×
STUDILMU Career Advice - Menghadapi Tipe Orang Negatif di Lingkungan Kerja
Emotional Intelligence

Menghadapi Tipe Orang Negatif di Lingkungan Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4.  Gunakan Tanggapan Polaritas.
Orang yang negatif akan selalu meyakinkan orang-orang bahwa ia tidak ada harapan. Mereka akan selalu pesimis akan setiap segala hal yang ada. Ada 2 cara menerapkan Asas Polaritas ini ketika berurusan dengan orang negatif. Yang pertama adalah memaparkan semua segi negatif sebelum mereka sendiri mengatakannya. Lalu yang kedua adalah setujui saja bahwa keadaannya memang parah, tidak ada harapan. Di sini mainkanlah kartu As Anda dan katakan bahwa mereka memang tidak mampu memecahkan masalahnya. Orang negatif pasti akan selalu membelot ke arah lain, dan akan berkata pasti akan ada jalan keluar dari masalah tersebut.


5.  Akui Niat Baik Mereka.
Nyatakanlah penghargaan Anda kepada Orang Negatif atas standarnya yang tinggi, atas kesediannya berbicara terus terang, dan atas perhatiannya pada detail. Berilah apresiasi pada keberhasilannya. Itu akan mengubah sikap nya pelan-pelan dan lebih mempercayai dirinya.


Bagaimana cara untuk Anda tetap berpikiran positif?
Anda tentunya ingin mengajak orang yang berpikiran negatif itu berubah, dan tidak terjerumus ke dalam pikiran negatif nya terus menerus, berikut ini adalah tips nya!


1.    Dengarkan keluhan karyawan atau rekan kerja.
Anda perlu mendengarkan sampai Anda yakin bahwa mereka merasa didengarkan. Terkadang orang merasa tidak dihargai akibat mereka merasa Anda tidak benar-benar mendengarkannya. Mengajukan pertanyaan. Klarifikasi pernyataan mereka. Pastikan Anda telah mendengarkan secara aktif.

2.    Putuskan apakah Anda yakin bahwa karyawan atau rekan kerja tersebut memiliki alasan yang sah atas sikap negatif mereka.
Jika Anda memutuskan dengan tegas, tanyakan apakah mereka membutuhkan bantuan Anda untuk memecahkan masalah. Jika mereka meminta bantuan, berikan saran atau ide tentang bagaimana rekan kerja dapat mengatasi alasan negatif mereka.

3.    Identifikasi hal-hal positif dalam komentar negatif mereka.
Jika seorang rekan kerja secara teratur membuat komentar negatif, Anda dapat mencari hal positif dalam poin yang mereka sebutkan. Ketika mereka mengungkapkan hal negatif tentang pekerjaan, cobalah untuk mengubahnya menjadi situasi yang positif. Ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan mental Anda sendiri, tetapi juga dapat membantu mereka melihat sisi positif dari keadaan mereka.

4.    Rujuk mereka ke sumber daya yang bermanfaat.
Ketika seorang rekan kerja menghadapi situasi yang menantang dan membuat komentar negatif, sarankan mereka berbicara dengan sumber daya yang berkualifikasi profesional untuk membantu mereka mengatasi masalah mereka. Tergantung pada situasinya, Anda dapat merekomendasikan mereka untuk berbicara dengan teman dekat, manajer, atau sumber daya manusia mereka.

 

Featured Career Advice