×
STUDILMU Career Advice - Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group
Tips of Management

Tips menjalin relasi dengan banyak orang di LinkedIn Group

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Bagaimana cara menemukan dan bergabung dengan grup yang tepat?

Untuk menemukan dan bergabung dengan LinkedIn Group yang relevan dengan bisnis Anda, caranya yaitu dengan melakukan pencarian di fitur pencarian berdasarkan kata kunci dan memfilter untuk menemukan grup yang tepat. Anda memiliki opsi untuk melihat siapa saja di jaringan Anda yang termasuk dalam grup yang Anda temukan di pencarian. Bergabung dengan grup yang sudah menjadi anggota koneksi Anda dapat membantu Anda memelihara koneksi yang telah Anda buat di LinkedIn.

Cara lain yang dapat Anda coba yaitu dengan menghubungi jaringan Anda untuk menanyakan pendapat mereka tentang grup tempat mereka tergabung. Cara ini membantu Anda untuk terus membangun hubungan yang sudah Anda miliki, sekaligus membantu Anda memahami grup apa yang mungkin tepat untuk Anda.

Terdapat dua jenis grup LinkedIn yaitu public dan private. Jika Anda ingin bergabung pada grup public yang Anda perlukan hanyalah menekan tombol “ask to join” saat menemukan grup yang Anda minati dan Anda akan mendapatkan akses secara instan. Sedangkan grup private, mengharuskan Anda meminta undangan dari pengelola grup untuk mendapakan akses.

Anda dapat bergabung hingga 100 grup, tetapi perhatikan bahwa banyak grup yang tidak dikelola secara aktif. Pastikan Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda di grup utama yang menurut Anda dikelola dengan baik dan memiliki interaksi yang konsisten.

 

Bagaimana cara berpartisipasi dalam grup?

Ketika Anda sudah bergabung dengan grup, luangkan waku Anda untuk melihat konten yang dibagikan orang-orang, dan jenis pertanyaan yang mereka ajukan. Buatlah konten yang relevan dengan grup LinkedIn Anda, hal ini akan memberikan peluang Anda untuk terhubung dengan anggota grup. Berikut merupakan beberapa tips untuk diingat saat berpartisipasi dalam grup LinkedIn:

  1. Tunjukkan keahlian Anda dengan menjawab pertanyaan yang diajukan orang lain dan jangan lupa untuk mengajukan beberapa pertanyaan Anda sendiri! Grup dimaksudkan untuk menjadi forum bagi orang-orang yang berpikiran sama, jadi pastikan Anda bertanya dan menjawab.

  2. Posting artikel dan ajukan pertanyaan. Bagikan artikel atau posting blog yang Anda temukan dan tanyakan kepada anggota grup tentang artikel tersebut. 

  3. Hindari promosi yang berlebihan! Ketika Anda memposting artikel atau menjawab pertanyaan, tujuan Anda bukanlah untuk mempromosikan diri Anda atau apa yang Anda lakukan, tetapi untuk membangun hubungan. Jika Anda menggunakan kata "saya", konten Anda kemungkinan besar akan dikirim langsung ke tab "promosi" grup. 

  4. Buatlah koneksi. Setelah Anda berinteraksi dengan orang dari grup Anda dan telah membangun keakraban, kirimi mereka undangan untuk terhubung di LinkedIn. Pastikan untuk memberi tahu mereka mengapa Anda ingin terhubung dan ingatkan mereka tentang interaksi Anda di grup.

 

Memanfaatkan LinkedIn Grup merupakan cara yang tepat untuk menambah relasi bisnis dan memperluas jaringan profesional Anda. Dengan bergabung dengan grup yang relevan, menjadi aktif di dalam grup, mengembangkan hubungan dengan anggota grup, dan memperluas jaringan, Anda dapat memaksimalkan potensi LinkedIn Grup untuk membantu karir atau bisnis Anda.

 

 

Sumber:

https://www.constantcontact.com/blog/how-to-use-linkedin-groups/

https://www.linkedin.com/pulse/main-benefits-joining-linkedin-group-sarah-santacroce/

12 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice