Logo STUDILMU Career Advice
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Mudah Mengatasi Stres

5 Cara Mudah Mengatasi Stres


STUDILMU Users
by Studilmu Editor

 
Siapa yang tidak pernah merasa stres? Mustahil bila Anda tidak pernah merasakannya, bukan? Ya, semua orang pasti pernah merasakan stres, namun yang berbeda adalah cara Anda menghadapi permasalahan yang telah berhasil membuat Anda stres tersebut. 
 
Apapun masalahnya, jangan biarkan frustasi menghalangi Anda untuk mencapai segala tujuan Anda hari ini. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bahwa Anda dapat menyalurkan energi negatif atau perasaan stress Anda terhadap hal lain, dan tetap berjalan lurus untuk menggapai keinginan Anda. 
 
Nah, ini dia beberapa bentuk pengalihan yang dapat Anda terapkan untuk menyalurkan energi Anda dan kembali ke keadaan pikiran yang positif. 
 

1. Pilih tugas yang lebih mudah untuk dikerjakan lebih dulu

Apakah Anda masih ingat saat masih duduk di bangku sekolah, jika Anda merasa kesulitan dalam menjawab soal-soal ujian, guru Anda akan berkata “Kalian boleh mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu”. Ya, sama seperti kiat yang akan dijelaskan pada poin ini, Anda dapat mengerjakan tugas kerja dimulai dari yang paling mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan terlebih dahulu. 
 
Ketika Anda sedang merasa tidak stabil karena banyaknya beban pikiran yang Anda hadapi, sebaiknya Anda mengerjakan tugas yang sulit di akhir, karena sudah dipastikan tugas-tugas tersebut akan menguras pikiran dan menantang mental Anda. Sebagai contoh, menghapus email lama, membalas email klien, mengerjakan laporan-laporan yang ringan dan singkat, dan lain sebagainya. Mengerjakan tugas-tugas sederhana terlebih dahulu tidak hanya memendekkan daftar tugas yang harus dilakukan, tetapi juga dapat mengembalikan rasa produktivitas Anda kembali.

2. Melakukan hal yang kreatif 

Setiap orang tentunya memiliki tingkat kreativitas yang berbeda-beda. Nah, jika Anda termasuk orang yang suka melakukan hal-hal yang kreatif, ini adalah salah satu ide yang bagus untuk mendorong Anda keluar dari pikiran stres yang membuat produktivitas Anda merosot. 
 
Sebagai contoh, Anda dapat menulis, menggambar atau merancang apapun dengan sekreatif mungkin sebelum Anda benar-benar memulai sebuah pekerjaan. Dalam hal ini, seni dapat menjadi cara yang efektif untuk melepaskan diri dari emosi negatif. Ketika Anda selesai dengan kreativitas yang Anda curahkan dan kembali ke tugas yang Anda kerjakan sebelumnya, Anda mungkin bisa datang dengan energi baru yang lebih segar dari sebelumnya. 

3. Berolahraga dapat menghilangkan rasa stres

Ya! Siapa bilang kalau berolahraga hanya membuat tubuh kita menjadi sehat? Olahraga memiliki banyak manfaat lainnya, termasuk membuat Anda merasa lebih bahagia dan menghilangkan stres. 
 
Ketika frustasi Anda sangat tinggi, mungkin itu indikasi bahwa Anda perlu istirahat atau berolahraga. Anda dapat memulai hari dengan melakukan senam atau berlari mengelilingi komplek perumahan atau melakukan senam di halaman rumah. Berolahraga adalah kebiasaan yang sehat untuk dijadikan sebuah rutinitas. Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah latihan, Anda akan dipenuhi dengan endorfin, yang akan membawa perasaan puas, bahkan euphoria (emosi yang senang). Percayalah, ini dapat menghilangkan sedikit energi negatif yang Anda rasakan karena dengan berolahraga, tubuh Anda akan mengirim lebih banyak oksigen ke otak Anda dan membantu Anda berpikir.

4. Membaca buku 

Jika Anda tidak termasuk orang yang kreatif atau tidak suka berolahraga, jangan khawatir karena Anda dapat mengalihkan negativitas tersebut dengan membaca buku. Dalam hal ini, Anda tidak harus membaca buku yang tebal yang membuat mata menjadi lelah, atau bahkan yang tidak membuat Anda tertarik sama sekali. 
 
Saat ini ada begitu banyak judul, bentuk serta konten buku yang sangat beragam dan menarik. Anda dapat memilih buku mana yang benar-benar membuat Anda penasaran untuk membacanya. 
 
Duduk untuk membaca buku dapat meringankan ketegangan Anda secara signifikan, dengan memiliki fokus penuh pada teks, Anda akan melupakan apa yang terjadi di sekitar Anda. Semakin menarik buku yang dibaca, maka semakin mudah stres Anda menghilang. Selain itu, ada fakta mengejutkan yang ditemukan oleh para peneliti di University of Toronto. Mereka menemukan bahwa "membaca hanya selama 6 menit sudah cukup untuk mengurangi tingkat stres hingga 60 persen, memperlambat detak jantung, mengurangi ketegangan otot dan mengubah keadaan pikiran" Wah, luar biasa kan?!
 
Ternyata membaca secara teratur tidak hanya berdampak positif pada fungsi kognitif kita, namun juga membuat pikiran kita menjadi lebih positif dan produktif. 
 

5. Berbicara dengan orang yang dicintai

Tidak dapat disangkal lagi bahwa berbicara dengan orang yang Anda cintai mengenai masalah yang sedang Anda hadapi sekarang adalah ide yang sangat baik. Dengan mencurahkan perasaan kesal dan frustasi yang sedang Anda rasakan kepada mereka, itu dapat meringankan beban Anda. Eh, tapi Anda harus ingat, mencurahkan perasaan frustasi disini bukan berarti Anda meluapkan amarah kepada mereka. Tetapi, lebih meminta mereka untuk mendengarkan keluh kesah yang Anda rasakan (menjadi pendengar yang baik) dan mendapatkan solusi dari mereka, jika Anda memintanya. 
 
Nah, itu dia beberapa bentuk pengalihan yang dapat Anda terapkan agar tetap kembali produktif meskipun banyak permasalahan yang sedang Anda hadapi. Saya yakin bahwa Anda dapat menghilangkan perasaan negatif apapun yang Anda rasakan saat ini, dan kembali bersemangat menyelesaikan semua tugas-tugas kerja.