STUDILMU Career Advice - 4 Panduan Memilih Hadiah Untuk Rekan Kerja. Panduan ke-2 Perlu Anda Perhatikan.

4 Panduan Memilih Hadiah Untuk Rekan Kerja. Panduan ke-2 Perlu Anda Perhatikan.


by Studilmu Editor
Posted on Dec 27, 2018

 
Anda harus selektif dalam memilih hadiah yang tepat untuk rekan kerja di kantor. Mengapa? Karena Anda harus memberikan hadiah yang berkesan bagi mereka. Artikel ini berisi panduan untuk membantu Anda dalam memilih sesuatu yang sempurna.
 
Saat bulan Desember datang, banyak orang merasa bersemangat namun dilema untuk membeli hadiah spesial bagi orang-orang tersayang. Terlalu banyak hal yang mereka pikirkan, seperti “Siapa saja yang akan Anda berikan hadiah spesial pada tahun ini?” “Apa yang akan Anda berikan sebagai hadiah kepada rekan-rekan kerja?” “Berapa banyak uang yang akan Anda habiskan?” Bahkan Anda sampai memusingkan, “Dimana Anda harus membeli hadiah-hadiah spesial tersebut?” .
 
Pertanyaan-pertanyaan di atas mungkin terdengar sederhana, namun bisa membuat Anda sedikit stres saat memikirkannya. Jangan khawatir karena kami akan membantu Anda untuk mendapatkan ide tentang hadiah spesial yang dapat Anda berikan kepada orang tersayang. 
 
1. Tentukan siapa yang akan menerima hadiah spesial dari Anda
Sebelum membeli hadiah, ada baiknya jika Anda berpikir secara matang tentang siapa yang akan Anda berikan hadiah? Misalnya, orang tersebut adalah rekan kerja sekaligus sahabat terdekat Anda di kantor. Nah, jika penerima hadiah sudah semakin mengerucut, ini akan lebih muda bagi Anda untuk menentukan hadiah apa yang pantas untuk orang tersebut. Pastinya sebagai seorang sahabat Anda sudah mengetahui warna kesukaannya, barang yang diinginkan, dan lain-lain. Namun jika kantor Anda mengadakan acara tukar kado secara umum, Anda harus mencari hadiah yang universal. Maksudnya disini adalah, jangan sampai saat Anda membelikan hadiah yang dipakai untuk perempuan seperti aksesoris rambut yang cantik, namun ternyata penerima hadiah Anda seharusnya laki-laki. Waduh, ini bisa menjadi hal yang buruk nantinya. 
 
Jadi, hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli hadiah adalah Anda harus tahu terlebih dahulu, apakah acara tukar kado tersebut ditujukan secara umum atau kepada rekan kerja tertentu saja di kantor. 
 
Yang lebih penting adalah jangan lupakan siapa pun! Terutama jika Anda mendapatkan tema tukar kado secara umum, pastikan Anda membeli hadiah lebih untuk menghindari rekan kerja yang tidak mendapatkan hadiah dari Anda.
 
2. Jangan pilih kasih, ya!
Membeda-bedakan satu dengan yang lainnya, bukanlah sebuah ide yang baik. Terlebih lagi jika Anda mencoba untuk memberikan hadiah yang berbeda dan unik kepada pihak manajemen seperti bos Anda, namun saat Anda memberikan hadiah kepada yang lainnya, hanya hadiah biasa yang bahkan tidak menarik sama sekali. 
 
Pastikan semua hadiah yang dibeli untuk tim Anda memiliki harga yang hampir sama, tidak ada yang Anda beda-bedakan. 
Dan jika Anda tetap ingin melakukan suatu hal yang berbeda, belikan sesuatu yang baik dan menarik untuk orang yang paling tidak Anda sukai atau orang yang paling membenci Anda di kantor. Anda bukan hanya melakukan sesuatu hal yang luar biasa, namun secara tidak langsung, Anda juga sedang memperbaiki hubungan dengan orang tersebut. Apabila Anda melakukan hal ini, Anda sangat luar biasa!
 
3. Jangan lupakan budaya kantor Anda 
Anda perlu ingat, jangan jadikan acara tukar kado ini menjadi sebuah lelucon. Hadiah apa pun yang Anda berikan untuk rekan kerja bahkan kepada bos Anda, jangan sampai keluar dari nilai-nilai serta budaya yang telah tertanam di tempat Anda bekerja. 
Perhatikan adat istiadat di kantor Anda. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda menantang keras karyawan yang bekerja sambil mabuk, maka jangan sekali-kali memberikan hadiah beberapa botol alkohol untuk mabuk bersama-sama. Jika Anda ingin memberikan hadiah sebagai sebuah humor, Anda harus berhati-hati. Jangan sampai niatan Anda tersebut bertentangan dengan budaya perusahaan.  

4. Bangun Persahabatan
Liburan adalah waktu yang sangat tepat untuk menghargai kolega Anda. Tunjukkan rasa terima kasih Anda dengan menghubungi rekan kerja yang mungkin tidak Anda sukai. Gunakan liburan sebagai kesempatan untuk memperdalam persahabatan yang ada, dan untuk membangun hubungan baru. Percayalah, Anda tidak akan menyesal untuk mengulurkan tangan terlebih dahulu.
 
Ya, itu dia beberapa panduan sebelum Anda membelikan hadiah, terutama untuk rekan kerja Anda di kantor. Selamat menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang!
Featured Career Advices

Magang adalah Peluang Karier yang Berharga

8 Manfaat Media Sosial

4 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

7 Karakter Unik yang Membawa Kebahagiaan Sejati dan Kesuksesan

3 Kunci Kesuksesan Tim

3 Cara Mempertahankan Hubungan Profesional

11 Karakter Orang Baik yang Membawa Perkembangan Karier

10 Cara Orang Sukses untuk Tetap Tenang

6 Cara Bersosialisasi Ala Kaum Milenial

3 Cara Menghadapi Masalah: Ketidakpuasan Kerja

4 Cara Menangani Korupsi Waktu yang dilakukan Karyawan

10 Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Rapat Kerja

6 Cara Transfer Pelatihan Kerja ke Praktek Kerja Lapangan

4 Cara Menghilangkan Stres dengan Terapi EFT

10 Ciri Orang Sukses

8 Cara Memaksimalkan Akhir Pekan

3 Keterampilan Abad 21

4 Cara Menjaga Nama Baik Perusahaan secara Online

6 Makanan Sehat Penambah Produktivitas Kerja

5 Nilai Positif dari Aplikasi Permainan Anak: Candy Crush

5 Cara Manajemen Krisis ala Pemimpin Hebat

3 Cara Meningkatkan Semangat Pagi

5 Tips Kepercayaan Diri Para Pengusaha Sukses

4 Cara Memperbaiki Diri dan Mendapatkan Promosi

10 Cara Mengembangkan Usaha melalui Persaingan Bisnis

10 Resolusi Konflik di Tempat Kerja

3 Cara Mendapatkan Teman Banyak dan Mempengaruhi Orang Lain

4 Cara Menghadapi Kompetitor dengan Cara Pintar

Simpati dan Empati, Mana yang Terbaik?

Keteguhan Hati