×
STUDILMU Career Advice - Membangun Koneksi dengan Rekan Kerja
Teamwork & Collaboration

Membangun Koneksi dengan Rekan Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

4.    Berempati
Mengembangkan hubungan yang baik artinya Anda dapat merasakan hal yang orang lain rasakan, yang mungkin bertentangan dengan apa yang Anda rasakan. Mengembangkan hubungan profesional yang lebih baik bukan tentang membuktikan bahwa Anda lebih baik daripada orang lain. Faktanya, berempati kepada orang lain, terutama mereka yang mungkin berada dalam posisi yang lebih rendah dari Anda, akan sangat membantu dalam memperkuat hubungan. Gunakan pengalaman itu sebagai kesempatan untuk mendukung orang lain.


5.    Merayakan Pencapaian Orang Lain

Manusia dapat sangat mudah untuk merasa iri dengan pencapaian orang lain. Apalagi, jika Anda telah merasa melakukan pekerjaan dengan baik dan bekerja keras, namun pencapaian orang lain lebih besar daripada pencapaian Anda. Daripada Anda merasa kesal atau cemburu, Anda bisa mengakui pencapaian orang lain dan mengucapkan selamat kepada orang tersebut.
Jika Anda mendapat pemberitahuan di platform seperti LinkedIn bahwa ada rekan yang promosi atau mereka mendapatkan beberapa penghargaan, gunakan itu sebagai motivasi untuk mengejar ketinggalan. Dengan menunjukkan minat yang tulus dan mengirimkan ucapan selamat juga membuka pintu untuk mengajukan pertanyaan atau meminta nasihat tentang apa yang telah mereka lakukan sehingga bisa mencapai hal tersebut.


6.    Carilah Nasihat/Pendapat dari Orang Lain

Salah satu alasan berhubungan sosial dengan orang lain adalah untuk memanfaatkan pengalaman, keterampilan, atau pengetahuan mereka. Jangan ragu untuk menghubungi mereka jika Anda benar-benar membutuhkan pendapat atau saran mereka. Pastikan untuk menanyakan tentang mereka juga, dan selalu bersikap sopan dan mengucapkan terima kasih.


7.    Ajaklah Rekan Anda untuk Berbincang sambil Meminum Kopi
Jika Anda mencoba membangun lebih banyak hubungan profesional dengan rekan kerja, cobalah menyarankan pertemuan untuk minum kopi dan sepakati waktu tertentu disaat senggang atau di luar jam kantor. Dengan secangkir kopi dan obrolan-obrolan ringan akan dapat membantu Anda untuk lebih dekat dengan rekan kerja Anda.


8.    Perlakukan Semua Orang Sederajat atau Sama

Sebagai rekan kerja, bukan tugas Anda untuk menunjukkan siapa yang lebih baik dan siapa yang tidak. Politik organisasi seringkali terjadi di lingkungan kantor Anda. Tetapi usahakan untuk tidak mengikuti hal tersebut. Bergosip adalah hal yang harus Anda hindari. Kalau pun Anda terpaksa mendengar gosip, jangan terjebak untuk ikut menambahkan gosip di dalamnya. Berperilakulah rendah hati, terutama jika seseorang mencoba memancing Anda ke dalam percakapan gosip. Lakukan semua yang Anda bisa untuk menarik diri Anda keluar dari situasi itu.

 

Featured Career Advice