STUDILMU Career Advice - 6 Cara Mempertahankan Motivasi Diri

6 Cara Mempertahankan Motivasi Diri


by Studilmu Editor
Posted on Apr 06, 2019

 
Motivasi diri merupakan pemicu yang membuat Anda melakukan tindakan untuk mencapai tujuan dan memperbaiki hidup. Motivasi diri membuat kita memiliki semangat yang menyala-nyala dalam mencapai tujuan. Ya, inilah yang Anda perlukan agar Anda tetap konsisten dalam mencapai tujuan Anda. 
 
Bisakah rekan pembaca bayangkan jika Anda hidup tanpa memiliki motivasi diri? Wah, tentu saja hidup Anda akan berjalan dengan tidak karuan. Anda juga akan sulit mencapai tujuan Anda jika Anda tidak memiliki motivasi diri
 
Bagaimanakah setiap kita dapat mempertahankan motivasi diri sehingga kita tetap bersemangat di sepanjang perjalanan kita mencapai tujuan? Mari kita lihat beberapa cara berikut ini.

1. Perjelas jalan yang akan Anda tempuh.
Anda adalah orang yang mengenali apa yang membuat Anda puas. Seharusnya Anda tidak dibatasi oleh ketakutan, keraguan, atau kekhawatiran yang terkait dengan pendapat orang lain. Hidup Anda adalah kendali Anda sepenuhnya. Itulah yang memupuk motivasi diri Anda. Ini menggambarkan versi terbaik dari diri Anda dan juga mewakili impian, aspirasi, dan niat baik Anda. Ini memungkinkan segala sesuatunya terjadi.
 
Ini menyimpulkan bahwa Anda harus berfokus dengan pilihan yang Anda buat, bukan apa yang dikatakan orang lain. Anda harus membuat keputusan akan hal yang harus Anda lakukan dalam mencapai tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang yang Anda buat. Janganlah goyah dengan tekanan atau pengaruh yang diberikan orang lain. Perjelas jalan Anda dan lakukanlah dengan tepat.

2. Tetapkan tujuan S.M.A.R.T 
Tujuan yang Anda buat haruslah spesifik, dapat diukur, dapat dicapai, relevan dan tepat waktu. Ini harus sejalan dengan jalan yang Anda pilih untuk dilalui. Pastikan juga tujuan Anda tidak bertentangan dengan nilai-nilai pribadi Anda dan nilai moral yang berlaku di sekitar Anda. Dengan begitu Anda akan merasa puas dan bangga atas pencapaian yang berhasil dilakukan. Jadi apakah Anda telah membuat tujuan yang SMART? Periksa kembali tujuan Anda dan sesuaikan. Inilah cara yang tepat untuk mempertahankan motivasi diri.
 
3. Rancang tujuan Anda dengan langkah kecil dan penyelesaian sementara.
Selanjutnya, untuk mempertahankan motivasi diri, Anda perlu merancang tujuan dengan langkah kecil dan penyelesaian sementara yang dibutuhkan. Terkadang, Anda membuat tujuan yang sangat besar. Tentunya akan sulit bagi Anda untuk melacak kemajuan yang Anda buat. Untuk itulah Anda perlu melakukan langkah kecil dan membuat penyelesaian sementara agar Anda tetap termotivasi atas pencapaian yang berhasil Anda buat.
 
Tetapkan tenggat waktu untuk langkah kecil dan penyelesaian sementara yang Anda rencanakan. Ini akan menjadi inspirasi tambahan, karena itu akan menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan. Dan ketika Anda berhasil membuat penyelesaian sementara, rayakanlah. Berikan hadiah bagi diri Anda saat pencapaian tersebut. Apakah Anda ingin merayakan bersama teman-teman? Atau merayakannya dengan bepergian? Atau mungkin membeli barang mewah? Apapun itu, berikan hadiah bagi diri sendiri. Anda telah bekerja keras dan mencapai hasil, jadi, Anda layak mendapatkannya. 

4. Memiliki teman yang bersedia membantu.
Cara selanjutnya untuk mempertahankan motivasi diri adalah dengan memiliki teman yang bersedia membantu. Beri tahu teman atau anggota keluarga tentang tujuan Anda dan minta orang tersebut untuk menjadi mitra pertanggungjawaban Anda saat Anda hendak memeriksa pencapaian sementara atau tanda-tanda kemajuan lainnya.
 
Atau, bagikan tujuan Anda dengan seorang mentor ataupun rekan kerja. Laporkan kemajuan yang berhasil Anda buat dan jangan lupa untuk meminta bantuan, saran dan masukan jika Anda membutuhkannya. 

5. Ciptakan energi positif dengan mempercayai diri sendiri.
Tuliskan pikiran dan refleksi diri Anda dalam sebuah jurnal yang dapat Anda lihat kembali sebagai sumber motivasi diri. Setiap kali Anda merasa motivasi diri Anda merosot, lihat kembali jurnal tersebut dan dapatkan kembali motivasi diri Anda. Jangan biarkan diri Anda melakukan penundaan. Lakukan apa yang harus Anda lakukan dan ciptakan energi positif Anda dengan percaya pada diri sendiri. Percayalah bahwa Anda memiliki kemampuan yang luar biasa dalam diri Anda. 

6. Temukan peluang yang dapat mendekatkan Anda dengan tujuan Anda.
Cara yang terakhir dalam mempertahankan motivasi diri adalah menemukan peluang yang dapat membawa diri Anda semakin dekat dengan tujuan yang Anda miliki. Apakah Anda familiar dengan istilah ‘berpikir di luar kotak?’ Ini sama saja dengan ‘lakukan.’ Ya, lakukan saja apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Perhatikan setiap kemajuan yang Anda buat. Adakan penyesuaian dan hilangkan hal-hal yang menjadi penghambat perjalanan Anda agar Anda tetap berada dalam jalur yang tepat.
 
Dapatkan pengetahuan atau keterampilan tambahan apa pun yang diperlukan untuk membawa Anda ke tempat yang Anda inginkan. Cari peluang untuk menggunakan dan mengasah pengetahuan serta keterampilan tersebut,bergabung menjadi sukarelawan misalnya. Atau bergabunglah dengan organisasi yang berkaitan. Lakukan apa pun untuk memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan. Ini juga membantu Anda mendapatkan lebih banyak pengakuan. 
 
Itulah 6 cara yang dapat mempertahankan motivasi diri Anda. Tetaplah termotivasi dalam perjalanan karier Anda sampai Anda benar-benar berhasil mendapatkan apa yang Anda impikan. Dan ketika Anda berhasil, banggalah pada diri sendiri karena Anda dapat menjadi orang yang sangat dihargai seperti yang Anda inginkan. Anda berhasil mencapai tujuan yang berorientasi pada tindakan. Banyak orang tidak bisa mengatakan itu secara sah.
Featured Career Advices

Magang adalah Peluang Karier yang Berharga

8 Manfaat Media Sosial

4 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

7 Karakter Unik yang Membawa Kebahagiaan Sejati dan Kesuksesan

3 Kunci Kesuksesan Tim

3 Cara Mempertahankan Hubungan Profesional

11 Karakter Orang Baik yang Membawa Perkembangan Karier

10 Cara Orang Sukses untuk Tetap Tenang

6 Cara Bersosialisasi Ala Kaum Milenial

3 Cara Menghadapi Masalah: Ketidakpuasan Kerja

4 Cara Menangani Korupsi Waktu yang dilakukan Karyawan

10 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Rapat Kerja

6 Cara Transfer Pelatihan Kerja ke Praktek Kerja Lapangan

4 Cara Menghilangkan Stres dengan Terapi EFT

10 Ciri Orang Sukses

8 Cara Memaksimalkan Akhir Pekan

3 Keterampilan Abad 21

4 Cara Menjaga Nama Baik Perusahaan secara Online

6 Makanan Sehat Penambah Produktivitas Kerja

5 Nilai Positif dari Aplikasi Permainan Anak: Candy Crush

5 Cara Manajemen Krisis ala Pemimpin Hebat

3 Cara Meningkatkan Semangat Pagi

5 Tips Kepercayaan Diri Para Pengusaha Sukses

4 Cara Memperbaiki Diri dan Mendapatkan Promosi

10 Cara Mengembangkan Usaha melalui Persaingan Bisnis

10 Resolusi Konflik di Tempat Kerja

3 Cara Mendapatkan Teman Banyak dan Mempengaruhi Orang Lain

4 Cara Menghadapi Kompetitor dengan Cara Pintar

Simpati dan Empati, Mana yang Terbaik?

Keteguhan Hati