×
STUDILMU Career Advice - 4 Pertanyaan Mendasar
Self Improvement

4 Pertanyaan Mendasar

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Terkadang Anda secara tidak sengaja mengatakan hal-hal yang menakut-nakuti rekan kerja Anda untuk memikirkan sesuatu yang mungkin jauh lebih buruk daripada itu.
 
Walaupun mungkin ada frasa yang menyebabkan reaksi negatif kepada rekan kerja Anda, ada juga beberapa frasa yang dapat membuat rekan kerja Anda tersenyum, bahkan frasa tersebut dapat meningkatkan hubungan baik di tempat kerja Anda.
 
Sungguh, cobalah satu dari pertanyaan di bawah ini, Anda mungkin saja membuat hari rekan kerja Anda menjadi lebih baik. 

1. “Bagaimana Saya Bisa Membantu”

Sangat wajar jika Anda terjebak dalam kesibukan pekerjaan Anda sendiri, karena bagaimanapun juga, itu adalah pekerjaan Anda. Namun, jika Anda selalu terlihat terlalu sibuk untuk dapat berhubungan dengan rekan kerja Anda, maka Anda hanya mempunyai keterlibatan yang sedikit dalam berinteraksi dengan rekan kerja Anda
 
Perbaikan yang mudah adalah dengan memperhatikan keadaan sekitar dari meja kerja Anda dan bertanya kepada rekan kerja Anda, apa yang sedang dikerjakan oleh rekan kerja Anda. Mungkin ada urusan rekan kerja Anda yang dapat Anda bantu selesaikan. Pertanyaan ini secara kuat memperkuat gagasan bahwa Anda adalah pemain tim yang bersedia meluangkan waktu dari jadwal Anda untuk mendukung orang lain di dalam tim Anda. Hal ini juga akan membuat Anda terlihat lebih ramah, lebih mudah didekati dan tentunya, lebih menyenangkan. 

2. “Bisakah Anda Memberi Tahu Saya Lebih Banyak?”

Mungkin Anda benar-benar terlalu sibuk untuk memberikan bantuan, tetapi saya yakin Anda memiliki beberapa menit untuk mendengarkan rekan kerja Anda secara aktif. Dan kadang-kadang, itu semua yang diperlukan untuk membuat hari rekan kerja Anda menyenangkan.
 
Apakah Anda pernah merasa perlu memberikan ringkasan satu baris tentang proyek terbaru Anda sehingga Anda tidak membuat bosan seseorang? Bandingkan itu dengan bagaimana rasanya ketika ada seseorang yang berkata bahwa dia mempunyai waktu dan minat untuk mendengar versi ide Anda yang sudah disempurnakan.
 
Ketika seseorang mendengarkan Anda, Anda akan merasa bahwa orang itu memperhatikan Anda, dan seseorang itu adalah orang yang dapat Anda hubungi di masa depan. Jadi lain kali, jika ada seseorang yang datang kepada Anda dan memberi tahu bahwa dia mencoba membuat protokol baru, dan berkata, “tetapi Anda mungkin tidak ingin mendengar semua tentang itu ...” tindak lanjuti dengan, “Jika Anda punya waktu, saya akan suka untuk mendengar lebih banyak dari Anda".
 

3. “Apa Pendapat Anda Tentang Ini?”

Ketika saya berbicara dengan seseorang di hari yang lain, dia melemparkan sebuah ide bahwa dia telah melakukan brainstorming dan bertanya apakah saya memiliki pemikiran tentang hal itu. Ketika Anda menghargai opini seseorang, Anda menunjukkan bahwa Anda ingin mendengar dari orang itu (dan semua orang ingin rekan-rekan kerja mereka memberikan pendapat dari apa yang mereka pikirkan). Jadi, bagikan sesuatu yang telah Anda pertimbangkan, dan tindak lanjuti dengan variasi apa pun dari "Apakah Anda punya saran?" Atau "Saya ingin mendengar pendapat Anda".

4. “Apakah Anda Ingin Minum Secangkir Kopi?”

Ya, menghabiskan sedikit waktu bersama di luar kantor untuk membangun ikatan Anda adalah taktik yang sangat jelas. Namun, biasanya, orang hanya minum kopi dengan rekan-rekan mereka yang memiliki hubungan kerja yang menakutkan. Karena dengan terus mengecualikan orang-orang yang tidak Anda kenal dengan baik, hanya akan membuat Anda tidak membangun suatu ikatan yang baru dan baik dengan rekan kerja lainnya.  
 
Jadi lain kali, jika Anda pergi untuk mengambil sesuatu untuk diminum, undanglah rekan kerja baru di tim atau orang yang tidak Anda kenal dengan baik di kantor untuk minum kopi atau teh bersama Anda. Bahkan jika Anda telah dijatuhkan dengan mereka sekalipun, Anda masih akan membuat kesan bahwa Anda mencoba mengenalnya lebih baik.
 
Setiap orang memiliki satu (atau dua, atau lima) rekan kerja yang mereka inginkan memiliki hubungan yang lebih baik. Cobalah salah satu pertanyaan di atas besok untuk membangun hal yang lebih baik dengan mereka SECEPATNYA.

Featured Career Advice