×
STUDILMU Career Advice - Dampak Perkembangan Gadget di Kehidupan Manusia
E-learning

Dampak Perkembangan Gadget di Kehidupan Manusia

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Dampak Negatif Perkembangan Gadget

  1. Pembentukan Postur Tubuh yang Buruk

Penggunaan gadget yang terlalu sering dapat menimbulkan sakit punggung, sakit pinggang, sakit leher, bahu tegang, pegal-pegal, tangan mengalami kesemutan, dimana hal-hal tersebut dapat berpengaruh buruk pada perubahan postur tubuh.

Contohnya, penggunaan komputer atau laptop yang tidak benar, seperti berlama-lama bekerja di depan laptop atau komputer tanpa memperhatikan posisi duduk yang baik dan benar. Hal tersebut jika dilakukan dalam waktu yang lama dan secara terus-menerus dapat menimbulkan pegal-pegal dan dalam jangka waktu panjang dapat merubah posisi atau bentuk tulang punggung kita.

  1. Nyeri Pergelangan Tangan

Hal ini merupakan salah satu dampak pada bagian fisik seseorang yang paling sering dialami atau yang paling umum dirasakan oleh banyak orang. Gejala awal yang muncul yaitu rasa nyeri atau kesemutan lalu kaku atau bengkak di bagian jari-jari dan atau pergelangan tangan.

  1. Gangguan Penglihatan

Mata kering, mata perih, mata tegang bahkan timbulnya rasa sensasi terbakar atau mata tidak dapat melihat fokus atau pandangan kabur. Hal-hal tersebut merupakan gejala ketegangan mata atau gejala gangguan penglihatan yang biasa dialami oleh semua pengguna perangkat digital atau gadget. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan beberapa faktor antara lain cahaya terang dari layar, kontras layar yang tinggi, cahaya silau, dan gambar yang berkedip-kedip dengan sinar yang kuat dari game atau video yang menarik perhatian. Menyipitkan mata pada saat melihat atau saat sedang fokus menatap layar dapat menambah ketegangan mata dan dapat meningkatkan efek yang buruk untuk mata. Resiko terbesarnya yaitu kerusakan pada mata atau menurunnya kemampuan penglihatan salah satunya miopi.

  1. Sakit Kepala dan Menurunnya Daya Ingat

Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk menatap layar dapat menyebabkan sakit kepala. Kombinasi ketegangan otot mata di dasar tengkorak dan serangan pada mata adalah penyebab umum sakit kepala tersebut timbul. Dan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek yang lebih berbahaya bagi otak. Sakit kepala yang berlebihan atau sering dirasakan dapat mempengaruhi kemampuan otak kita dalam mengingat berbagai hal dan juga dalam berpikir.

  1. Stres

Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan gadget yang berlebihan dapat meningkatkan tingkatan stres manusia. Stres yang dialami terus-menerus dan dalam waktu lama dapat berdampak buruk pada jantung, waktu dan kualitas tidur, pencernaan, serta emosional kita.

  1. Kelelahan Fisik

Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget tidak hanya menguras kemampuan otak, tetapi juga membuat tubuh lelah. Hal ini dikarenakan kurangnya sirkulasi darah, adanya tekanan pada otot dan persendian saat berlama-lama berdiam diri terlena menggunakan gadget, akibatnya tubuh menjadi mudah lelah bahkan ketika tubuh tidak melakukan banyak aktivitas.

  1. Pola Tidur yang Buruk

Penelitian telah menmbuktikan bahwa paparan radiasi gadget terutama ponsel dan perangkat sejenis lainnya dapat menyebabkan perubahan aktivitas otak dan gangguan tidur. Ini juga bisa menjadi gejala awal timbulnya stres.

  1. Obesitas

Ketika kita sudah mengalami ketergantungan dalam penggunaan gadget, maka secara tidak langsung dan perlahan maka aktivitas fisik kita akan berkurang. Contohnya dengan adanya gadget dan kemudahan memesan segala sesuatunya melalui online, maka kita lebih sering berdiam diri dirumah atau hanya dengan duduk manis saja kita dapat mendapatkan sesuatu yang kita butuhkan. Hal tersebut merupakan faktor utama penyebab obesitas pada anak-anak bahkan orang dewasa dan risiko dari timbulnya obesitas ini sangatlah berbahaya.

  1. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Sebuah studi 2011 oleh London School of Hygiene & Tropical Medicine mengungkapkan 92% ponsel dan atau gadget sejenis lainnya banyak mengandung bakteri, termasuk 16% dengan strain E.coli yang berbahaya. Bakteri tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lama. Dan semakin seringnya kita bersinggungan dengan bakteri-bakteri tersebut, membuat tubuh kita menjadi terbiasa dan pada akhirnya berpengaruh buruk pada sistem kekebalan tubuh kita.

  1. Sulit Bersosialiasi

Seseorang yang sudah mengalami ketergantungan dengan gadget cenderung sulit bersosialiasi dengan orang-orang di sekitarnya bahkan cenderung sulit berbicara atau bercerita. Hal ini dikarenakan waktu yang digunakan lebih banyak di depan gadget, sudah terbiasa melakukan hal apapun, dimanapun dan kapanpun dengan gadget, menganggap semua hal dapat dilakukan dengan gadget.

 

Featured Career Advice