×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Tidak Menyukai Anda
Self Improvement

3 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Tidak Menyukai Anda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Menjalin hubungan dengan rekan kerja dapat menjadi salah satu tantangan yang lebih menantang (namun hal ini jarang dibicarakan) di tempat kerja modern. Meskipun akan ada beberapa rekan kerja yang dapat cocok dengan Anda dengan cepat, akan ada juga orang lain yang tidak akan cocok dengan Anda. Jika orang tersebut memiliki hubungan kerja yang sedikit dengan Anda, ketidakcocokan tersebut bukan masalah besar. Tetapi jika orang tersebut merupakan rekan kerja yang harus Anda hadapi secara sering atau setiap hari, tentu bukan hal yang nyaman untuk Anda. Memiliki rasa nyaman dalam menjalin hubungan kerja dengan rekan kerja adalah hal penting.
 
Inilah letak tantangannya. Jika Anda tidak segera mencari seseorang yang cocok, mungkin ada alasannya. Seperti halnya hubungan apa pun, beberapa orang tidak akan menyukai Anda, tetapi ketika Anda harus bekerja dengan seseorang, hidup menjadi jauh lebih mudah ketika Anda dapat menemukan beberapa kesamaan. Inilah cara yang dapat Anda lakukan untuk membangun kecocokan tersebut.
 

1. Berhentilah mencoba

Setelah Anda merasakan salah seorang rekan kerja terlihat kurang menyukai Anda, naluri alamiah adalah mencoba membuat orang itu menyukai Anda. Ini merupakan sebuah ide buruk saat Anda tidak tahu cara untuk melakukannya, tetapi kita manusia biasanya dapat mengetahui waktu yang tepat untuk seseorang berusaha dengan keras. Semakin Anda mencoba untuk mendapatkan sisi baik dari seseorang, semakin hal ini tidak akan berjalan dengan baik. 
 
Sebaliknya, hal yang tepat untuk Anda lakukan adalah melupakan saja masalah Anda dengan rekan Anda. Perlakukan dia sama seperti Anda memperlakukan orang lain. Jangan mencoba untuk membuat lelucon, memiliki obrolan ringan, dan menawarinya sesuatu. Percayalah, semakin cepat Anda berhenti untuk memenangkan hati rekan kerja Anda tersebut, semakin cepat Anda akan memenangkan hatinya.
 

2. Berhentilah berbicara

Beberapa orang mungkin memiliki kebiasaan gugup yang tidak menyenangkan ketika berbicara terlalu banyak. Ini mungkin merupakan hal terakhir yang ingin dilakukan orang tersebut. Jika seseorang tidak begitu menyukai Anda, obrolan Anda yang tanpa henti justru tidak akan membuat Anda disukai.
 
Sebaliknya, pilihlah untuk mendengarkan lebih dari yang Anda ucapkan, dan biarkan rekan Anda yang berbicara. Dia akan menghargai kesempatan itu untuk mengutarakan pikirannya dan menghargai fakta bahwa Anda tidak terus-menerus mencoba untuk berbicara. Seperti kata pepatah, diam adalah emas. Beri kesempatan kepada rekan Anda untuk melakukan semua pembicaraan, dan tak lama lagi Anda akan menemukan rekan kerja Anda akan bertanya tentang pendapat Anda. 
 

3. Meminta bantuan

Saat Anda telah menetapkan bahwa Anda ingin mencoba untuk mengesankan rekan kerja Anda, sebaliknya Anda malah merasa bahwa hubungan tersebut semakin buruk. Faktor yang membuat sesuatu hal dapat berhasil adalah kerendahan hati. Hampir semua orang merasa dihargai saat ia diminta untuk berbagi keahliannya, dan itu termasuk rekan Anda yang keras sekalipun.
 
Carilah keunggulan yang sangat menonjol darinya, dan temukan cara untuk meminta bantuannya. Jika dia adalah seseorang yang sangat menguasai Ms.Excel, tanyakan kepadanya tips tentang rumus sebuah table yang tidak Anda ketahui. Jika rekan Anda sangat unggul dalam akuntansi, minta dia untuk menjelaskan istilah-istilah yang tidak Anda ketahui. Anda sedang menerapkan sebuah ide cepat yang sederhana. Anda tidak sedang berusaha untuk membebani rekan kerja, justru Anda sedang memberinya kesempatan untuk menunjukkan keahliannya.
 
Terlepas dari banyak hal yang dikatakan oleh orang lain, tidak ada ramuan rahasia untuk membuat semua orang menyukai Anda. Tidak peduli seberapa menawan dan mengagumkan teman ataupun keluarga Anda, pada akhirnya Anda akan menemukan seseorang yang cocok tanpa perlu berusaha membuatnya menyukai Anda, hal yang menarik bukan? Namun, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat hidup sedikit kurang canggung. Ingatlah kiat-kiat ini, dan Anda akan mampu untuk melunakkan ketegangan dengan rekan kerja Anda. Dengan sedikit keberuntungan dan semua pesona yang Anda miliki, Anda dapat mengubah ‘musuh’ itu menjadi teman Anda di kantor.

Featured Career Advice