Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Mengatasi Rasa Kegelisahan Pasca-Liburan

3 Cara Mengatasi Rasa Kegelisahan Pasca-Liburan


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Tidak dapat disangkal lagi, bahwa kita semua pasti merasa bahagia saat mengambil cuti untuk berlibur ke suatu tempat yang diinginkan. Namun, menjelang hari-hari terakhir liburan, timbul sebuah perasaan yang sangat mengganggu yaitu, rasa kegelisahan akan sesuatu yang telah menunggu kita. Ya, tugas-tugas kerja yang ditinggalkan pasti sudah menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan. 
 
Beberapa penelitian dan artikel mengatakan bahwa berlibur adalah salah satu cara agar karyawan dapat menghilangkan stres yang dirasakan selama bekerja. Mereka yang berlibur akan kembali dengan produktivitas yang lebih tinggi dan menjadi lebih semangat dalam bekerja. Namun, jika pada kenyataannya berlibur hanya akan membuat kita merasa gelisah menjelang hari-hari akhir liburan, apakah liburan masih memberikan manfaat kepada para karyawan? Dan, bagaimana cara terbaik agar kita dapat meningkatkan kualitas waktu libur kita?
 
Penelitian menunjukkan 21% para karyawan merasa stres saat mereka sedang berlibur dan 42% dari mereka merasa takut untuk kembali ke kantor. Lalu, bagaimana mengatasi rasa kegelisahan pasca-liburan tersebut?
 
Kami akan memberitahu pembaca setia Career Advice tentang tiga cara terbaik untuk mengatasi rasa kegelisahan tersebut sehingga, kita semua tetap bisa menikmati liburan tanpa merasa stres dan takut untuk kembali bekerja saat waktu liburan telah berakhir. 

1. Membuat Perencanaan ke Depan

Ini adalah langkah awal yang paling utama untuk dilakukan yaitu, membuat rencana yang nyata tentang apa saja yang harus kita kerjakan sebelum liburan dimulai. Siapa yang akan membantu pekerjaan kita atau menggantikan kita untuk sementara waktu saat tidak berada di kantor.
 
Daftar pekerjaan ini akan sangat membantu kinerja kita untuk menyelesaikan segala tugas yang harus diselesaikan sebelum pergi berlibur, tanpa membuat pekerjaan rekan kerja lain menjadi berantakan. Semakin matang persiapan yang dilakukan maka, kita akan semakin menikmati liburan. 
 

2. Memulihkan Rasa Stres Saat Berlibur

Seperti yang dijelaskan oleh beberapa artikel bahwa berlibur adalah salah satu cara yang efektif bagi para karyawan untuk menjadi lebih semangat dan bergairah saat kembali bekerja. Maka dari itu, kami sangat menganjurkan semua pembaca Career Advice untuk sangat menikmati waktu saat berlibur tanpa memikirkan hal-hal lain yang dapat mengganggu kualitas liburan. 
 
Kami juga menyarankan pembaca untuk membuat daftar aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan dapat membuat bahagia. Tentunya, bukan aktivitas yang masih terkait dengan pekerjaan, ya. Tetapi, kita juga harus ingat bahwa istirahat yang cukup adalah hal yang sangat penting. Banyak orang yang pergi berlibur namun tetap memerlukan sebuah liburan di dalam liburan. Hal ini disebabkan mereka pergi berlibur dan menjalani banyak aktivitas yang menyenangkan namun, lupa untuk beristirahat. 

3. Tetap Tenang Saat Kembali Bekerja

Penting untuk merasa nyaman saat kembali bekerja. Jika kita masih terbawa dengan suasana liburan, tetap tenang dan mulai untuk menyelesaikan pekerjaan sedikit demi sedikit namun pasti. Kita dapat memulai hari dengan mengecek email, membalas email atau menyelesaikan beberapa tugas ringan sebelum memulai dengan tugas-tugas berat lainnya. 
 
Selain itu, ada satu hal penting yang harus selalu diingat bahwa setelah berlibur bukan berarti kita akan terbebas dengan segala tugas kantor. Jika kita berpikir bahwa pergi berlibur akan membebaskan kita dari segala tanggung-jawab yang dimiliki di kantor maka, ini adalah persepsi yang salah. 
 
Kita dapat memiliki beberapa kegiatan menyenangkan lainnya jika memang diperlukan. Tanpa harus menunggu liburan datang dan menghilangkan stres yang dirasakan selama bekerja.
Featured Career Advice