STUDILMU Career Advice - The history of e-learning

The history of e-learning


by Studilmu Editor
Posted on Dec 04, 2017

Istilah "e-learning" baru ada sejak tahun 1999, ketika kata tersebut pertama kali digunakan di sebuah seminar sistem CBT (Computer Based Training). Kata lain juga mulai bermunculan dalam pencarian deskripsi yang akurat seperti "pembelajaran online/ online learning" dan "pembelajaran virtual/ virtual learning ". Namun, prinsip di balik e-learning telah didokumentasikan dengan baik sepanjang sejarah, dan bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa bentuk-bentuk awal e-Learning ada sejak abad ke-19.

Timeline e-learning
 
Jauh sebelum internet diluncurkan, kursus jarak jauh sudah ditawarkan untuk memberikan siswa pendidikan pada mata pelajaran atau keterampilan tertentu. Pada 1840-an Ishak Pitman mengajar murid-muridnya melalui korespondensi.
 
Bentuk tulisan simbolis ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan menulis, dan populer diantara Sekretaris, wartawan, dan orang lain yang banyak membuat catatan atau menulis. Pitman, yang merupakan guru yang cakap, dikirimi hasil penyelesaian tugas melalui surat dan kemudian ia akan mengirimi murid-muridnya lebih banyak tugas untuk diselesaikan menggunakan sistem yang sama.
 
Pada tahun 1924, Mesin pengujian pertama diciptakan. Perangkat ini memungkinkan siswa untuk menguji dirinya sendiri. Kemudian, pada 1954, BF Skinner, seorang profesor Harvard, menciptakan "mesin pengajar", yang memungkinkan sekolah untuk mengelola instruksi program bagi siswa mereka. Namun tidak sampai tahun 1960 program pelatihan berbasis komputer pertama diperkenalkan ke dunia. Program pelatihan berbasis computer (atau program CBT) ini dikenal sebagai PLATO-Programmed  Logic  for Automated Teaching Operations (logika terprogram untuk operasi pengajaran otomatis). PLATO awalnya dirancang untuk siswa yang belajar di University of Illinois, tetapi akhirnya digunakan di sekolah-sekolah di seluruh wilayah Illinois. 
 
Sistem e-learning juga memliki perkembangan sejarah. Sistem pertama sesungguhnya hanya didirikan untuk memberikan informasi kepada siswa, tetapi memasuki tahun 70-an e-learning mulai menjadi lebih interaktif. Di UK, Universitas Terbuka bertekad untuk mengambil keuntungan dari e-learning. Sistem pendidikan mereka selama ini selalu terutama difokuskan pada pembelajaran jarak jauh. Di masa lalu, materi pelajaran dikirim melalui pos, dan korespondensi dengan tutor adalah melalui surat. Dengan internet Universitas Terbuka mulai menawarkan jangkauan pengalaman pendidikan interaktif yang lebih luas, serta korespondensi lebih cepat dengan siswa melalui email dll.
 
Online learning hari ini

Dengan pengenalan komputer dan internet di akhir abad ke 20, peralatan dan Metode penyampaian e-learning diperluas. MAC pertama di tahun 1980-an memungkinkan individu untuk memiliki komputer di rumah mereka, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk belajar mata pelajaran tertentu dan mengembangkan keahlian tertentu. Kemudian, pada dekade berikut, lingkungan belajar virtual mulai benar-benar berkembang, dengan orang-orang yang mendapatkan akses ke kekayaan informasi online dan peluang e-learning.
 
Pada awal 90-an beberapa sekolah telah disiapkan untuk hanya menyampaikan kursus online, membuat manfaat terbaik internet dan membawa pendidikan pada orang-orang yang sebelumnya tidak pernah dapat belajar di perguruan tinggi karena kendala geografis atau waktu. Kemajuan teknologi juga membantu pendirian pendidikan yang mengurangi biaya belajar jarak jauh, penghematan yang juga akan diteruskan kepada siswa - membantu membawa pendidikan ke khalayak yang lebih luas.
 
Pada tahun 2000-an, bisnis mulai menggunakan e-learning untuk melatih karyawan mereka. Pekerja baru dan pekerja berpengalaman sekarang sama-sama memiliki kesempatan untuk berkembang berdasarkan basis pengetahuan industri mereka dan memperluas keahlian mereka. Di rumah, individu diberikan akses ke program yang menawari mereka kesempatan untuk mendapatkan gelar online dan memperkaya kehidupan mereka melalui pengetahuan yang luas.

Tinggalkan Komentar Anda

Featured Career Advices

Cara Menghilangkan Stres Secara Sehat dan Tidak Sehat

7 Alasan Kuat Dalam Meraih Mimpi

Budaya Kerja dan 3 Cara Mendemonstrasikannya

Pengertian Afirmasi dan 10 Afirmasi Positif

5 Cara Tampil Menarik Dalam Wawancara Kerja

3 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk

7 Pertanyaan Interview Kerja

5 Cara Menghargai Diri Sendiri

Sikap Negatif dan Cara Mengubahnya

7 Kunci Kesuksesan dan Kepuasan Kerja

10 Kemampuan Soft Skill Dalam Dunia Kerja

10 Cara Membangun Hubungan Kerja Yang Positif

Cara Mengendalikan Diri

4 Jenis Komunikasi

7 Cara Mengatasi Stres Kerja

Etos Kerja

6 Cara Membangun Kreativitas Tim

Karakteristik Generasi Z

3 Kondisi Kerja yang Menekan dan Cara Menghadapinya

15 Ciri Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif Dalam Pengembangan Karier

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

12 Bahasa Tubuh Yang Dihindari Pada Wawancara Kerja

3 Cara Menjadi Diri Sendiri

Cara Kerja di Perusahaan Baru

3 Tips Merespon Pekerjaan Tambahan

Ingin Hasil Kerja Lebih Baik? Lakukan 8 Hal ini.

Pengalaman Interview Seseorang

4 Cara Negosiasi Yang Efektif

Menjaga Komitmen Kerja