×
STUDILMU Career Advice - 8 Cara Menemukan Tujuan Karier
Self Improvement

8 Cara Menemukan Tujuan Karier

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, apakah Anda telah menjalani karier Anda selama 1, 3, atau bahkan 5 tahun? Berapapun banyaknya waktu Anda berkarier, Anda pasti memiliki tujuan karier. Oh, tentunya ini bukanlah hal yang mudah, apalagi jika Anda tidak tahu ke arah mana Anda harus melangkah. Tetapi rekan pembaca tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan membahas 8 cara yang dapat membantu Anda menemukan tujuan karier dan mencapainya.
 

1. Visualisasikan kesuksesan itu sendiri. 

Untuk menemukan tujuan karier Anda, visualisasikan kesuksesan itu bagi Anda. jika Anda memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat memetakan posisi diri Anda saat ini dengan tujuan tersebut. tentunya Anda harus melakukan tugas-tugas yang jelas dan yang akan membawa Anda pada tujuan itu. Ini memerlukan fleksibilitas karena fleksibilitas adalah kunci dari keberhasilan. Anda harus membuat diri Anda sefleksibel mungkin agar Anda tetap mengadakan penyesuaian. Dan kunci fleksibilitas adalah persiapkan. Jadi, persiapkan diri Anda dengan pemahaman tujuan yang jelas dan arah yang jelas untuk mencapainya.
 

2. Lakukan penilaian.

Langkah kedua untuk menemukan tujuan karier adalah menilai diri Anda. ini adalah cara yang luar biasa. Lakukan brainstorming tentang semua hal yang Anda miliki saat ini dan berikan penilaian skala 1-10 bagi setiap aspek. Ini akan membantu Anda untuk menemukan 3 bagian teratas yang ingin Anda tingkatkan agar Anda lebih bahagia. Dengan begitu Anda akan mampu untuk menemukan tujuan karier yang sebenarnya.
 

3. Temukan ‘mengapa dan bagaimana.

Untuk mengetahui apa yang ingin Anda capai, Anda harus memiliki visi, memahami mengapa Anda memilih visi itu dan temukan hal yang memotivasi Anda. Inilah langkah yang membantu Anda menemukan tujuan karier. Selanjutnya temukan cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan itu. Anda harus ingat bahwa visi adalah proses progresif yang terdiri dari tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Jadi apa tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang Anda? Lalu strategi apa yang dapat Anda gunakan untuk mencapainya?
 

4. Mulailah dengan hal yang membuat Anda puas ketika membantu orang lain.

Ini adalah langkah terbaik untuk menemukan tujuan Anda. apa yang paling membuat Anda merasa puas ketika Anda membantu orang lain? Ini merupakan hal yang berpotensi menjadi tujuan karier yang sesuai bagi Anda. apakah Anda merasa puas ketika Anda berhasil mengajarkan coding kepada rekan Anda? atau apakah Anda merasa puas ketika Anda dapat membantu teman untuk melayani keluhan pelanggan? Apapun itu, temukan cara agar Anda dapat mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. ini adalah langkah yang tepat untuk menemukan tujuan karier yang sesuai dengan gairah dan keahlian Anda sehingga Anda akan lebih mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan.

5. Visualisasikan bagaimana Anda ingin dikenal.

Memvisualisasikan hal ini dapat dilakukan dengan bertanya pada diri sendiri ‘Perasaan apa yang saya inginkan, bagaimana orang lain mengenal saya, dan 3 hal apa yang ingin saya tunjukkan bahwa saya benar-benar terlihat ahli dalamnya?’ temukanlah jawaban yang Anda miliki dan renungkan. Ini dapat menjadi tuntunan untuk Anda menemukan tujuan dan cara untuk mencapainya. Sangatlah penting untuk Anda dapat beradaptasi dan terus belajar dengan tindakan nyata yang dapat Anda lakukan sepanjang perjalanan Anda. 
 

6. Temukan jalur Anda dan Alat yang dapat membantu.

Selanjutnya, untuk menemukan apa yang menjadi tujuan Anda, cobalah untuk berpikir dan bertanya pada diri sendiri, jika Anda hanya memiliki satu jalan, maka jalan mana yang Akan Anda pilih? Jawab dan nilai keterampilan, motivasi dan nilai-nilai yang Anda miliki yang dapat membantu Anda melangkah pada jalur tersebut. Temukan juga hal dari dalam atau dari luar yang dapat menjadi hambatan Anda nantinya. Apakah Anda telah memiliki bekal yang cukup untuk jalan yang Anda pilih? Senjatai diri Anda dengan alat, pelatihan dan bahkan kesadaran diri yang penuh untuk bergerak maju mencapai tujuan Anda. Pastikan bahwa Anda telah menyiapkan diri Anda dengan baik bersama setiap hal yang dapat menunjang keberhasilan Anda. 

7. Pertimbangkan setiap langkah yang Anda ambil.

Tanyakan dual hal ini pada diri Anda setiap kali Anda melangkah: ‘Apa yang benar-benar saya inginkan?’ dan ‘Apa yang harus dilakukan untuk mencapai keinginan saya tersebut?’ Inilah awal keajaiban terjadi. Kreativitas Anda akan mengalir dan Anda mengaktifkan pikiran bawah sadar Anda untuk menemukan hal-hal yang luar biasa, yang tidak seperti biasanya. Hal-hal ini akan membantu Anda mencapai tujuan sesuai dengan cara yang Anda inginkan.
 
Jadi setiap kali Anda mengambil langkah, pikirkan dan biarkan pikiran Anda menyalurkan kreativitas yang tidak pernah ada sebelumnya. Latih diri Anda dengan melakukan hal ini setiap kali Anda mengambil langkah demi langkah dalam mencapai tujuan. 
 

8. Berjanji pada seseorang bahwa Anda akan mencapai tujuan Anda.

Cara terbaik untuk menemukan tujuan karier Anda selanjutnya adalah dengan bertanya ‘Apa hal yang benar-benar saya pedulikan?’ Lalu, tanyakan orang lain hal apa yang mereka ketahui tentang Anda dan hal bermakna apa yang harus Anda lakukan saat ini. Ketika Anda telah menemukan tujuan itu, temukan seseorang yang Anda percayai. Sampaikan tujuan tersebut dan berjanjilah bahwa Anda akan mencapai tujuan tersebut. Lakukan tindakan nyata untuk mewujudkan tujuan Anda.
 
Ini akan memastikan bahwa Anda akan tetap berusaha mencapai tujuan itu. Orang tersebut akan menjadi penyemangat yang menyalakan motivasi Anda ketika nantinya Anda merasa tak dapat bergerak di tengah jalan. 
 
Inilah 8 cara yang dapat membantu Anda menemukan tujuan karier. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan tujuan yang benar-benar tepat dan sesuai. Sehingga, Anda mengetahui jalur yang harus Anda pilih dan strategi yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan tujuan tersebut. Selamat mencoba dan salam sukses rekan pembaca. 

Featured Career Advice