×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara untuk Tetap Mendapatkan Inspirasi Kehidupan
Self Improvement

10 Cara untuk Tetap Mendapatkan Inspirasi Kehidupan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
“Duh, mumet nih sedang tidak ada inspirasi!” Pernah ga rekan-rekan Career Advice menghadapi kemandekan ide, seperti tidak mendapatkan inspirasi sama sekali? Jika ya, tenang saja. Rekan pembaca tidak sendirian kok. Banyak di antara kita menghadapi hal yang sama setiap harinya. Kesibukan kerja yang datang tiada henti sering membuat kreativitas kita menjadi semakin merosot. Berita baiknya, ada 10 cara agar kita tetap mendapatkan inspirasi kehidupan. Jadi, tidak usah pusing-pusing untuk mencari inspirasi kehidupan yang dapat membuat pekerjaan kita semakin baik, namun kita bisa mendapatkannya hanya dari 10 cara di bawah ini. 
 

1. Membaca Buku.

Cara pertama untuk mendapatkan inspirasi kehidupan adalah dengan membaca buku-buku yang inspiratif. Kita bisa membawa satu atau dua buku setiap harinya di dalam tas kemanapun kita pergi. Saat kita memiliki waktu senggang seperti sedang menunggu bus di halte, atau menunggu kereta di stasiun, kita bisa membaca satu buku yang memberikan wawasan baru kepada otak kita. Wawasan baru akan membawa kita pada inspirasi kehidupan yang luar biasa. Yap! membaca buku akan memaksa otak kita untuk terus berpikir, dan berpikir dapat membawa inspirasi yang kita inginkan. 
 

2. Miliki Waktu untuk Menyendiri atau “Me Time”.

Setiap hari kita sudah menghadapi tugas-tugas kerja yang setumpuk. Kesibukan kerja yang tiada henti dapat membuat otak dan pikiran kita mandek, sehingga inspirasi kehidupan akan sulit untuk datang ke dalam pikiran kita. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki waktu menyendiri atau “Me time”, yang mana kita hanya menghabiskan waktu dengan diri sendiri. Tenangkan diri kita, bahagiakan diri kita sendiri, maka inspirasi akan datang dan mengalir ke dalam pikiran kita. 
 

3. Miliki Uang.

Tahukah rekan-rekan Career advice, uang itu bisa menjadi motivator yang sangat hebat untuk kehidupan manusia loh! Ga percaya? Kita ambil satu kasus sederhana ya. Saat rekan pembaca ditawarkan sebuah pekerjaan, pasti pertanyaan pertama yang rekan pembaca tanyakan adalah “Kira-kira berapa bayarannya?” dan pertanyaan lainnya yang masih berkaitan dengan uang. 
 
Uang berperan sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi terbesar untuk mengakui kerja keras yang kita lakukan. Seiring meningkatnya keuangan dan posisi pekerjaan kita, maka semua itu akan membawa kita kepada kepercayaan diri yang lebih kuat. Rasa percaya diri akan membuat kita merasa lebih bebas dan bahagia, dan perasaan itu akan membawa kita kepada inspirasi kehidupan yang tiada henti.

4. Mendengarkan Musik.

Siapa disini yang suka mendengarkan musik? Saya yakin hampir semua rekan-rekan Career Advice pasti suka mendengarkannya kan? Faktanya, musik adalah salah satu saluran yang paling cepat dalam memberikan inspirasi kepada para pendengarnya. Sebagai contoh, saat saya merasa sedih, marah dan terluka atas kegagalan, musik dapat membuat saya menjadi lebih bersemangat dan menginspirasi saya untuk berhasil di percobaan selanjutnya. 
 
Musik juga sudah terbukti dapat meningkatkan kecerdasan otak loh! Ini telah terbukti saat beberapa orang mendengarkan lantunan musik Mozart sebelum mengambil tes kecerdasan, mereka mendapat skor hingga 10 poin lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mendengarkan musik sebelum tes. Jadi, jika kita ingin mencari inspirasi, kita perlu mendengarkan musik yang bagus.
 

5. Rajin Berolahraga.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rajin berolahraga bukan hanya akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar, namun juga menurunkan kadar stres, meningkatkan kecerdasan dan membawa kita pada inspirasi kehidupan yang tiada henti. Selain itu, olahraga dapat membantu otak kita berpikir dengan jernih. 
 
Nah, inspirasi sangat suka untuk datang ke dalam pemikiran orang-orang yang berpikir jernih. Tidak ada kesulitan, kerumitan atau hal-hal yang dapat menghalangi inspirasi untuk masuk ke dalam pemikiran kita. 
 

6. Tidak Lupa Bersyukur dan Berterima Kasih.

Disadari atau tidak, rasa syukur kepada Tuhan dan ucapan terima kasih yang kita berikan kepada orang lain dapat membawa kita kepada inspirasi kehidupan yang sangat berarti. Ketika kita semakin bersyukur atas segala hal yang kita miliki, semakin kita akan termotivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan kesuksesan kita ke tingkat yang lebih tinggi. 
 

7. Memiliki Visi yang Jelas.

Cara lain yang bisa kita lakukan saat mandek dan tidak mendapatkan inspirasi adalah dengan mengecek kembali catatan visi hidup kita. Seperti apa visi hidup yang kita miliki? Mengapa itu sangat penting? Dan, sudah sejauh mana kita melangkah demi mewujudkan visi hidup yang kita miliki?
 
Dengan membaca kembali visi hidup yang kita miliki, akan membawa kita kembali kepada alam pikiran yang mendorong kita dalam merancang visi hidup di awal. Sehingga, rasa semangat yang kita miliki akan berkobar kembali dan inspirasi kehidupan akan datang dengan sendirinya. Sebuah visi akan menginspirasi kita untuk mewujudkan segala impian yang kita miliki.

8. Mengikuti Persaingan.

Faktanya, persaingan atau kompetisi dapat memberikan kita dampak positif lainnya yaitu, inspirasi! Sebuah kompetisi akan melahirkan inspirasi karena kompetisi akan mendorong kita untuk mencapai level kesuksesan berikutnya. Agar kita bisa naik ke atas tangga kesuksesan berikutnya, kita perlu bekerja keras, berlatih dan terus termotivasi. Tidak ada hal yang lebih menginspirasi daripada keinginan untuk menang.

9. Mempelajari Cerita Kesuksesan Orang Lain.

Selain membaca buku-buku motivasi untuk tetap terinspirasi, kita juga bisa mendengar cerita-cerita kesuksesan orang lain yang sudah lebih dulu berjuang daripada kita. Dari cerita-cerita mereka kita bisa belajar bahwa tidak ada kesuksesan yang bisa didapatkan dengan jalur instan. Selain itu, segala tindakan dan reaksi yang mereka berikan dalam menghadapi tantangan juga bisa menjadi inspirasi kehidupan yang sangat bermanfaat bagi kita. 
 

10. Saling Berbagi dengan Sesama.

Bagaimana dengan ini, apa hubungan antara berbagi dengan sesama dan mendapatkan inspirasi kehidupan?  Kita sering tidak menyadari bahwa saat kita berbagi kebaikan dengan orang lain yang mungkin keadaan kehidupannya kurang beruntung dari kita, ini akan memberikan kita inspirasi yang luar biasa. Kita akan terinspirasi untuk terus bekerja dan berjuang di dalam hidup agar tetap bisa berbagi dan membantu orang-orang di sekitar kita. 
 
Itulah 10 cara agar kita semua tetap bisa mendapatkan inspirasi kehidupan. Jadi, katakan “selamat tinggal” kepada “inspirasi yang mandek” mulai dari sekarang ya. Selamat mencoba rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice