia pekerjaan mungkin Anda akan merasakan shock dikarenakan banyak sekali perbedaan dari yang biasanya Anda jalani di kehidupan perkuliahan. Kemampuan daya tahan Anda benar-benar diuji di sini. Apakah Anda siap?

3. Terbuka akan keberagaman

Di perusahaan tempat Anda bekerja, Anda akan menemukan orang-orang dari suku, ras, agama, dan golongan yang berbeda. Maka dari itu bertoleransi akan keberagaman menjadi sangat penting untuk kompak satu sama lain.
 

4. Kemampuan beradaptasi

Ingat, Anda sekarang memasuki dunia pekerjaan. Hal ini sangat berbeda saat Anda masih duduk di bangku perkuliahan dulu. Di sini Anda akan bertemu orang-orang dengan kepribadian yang berbeda bahkan mungkin dari generasi yang berbeda pula. Kemampuan beradaptasi ini menjadi suatu hal yang utama!
 

5. Berempati dengan orang lain

Berempati adalah merasakan kebutuhan/perasaan orang lain. Salah satu contohnya, saat Anda sedang bekerja, ada saatnya tugas pekerjaan Anda sudah selesai, sementara tugas rekan Anda masih banyak menumpuk. Pada saat ini Anda diharapkan untuk dapat membantu pekerjaan orang lain meskipun hal tersebut bukan merupakan tanggung jawabmu.
 

6. Keterampilan berkomunikasi

Ada saatnya Anda berkoordinasi dengan orang lain dari divisi yang berbeda, atau saat Anda presentasi di kantor. Kemampuan berkomunikasi ini menjadi sangat penting saat Anda ingin menyampaikan pesan Anda dengan orang lain. Ada beberapa orang dengan tipe kepribadian yang berbeda, mereka lebih nyaman dengan pendekatan komunikasi yang berbeda pula.
 

7. Pendengar yang baik

Tidak hanya menjadi komunikator yang baik, kemampuan mendengarkan juga menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan. Kemampuanmu mendengarkan memungkin orang lain merasa lebih dihargai dan dimengerti, sehingga koordinasi berjalan dengan lebih lancar.
 

8. Disiplin

Hal ini sudah menjadi hal yang mutlak harus dimiliki semua orang untuk bisa sukses. Sering kali Anda dihadapkan dengan serangkaian deadline yang harus ditepati. Kemampuanmu dalam hal manajemen waktu juga sangat dibutuhkan. Anda dituntut untuk profesional dalam setiap pekerjaan.
 
Jika ingin menyelenggarakan training soft skills, silakan menghubungi kami di:
021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com

Featured Career Advice